RPP Kelas 6 tema 5 Semester 1 terbaru 2020-2021 Format satu lembar

Guru-id.com - Pada tema 5 Guru Kelas 6 akan mempelajari materi tentang Wirausaha . Dengan demikian kegiatan pemmbelajaran pada RPP guru harus disesuaikan dengan materi tersebut. Sebagaimana kita ketahui bersama saat ini kegiatan belajar mengajar akan memasuki semester 1 tahun 2020-2021. Semua perlengkapan mengajar sudah harus fix di awal masuk sekolah.

gambar rpp kelas 6 tema 5 terbaru 2020-2021

Mengapa rpp itu penting ? jawabnya karena RPP terhubung dengan semua kegiatan belajar dan diarahkan sesuai dengan kompetensi dasar yang akan diajarkan.

Format RPP tahun 2020-2021 sudah lebih sederhana dibandingkan tahun sebelumnya. yang dimaksud sederhana karena hanya berisi tiga komponen inti yaitu tujuan guru mengajar, Kegiatan mengajar yang dilakukan dikelas serta hasil dari kegiatan belajar itu sendiri.

Membahas sedikit tentang penyederhanaan RPP menjadi satu halaman. Mendikbud menegaskan RPP tersebut boleh memuat tiga komponen inti saja yang terdiri dari tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian atau Asessment. Dengan regulasi baru ini yang dasarnya adalah surat edaran mendikbud nomor 14 Tahun 2019, maka Guru bisa menyederhanakan RPP dari 13 komponen menjadi 3 komponen.

Sesuai dengan judul posting, di laman ini akan dibagikan referensi contoh rpp kelas 6 tema 5Hidup edisi terbaru 2020-2021 yang disusun sesuai dengan surat edaran mendikbud nomor 14 tahun 2019. Adapun ketiga komponen inti yang dimuat kedalam RPP sebagai berikut :

A. Tujuan Pembelajaran

1. Dengan membaca teks tentang “Pengalaman Belajar dari Negara-negara ASEAN”, siswa mampu mengidentifikasi posisi dan peranan Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN secara terperinci.

2. Dengan mengamati gambar, bereksplorasi, dan berdiskusi, siswa mampu membedakan macam-macam magnet secara benar.

3. Dengan mengamati gambar, bereksplorasi, dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan hasil eksplorasi tentang macam-macam magnet secara benar.

4. Dengan membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan hasil pengamatan tentang berbagai jenis teks formulir (ekskul, lomba, dan lain-lain) secara cermat.

b. Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

 Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

 Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

 Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Inti

 Siswa diminta membaca teks tentang “Pengalaman Belajar dari Negara-Negara ASEAN” dalam hati.

 Siswa diminta menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. (Mandiri)

 Kemudian, siswa menuliskan alasan mengapa hari ini merupakan hari yang penting bagi Udin dan kawan-kawan.

 Setelah itu, siswa menuliskan hal yang dipelajari dari anjungan khusus yang dikelola oleh sekretariat ASEAN. (Creativity)

 Siswa diminta mempresentasikan dan mendiskusikan hasilnya dalam kelompok.(Critical Thinking and Problem

 Siswa mendiskusikan jawaban pertanyaan yang diajukan guru secara berkelompok.

Penutup

 Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

REFLEKSI DAN KONFIRMASI

Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

C. Penilaian

Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Lihat Lampiran)

Untuk lebih jelasnya berikut adalah contoh atau tampilan RPP 1 Lembar kelas 6 tema 5 Semester ganjil subtema 1 pembelajaran 1 yang bisa dijadikan referensi.



Akhir Kata

Demikianlah informasi yang bisa guru-id tulis terkait dengan rpp kelas 6 SD tema 5 ini. Semoga bermanfaat untuk penyusunan perangkat mengajar anda.

0 Response to "RPP Kelas 6 tema 5 Semester 1 terbaru 2020-2021 Format satu lembar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel