RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 terbaru 2020-2021

Guru-id.com - Teman-teman Guru menyiapkan Rencana Mengajar sebelum kegiatan belajar di kelas berlangsung. Tanpa rencana mengajar, pengajaran dikelas kurang efektfi. Oleh karena itu perlu dibuat yang namanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

gambar rpp kelas 6 tema 1 terbaru 2020-2021

RPP yang dimaksud berisi tiga komponen inti yaitu tujuan guru mengajar, Kegiatan mengajar yang dilakukan dikelas serta hasil dari kegiatan belajar itu sendiri.

Membahas sedikit tentang penyederhanaan RPP menjadi satu halaman. Mendikbud menegaskan RPP tersebut boleh memuat tiga komponen inti saja yang terdiri dari tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian atau Asessment. Dengan regulasi baru ini yang dasarnya adalah surat edaran mendikbud nomor 14 Tahun 2019, maka Guru bisa menyederhanakan RPP dari 13 komponen menjadi 3 komponen.

Sesuai dengan judul posting, di laman ini akan dibagikan referensi contoh rpp kelas 6 tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup edisi terbaru 2020-2021 yang disusun sesuai dengan surat edaran mendikbud nomor 14 tahun 2019. Adapun ketiga komponen inti yang dimuat kedalam RPP sebagai berikut :

A. Tujuan Pembelajaran

1. Setelah membaca teks tentang perkembangbiakan jagung, siswa mampu menemukan ide pokok dan informasi penting serta menyajikannya dalam bentuk diagram.

2. Setelah mengamati bunga, siswa mampu mengidentifikasi perkembangbiakan generatif melalui gambar yang dibuatnya dan manfaatnya dengan benar.

3. Setelah membaca teks tentang ASEAN dan kehidupan sosial budayanya, siswa mampu menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara ASEAN terkait kondisi geografisnya dengan benar.

4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.

b. Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

 Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

 Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

 Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Inti

 Siswa mengamati gambar bagian-bagian reproduksi pada bunga dan membaca proses perkembangbiakan generatif.

 Siswa mengamati proses perkembangbiakan generatif dan manfaat dari perkembangbiakan generatif.

 Siswa mengamati bagian–bagian bunga sempurna

 Siswa mencari informasi dari berbagai sumber mengenai proses perkembangbiakan generatif tumbuhan.

 Siswa kemudian menulis manfaat dari perkembangbiakan generatif dan menyerahkannya kepada guru.

 Setelah siswa membaca teks tentang bunga yang hidup di negara ASEAN, guru dan siswa membahasnya sebentar. Kemudian siswa membaca fakta tentang ASEAN. Guru memberi waktu sekitar tiga menit.

Penutup

 Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

REFLEKSI DAN KONFIRMASI

Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

C. Penilaian

Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Lihat Lampiran)

Untuk lebih jelasnya berikut adalah contoh atau tampilan RPP 1 Lembar kelas 6 tema 1 Semester ganjil subtema 1 pembelajaran 1 yang bisa dijadikan referensi.



Akhir Kata

Demikianlah informasi yang bisa guru-id tulis terkait dengan rpp kelas 6 SD tema 1 ini. Semoga bermanfaat untuk penyusunan perangkat mengajar anda.

11 Responses to "RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 terbaru 2020-2021"

  1. pak atau ibuk admin tolong perbaiki pengaturan google drive nya saya gak bisa download pak

    ReplyDelete
  2. pak minta tolong di perbaiki saya juga tidak dapat mendownload contoh rpp diatas

    ReplyDelete
  3. Kok gak bisa diunduh ya Gan... masa cuman suruh lihat aja...

    ReplyDelete
  4. Sama juga dengan saya Pak. nggak bisa do dowload.....ketika di klik dowload atau unduh yang muncul halaman
    itu ke itu juga....maaf...

    ReplyDelete
  5. Terima kasih kami giru sudah terbantu

    ReplyDelete
  6. Bapak ibu silahkan masukkan file nya di drive dulu, abis itu buka di drivenya . baru buka dengan menngunakan dokumen google. jadi dong filenya... selamat mencoba

    ReplyDelete
  7. Terima kasih...
    Tapi ga bisa dLowd

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel