RPP 1 Lembar Kelas 6 tema 4 Tahun 2021/2022

Sobat edukasi khususnya guru SD, Pada tema 4 Guru Kelas 6 akan mempelajari materi tentang Globalisasi . Dengan demikian kegiatan pemmbelajaran pada RPP guru harus disesuaikan dengan materi tersebut. Sebagaimana kita ketahui bersama saat ini kegiatan belajar mengajar akan memasuki semester ganjil tahun 2021-2022. Semua perlengkapan mengajar sudah harus fix di awal masuk sekolah.

gambar rpp kelas 6 tema 4 format satu lembar

Mengapa rpp itu penting ? jawabnya karena RPP terhubung dengan semua kegiatan belajar dan diarahkan sesuai dengan kompetensi dasar yang akan diajarkan.

Format RPP tahun 2021-2022 sudah lebih sederhana dibandingkan tahun sebelumnya. yang dimaksud sederhana karena hanya berisi tiga komponen inti yaitu tujuan guru mengajar, Kegiatan mengajar yang dilakukan dikelas serta hasil dari kegiatan belajar itu sendiri.

Membahas sedikit tentang penyederhanaan RPP menjadi satu halaman. Mendikbud menegaskan RPP tersebut boleh memuat tiga komponen inti saja yang terdiri dari tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian atau Asessment. Dengan regulasi baru ini yang dasarnya adalah surat edaran mendikbud nomor 14 Tahun 2019, maka Guru bisa menyederhanakan RPP dari 13 komponen menjadi 3 komponen.

Sesuai dengan judul posting, di laman ini akan dibagikan referensi contoh "rpp 1 lembar kelas 6 tema 4"Hidup edisi terbaru 2021-2022 yang disusun sesuai dengan surat edaran mendikbud nomor 14 tahun 2019. Adapun ketiga komponen inti yang dimuat kedalam RPP sebagai berikut :

A. Tujuan Pembelajaran

1. Setelah membaca, siswa mampu mempresentasikan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemu yang mengubah dunia dengan peta pikiran yang tepat.

2. Dengan mengamati, siswa mampu mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana dengan tepat.

3. Dengan mengamati dan melakukan wawancara, siswa mampu mengidentifikasi perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat atas ditemukannya listrik dengan tepat.

b. Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

 Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

 Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

 Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Inti

 Siswa diminta membaca senyap teks tentang penemu listrik yang terdapat di buku.(Critikal Thinking and Problem Formulation)

 Siswa mengamati gambar rangkaian seri pada lampu dan baterai di dalam senter yang terdapat di buku.

 Siswa menuliskan proses perjalanan arus listrik dari rangkaian seri berdasarkan hasil pengamatan pada senter. Siswa diharapkan melengkapi tulisan mereka dengan gambar rangkaian seri pada senter.

 (Creativity and Innovation)

 Siswa mendiskusikan tulisan dan gambar mereka dengan teman dalam kelompok untuk mendapatkan jawaban yang benar.

 Guru memberikan penguatan.

 Siswa kemudian menuliskan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat percobaan rangkaian seri pada pembelajaran ketiga.

Penutup

 Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

REFLEKSI DAN KONFIRMASI

Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

C. Penilaian

Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Lihat Lampiran)

Untuk lebih jelasnya berikut adalah contoh atau tampilan RPP 1 Lembar kelas 6 tema 4 Semester ganjil subtema 1 pembelajaran 1 yang bisa dijadikan referensi.



Akhir Kata

Demikianlah informasi yang bisa guru-id tulis terkait dengan rpp kelas 6 SD tema 4 ini. Semoga bermanfaat untuk penyusunan perangkat mengajar anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel