Buktikan bahwa berat 2 piring yang sama bahannya, namun berbeda ukuran, akan berbeda beratnya

Guru-id.com - Halo adik-adik apa kabar hari ini. Semoga selalu dalam keadaan sehat ya dan tentunya selalu bersemangat mengikuti kegiatan belajar dari rumah bersama TVRI.

Memasuki minggu keempat, Adik-adik kelas 1 2 3 akan mempelajari pelajaran matematika pada hari selasa tanggal 5 mei 2020. Agar bisa menjawab soal adik-adik harus menonton materi yang disajikan di tvri.

Jika adik-adik menyimak tiap materi yang ditayangkan, maka untuk menjawab soal-soal yang disajikan tidak akan sulit. Begitu juga orangtua yang mendampingi, juga harus memahami tiap materi yang dijelaskan agar bisa membantu anaknya jika ada materi yang sulit dipahami.

Materi pelajaran Matematika kelas 1 2 3 yang tayang 5 mei 2020 mendatang bertujuan agar kompetensi numerasi adik-adik berkembang. Adapun tujuan pembelajaran nya agar siswa dapat Mengukur berat benda, Membandingkan berat benda serta Menyelesaikan masalah terkait berat benda dengan benar.

Selanjutnya berikut soal-soal latihan TVRI beserta referensi jawaban yang kami sajikan untuk bahan belajar.

Adik-adik, ataupun pembaca blog guru-id.com, untuk pertanyaan nomor 1 sampai 3 ini akan dijawab oleh bu OVI DIANA, seorang guru kelas dari SD Negeri Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan. Baiklah ini dia jawabannya.

Pertanyaan kelas 1

Buktikan bahwa berat 2 piring yang sama bahannya, namunn berbeda ukuran, akan berbeda beratnya !

Referensi Jawaban :
gambar jawaban soal no 1 tvri 4 mei kelas 1 2 3

Pertanyaan kelas 2

Ukurlah berat 3 alat dapur di rumahmu, lalu urutkan dari yang paling berat! Caranya, siapkan gantungan baju dan kantong plastik di masing-masing ujungnya. Masukkan 1 alat dapur ke salah satu kantong plastik dan benda lain, sebagai alat ukur, ke kantong plastik lainnya. Lakukan bergantian untuk ketiga alat dapur yang kamu pilih sehingga kamu bisa mengurutkan beratnya.

Referensi Jawaban :

siapkan sebuah sendok, piring, dan gelas

pertama kita bandingkan sendok dengan gelas, ternyata gelas lebih berat dari sendok

kemudian kita bandingkan gelas dengan piring, ternyata piring lebih berat dari pada gelas.

kesimpulan :

urutan benda-benda di atas mulai dari yang paling berat adalah : piring, gelas, sendok

(jawaban setiap anak bisa bervariasi

Pertanyaan kelas 3

Berat sebuah mangga sama dengan berat dua buah apel yang sama besar. Jika berat mangga 30 ons, berapa ons berat sebuah apel ?

Referensi Jawaban : 30/2 = 15 ons

Jadi, berat sebuah apel adalah 15 ons

Soal online kelas 1 2 3 4 5 6

LINK Tugas Online Matematika SD

Akhirnya

Penulis akhirkan informasi ini, dan penulis berharap jawaban diatas menjadi manfaat untuk belajar hari SELASA 5 mei 2020.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel