Referensi Jawaban Soal Belajar di TVRI Rabu 6 Mei 2020 SD SMP SMA

Guru-id.com - Mulai hari ini Rabu tanggal 6 Mei 2020 TVRI kembali akan menanyangkan Program belajar dari rumah. Kegiatan belajar ini akan dimulai dari pukul 08.00 sampai 10.30 WIB. materi yang ditayangkan bertujuan meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi siswa.

gambar soal belajar TVRI 6 mei 2020

Pada akhir Segmen akan ada soal-soal latihan untuk tugas dirumah bersama orangtua. Sesuai dengan panduan belajar yang telah dipublikasikn kemendikbud, Orangtua wajib mendampingi anaknya.

Kurang lebih 10 menit sebelum program ditayangkan, orang tua mengajak anak duduk bersama dengan sikap rileks dan menjelaskan sekilas tentang lamanya tayangan dan aktivitas yang akan dilakukan dengan anak saat dan/atau sesudah menyaksikan tayangan tersebut. Anak juga menyiapkan alat tulis.

orangtua juga bisa Berdiskusi dengan guru nya jika ada pertanyaan dan jawaban soal yang belum dipahami. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan

SOAL TVRI 6 Mei 2020

Untuk mempermudah orangtua, Guru dan siswa belajar dari rumah bersama TVRI, berikut laman ini bagikan jadwal dan materi lengkap serta daftar pertanyaan yang akan tayang di TVRI.

Kelas 1 2 3

Pada hari Rabu, 6 mei 2020 mulai pukul 8:30 sampai 9:00 Siswa kelas 1 2 3 akan belajar di TVRI tentang materi Bermalam di Rumah Nisa, sahabat pelangi

Ada dua kompetensi literasi yang harus dikembangkan pada materi ini yaitu Menulis beberapa kalimat dan menyuntingnya dan Mengemukakan gagasan secara lisan

Berikut daftar pertanyaan/soal KELAS 1 2 3 diakhir segmen sebagai tugas di rumah untuk siswa.

Soal

1. Tuliskan dua hal yang kamu ketahui tentang Ambon dari cerita tersebut !

2. Alat transportasi apa yang dapat digunakan untuk bisa sampai ke Ambon ?

3. Hal-hal baik apa yang dilakukan Wayan dan teman-teman terhadap Martha ?

4. Nisa dan Martha memiliki makanan favorit sesuai daerah masing-masing. Apa makanan favorit keluargamu? Tuliskan bagaimana cara membuatnya! Mintalah bantuan orang tua di rumah.

LIHAT JAWABAN SOAL-SOAL DITAS DENGAN CARA KLIK (CEK JAWABAN)


Kelas 4 5 6

Pada hari Rabu, 6 mei 2020 mulai pukul 9:00 sampai 9:30 TVRI Akan menayangkan Materi untuk kelas 4 5 6 yaitu Mengenal Aneka Pantun

kompetensi literasi yang harus dikembangkan pada materi ini adalah Menulis pantun untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur

Berikut daftar pertanyaan/soal KELAS 4 5 6 diakhir segmen sebagai tugas di rumah untuk siswa.

SOAL

1. Tuliskan ciri-ciri pantun!

VO awal video (3): Adik-adik, sekarang 4 5 kita coba dengarkan yuk beberapa contoh pantun teka-teki dan pantun nasehat! Kita juga akan mendengar beberapa siswa-siswi di SDN 1, Kelurahan Pasar Sungai Penuh, Jambi, berpantun!

2. Buatlah satu bait pantun teka-teki !

3. Buatlah satu bait pantun nasehat dengan tema menjaga kesehatan !


(VO awal video): Tahukah kamu kalau pantun ada di kehidupan kita sehari-hari? Misalnya, di Jambi ketika memanen madu, bapak-bapak ini saling bersahutan dengan syair pantun. Kenapa ya? Coba kita dengarkan !


(VO awal video) Pantun juga ada di banyak lagu-lagu daerah. Misalnya di lagu Kicir-Kicir yang merupakan lagu daerah Betawi di Jakarta ini. Coba perhatikan lagunya, pantun apa yang ada di dalam lagu ini? Nah, adik-adik, catat pertanyaan ini yah !

4. Tuliskan salah satu pantun yang ada di lagu Kicir-Kicir !

LIHAT JAWABAN SOAL-SOAL DITAS DENGAN CARA KLIK (LIHAT JAWABAN)


SMP/MTs

Pada hari Rabu, 6 mei 2020 mulai pukul 9:30 sampai 10:00 TVRI Akan menayangkan Materi pelajaran matematika SMP/Mts tentang Tutorial Penyutradaraan dan Produksi Artistik

kompetensi Literasi yang harus dikembangkan pada materi ini adalah Mempresentasikan pendapat secara lisan dengan argumen yang dapat dipertanggungjawabkan

Berikut daftar pertanyaan/soal SMP di TVRI diakhir segmen sebagai tugas di rumah untuk siswa.

SOAL

(VO awal video): Tertarik dengan karir sutradara? Simak yuk, penjelasan dari Ratrikala Bhre Aditya, sutradara yang pernah menjadi Asisten Sutradara dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2 dan Sokola Rimba.

1. Pembuatan film tidak terlepas dari peran sutradara. Kemukakan pendapatmu, apakah sebuah film yang diminati penonton tergantung pada sutradara ataukah pemainnya?

Apakah kamu setuju dengan pernyataan ketua panitia tersebut? Jelaskan alasanmu!


(VO awal video): Tata artistik adalah seni bertutur secara sinematik. Dua pelaku penting di dalamnya adalah Perancang Artistik dan Penata Artistik. Dalam situasi tertentu, kedua peran ini sering digabungkan. Bagaimana pekerjaan seorang penata artistik, akan dijelaskan oleh Nanang Garuda, seniman sekaligus pengajar di institut seni.

2. Jika kamu ingin membuat film pendek dengan menggunakan gawai, tata artistik apa yang harus kamu gunakan agar film yang kamu buat bagus ?

3. Tuliskan rangkuman tentang pengertianmu akan perancang artistik dan penata artistik

LIHAT JAWABAN SOAL-SOAL DITAS DENGAN CARA KLIK (SELENGKAPNYA)


SMA/SMK

Pada hari Rabu, 6 mei 2020 mulai pukul 10:03 sampai 10:30 TVRI Akan menayangkan Materi tentang Bisnis Hidroponik untuk jenjang SMA/SMK. Adapun kompetensi literasi yang harus dikembangkan pada materi ini ada dua, Pertama Mengenali akurasi informasi, menjelaskan kembali, menganalisis, dan menyampaikan pendapat dalam diskusi berdasarkan pengetahuan dan data yang dapat dipertanggungjawabkan

kedua Merepresentasikan tanggapan terhadap bacaan menggunakan pengetahuan yang diperoleh dari bacaan lain dalam bentuk tulisan

Berikut daftar pertanyaan/soal SMA di TVRI diakhir segmen sebagai tugas di rumah untuk siswa.

SOAL

(VO akhir video): Menarik ya, teman-teman, bagaimana memotivasi generasi milenial yang ingin berwirausaha dan memajukan pertanian Indonesia. Bertani dengan cara modern seperti hidroponik pastilah memiliki tantangan dan biaya yang tidak sedikit. Untuk mengurangi biaya, petani ini membuat alat konvensional yang kualitasnya tidak kalah dengan alat ekspor. Sekarang jawab pertanyaan berikut

1. Jelaskan bagaimana cara petani hidroponik tersebut mengatasi tantangan dan memasarkan hasil pertaniannya ?


(VO akhir video): Dari tayangan tersebut ada beberapa pernyataan menarik dari Pak Surya. Sebelum berbisnis industri hidroponik, ketahui lebih dahulu pangsa pasarnya dan hitung biayanya. Perlu keberanian agar tidak takut gagal. Beliau lebih fokus kepada bisnisnya daripada belajar. Belajar menyemai dan merawat diserahkan kepada siswa lulusan SMK yang pernah PKL di lokasinya.

2. Jika kamu ingin serius berbisnis, upaya apakah yang akan kamu lakukan? Apakah harus menunggu modal besar? Tuliskan gagasanmu dengan memanfaatkan berbagai sumber.

LIHAT JAWABAN SOAL-SOAL DITAS DENGAN CARA KLIK (JAWABAN BELUM TERSEDIA)


Akhirnya

Kami akhirkan sampai disini dulu informasi tentang mater belajar dan soal-soal di TVRI Rabu, 6 Mei 2020. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel