Contoh RPP satu Lembar kelas 4 Tema 2 terbaru 2020-2021

Guru-id.com - RPP tema 2 Kelas 4 SD/mi Semester ganjil mempelajari materi tentang Selalu berhemat energi. sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa di bulan juli mendatang kegiatan belajar di sekolah akan dimulai kembali. Oleh karena itu persiapan mengajar di kelas harus direncanakan sebelum masuk sekolah.

gambar rpp kelas 4 tema 2 terbaru

Bagi teman-teman guru yang membutuhkan referensi penyusunan Rencana mengajar di awal tahun 2020 mendatang, bisa mengunduh contoh nya di laman ini.

Sebelum menuju link unduhan contoh RPP, bahwa sesuai edaran mendikbud nomor 14 tahun 2019 rpp disederhanakan menjadi 3 komponen.

Membahas sedikit tentang penyederhanaan RPP menjadi satu halaman. Mendikbud menegaskan RPP tersebut boleh memuat tiga komponen inti saja yang terdiri dari tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian atau Asessment. Dengan regulasi baru ini yang dasarnya adalah surat edaran mendikbud nomor 14 Tahun 2019, maka Guru bisa menyederhanakan RPP dari 13 komponen menjadi 3 komponen.

Sesuai dengan judul posting, di laman ini akan dibagikan referensi contoh rpp kelas 4 tema 2 Selalu berhemat energi edisi terbaru 2020-2021 yang disusun sesuai dengan surat edaran mendikbud nomor 14 tahun 2019. Adapun ketiga komponen inti yang dimuat kedalam RPP sebagai berikut :

A. Tujuan Pembelajaran

1. Setelah mengamati teks visual, siswa mampu mengidentifikasi gambar- gambar dari teks visual yang diamati dengan terperinci.

2. Setelah mengamati teks visual, siswa mampu menuliskan gagasan pokok dari teks visual yang diamati dengan terperinci.

3. Dengan percobaan, siswa mampu menjelaskan manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

4. Setelah percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi matahari dalam kehidupan dengan sistematis.

b. Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

 Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

 Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

 Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Inti

1. Siswa mengamati teks visual yang ada di buku siswa.

2. Secara individu siswa akan menuliskan gagasan pokok dari gambar yang telah diamatinya. Siswa akan menukar jawabannya kepada teman sebelahnya. (Collaburation)

3. Siswa melakukan percobaan untuk membuktikan penguapan zat cair oleh panas matahari, berdasarkan instruksi yang terdapat di buku.

Penutup

 Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

REFLEKSI DAN KONFIRMASI

Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

C. Penilaian

Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Lihat Lampiran)

Untuk lebih jelasnya berikut adalah contoh atau tampilan RPP 1 Lembar kelas 4 tema 2 Semester ganjil subtema 1 pembelajaran 1 yang bisa dijadikan referensi.



Akhir Kata

Demikianlah informasi yang bisa guru-id tulis terkait dengan rpp kelas 4 SD tema 2 ini. Semoga bermanfaat untuk penyusunan perangkat mengajar anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel