Apakah filosofi batik di luar Jawa sama dengan batik yang berasal dari Jawa

Guru-id.com - Adik-Adik SMP, Pada hari ini, senin 4 Mei 2020, TVRI kembali akan menayangkan program belajar dari rumah. Materi yang akan dipelajari kali ini adalah tentang Kain Batik. Diharapkan dari tayangan TVRI ini adik-adik akan dapat mengembangkan kompetensi dalam Mempresentasikan pendapat secara lisan dengan argumen yang dapat dipertanggungjawabkan.

gambar jawaban soal TVRI SMP 4 mei 2020

Pada akhir segmen ada tiga pertanyaan yang jawabannya harus berdasarkan pendapat adik-adik. Nah sebagai referensi jawaban, berikut kami tuliskan jawabannya melalui postingan ini.

Soal nomor satu

Kini batik dapat kita jumpai di luar provinsi Jawa. Menurut pendapatmu, apakah filosofi batik di luar Jawa sama dengan batik yang berasal dari Jawa ?

Jawab :

1. Menurut pendapat saya kain batik di luar pulau jawa dan dijawa tidak sama, karena adanya peredaan struktur sosial dan wilayah, perbedaan tingkat kemakmuran, perbedaan sumber daya alam yang diperlukan di suatu daerah tersebut, serta penelitian sejarah asal usul daerah tersebut.


Soal nomor dua

Terdapat dua corak batik yang dipakai keluarga kerajaan, yaitu Parang dan Truntum. Menurutmu, bagaimana perbedaan falsafah kedua corak batik tersebut ?

Jawab :

Perbedaan motif batik Truntum dan motif Parang dilihat dari segi falsafat Motif truntum bermaknakan sebagai symbol cinta yang tulus tanpa syarat, abadi, dan semakin lama semakin terasa berkembang, motif truntun biasanya digunakan oleh oleh orang tua pengantin pada hari pernikahan anaknya karena kembali lagi paa makna motif tersebut.

Kedua orang tua pegantin semoga cinta kasih saying tumruntum ini akan menghinggapi ke dua pengantin tersebut, sedangkan motif Parang memiliki makna konten yang tinggi, makna dari motif perang adalah pesan yang dismapaikan manusia yang tidak pernah bosan mengarungi kehidupan ( nasehat )


Soal nomor tiga

Jika kamu diwariskan keterampilan membatik, bagaimana cara kamu mengajarkan keterampilan batik kepada temanmu agar menjadi keterampilan yang diminati ?

Jawab :

Jika saya memiliki keahlian membatik maka saya akan mengadakan perkumpulan dan akan membentuk sanggar pengrajin pembatik, lalu akan melakukan pelatihan kepada teman – teman dengan bantuan dari perankat desa.dari perkumpulan sanggar ini akan mengahsilkan kain batik yang dapat kita pasarkan, dari hasil pemasaran kita dapat menyejaterakan teman – teman. Dengan strategi ini akan banyak sekali teman – teman yang ingin belajar membatik.

Demikianlah jawaban referensi soal dan jawaban TVRI SMP Senin 6 mei 2020 yang bisa guru-id tuliskan di postingan ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Apakah filosofi batik di luar Jawa sama dengan batik yang berasal dari Jawa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel