Cara Bikin kelas Belajar Matematika Online Menyenangkan Dengan Matific

Guru-id.com akan berbagi tips agar belajar matematika sd kelas 1-6 lebih menyenangkan. Guru dan orangtua bisa mengajak siswa masuk di kelas matematika online bersama matific. Baca artikel ini sampai habis agar anda mendapat manfaat dari mendaftar di matific.

gambar belajar matematika online kelas 1-6

Pandemi yang menyerang berbagai negara telah memaksa sebagian besar masyarakat untuk membiasakan diri dengan rutinitas yang baru. Bekerja dari rumah, kuliah daring, hingga menemani anak sekolah daring menjadi aktivitas sehari-hari menggantikan kegiatan yang biasanya dilakukan di luar rumah. Bagi para guru dan orang tua, hal ini dapat menjadi tantangan tersendiri karena metode pengajaran tatap muka harus berganti dengan metode daring. Tantangan ini juga diiringi kesulitan untuk mengajar Matematika dari jarak jauh sekaligus meningkatkan minat belajar Matematika pada anak yang dihadapi kedua belah pihak. Umumnya, anak-anak usia TK hingga SD zaman sekarang memiliki orang tua yang masuk pada golongan milenial. Artinya, penggunaan gawai untuk anak sudah tak asing lagi. Lantas, bagaimana cara membangkitkan semangat belajar anak di masa New Normal dengan gawai ?

Awalnya mikir anak-anak kalau dikasih game nanti jadi malas belajar, tapi ternyata malah jadi semakin semangat dan bahkan suka sama pelajaran matematika. Yang paling utama, karena ini digital jadi bisa bantu pembelajaran jarak jauh.

Selain itu, hemat waktu! Sebagai guru seringnya kelamaan menyiapkan kelas daripada ngajarnya tapi sekarang udah gak perlu repot lagi nyari soal cerita untuk latihan anak-anak dan koreksi satu per satu karena ada laporannya langsung di platformnya. Materinya juga sudah sesuai dengan Kurikulum 2013 dan Cambridge.

Melalui Fase Trial dan Error dalam Mencari Metode dan Media

Salah satu keunggulan gawai adalah luasnya aplikasi, laman, dan media yang bisa dieksplor. Terutama jika diperuntukkan bagi anak kecil yang mudah bosan, kemudahan yang ditawarkan untuk membongkar pasang metode serta mencoba media baru dapat memberikan pembelajaran bagi guru dalam memilih yang terbaik. Ditambah lagi dengan ragam pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anak sekaligus orang tuanya. Maka, para guru juga tidak perlu khawatir tidak akan bisa menemukan metode, media, hingga aplikasi yang dicari.

Menggabungkan Aspek Kreativitas dan Penalaran pada Anak dengan Matific

gambar matefic kelas matematika online

Bagi banyak anak-anak, pelajaran berhitung atau Matematika kerap menjadi momok yang menakutkan. Mulai dari ketakutan dari salah menghitung bahkan sesederhana ketidakmampuan memahami soal tentu sudah familiar di telinga bahkan mungkin pernah dilewati oleh guru. Untuk mengatasi hal ini, lembaga pendidikan khusus Matematika di Australia bernama Matific hadir di Indonesia untuk membantu kebutuhan para guru. Sistem pembelajaran Matific menggabungkan prinsip berbasis permainan dengan metode pengajaran untuk memecahkan masalah dan membangkitkan kemampuan berpikir kritis pada anak. Dirancang oleh profesor, ahli pendidikan, hingga spesialis kurikulum, Matific tidak hanya membantu anak untuk terampil dalam pelajaran Matematika namun juga menyukainya.

Keunggulan Matific Saat Digunakan di Masa ‘The New Normal’

Matific menggunakan metode pengajaran Matematika dengan menggunakan permainan yang mudah dipahami sekaligus menyenangkan bagi anak. Pada usia TK hingga SD, tentu anak-anak lebih mudah tertarik untuk bermain daripada belajar. Karena itulah aktivitas pembelajaran pada Matific melibatkan jalur digital dan permainan yang membuat anak tidak bosan saat melakukannya. Berangkat dari semangat untuk menyelesaikan permainan, lambat laun anak akan mulai terbiasa menggunakan penalaran mereka dalam memecahkan persoalan Matematika.

Selain itu, dengan fitur Penetapan Tugas dan Pelacakan Kemajuan anak, guru dan orang tua bisa saling bersinergi untuk mengetahui kemampuan anak hingga memilih materi atau tugas yang cocok diberikan pada anak. Guru dan orang tua juga bisa mengakses laporan kemajuan anak secara real-time. Anda juga tak perlu khawatir, Matific telah dirancang oleh profesor, ahli pendidikan, hingga spesialis kurikulum yang menyesuaikan materi dengan kurikulum lokal yang diterapkan di Indonesia. Langkah-langkah penyelesaian yang diberikan akan membantu anak untuk terbiasa dengan soal Matematika. Platform belajar daring ini pun sangat mudah diakses baik melalui laman website atau aplikasi dari Google Play Store dan Apple App Store. Dengan deretan fitur penuh manfaat, kesibukan orang tua dan guru saat harus bekerja dari rumah tentu akan sangat terbantu dengan Matific.

Cara daftar Matific Untuk Guru

1. Klik link masa percobaan gratis matific berikut ini : https://www.matific.com/id/id/home/onboarding/

2. Pada form pendaftaran, pilih Guru

3. Isikan Nama depan dan nama belakang

4. Isikan alamat email aktif (yang bisa dibuka).

5. Isikan Nomor telepon anda yang aktif

6. Pada kolom sekolah anda, ketikkan nama sekolah anda, Jika tidak ditemukan klik teks "Belum terdaftar? Masukkan secara manual"

7. Pada form "Tambahkan sekolah saya", isikan Data sekolah anda.

- Nama sekolah : cukup Jelas

- Alamat (cukup jelas)

- Kota (cukup jelas)

- Kode Sekolah (Kosongkan)

-Klik Tambahkan sekolah saya.

8. Kelas, pilih sesuai kelas yang anda ajarkan, boleh lebih dari 1 kelas.

9. Topik, pilih materi yang akan dipelajari, Misal : bilangan bulat,

10. Subtopik, Pilih misal "Digit"

11. klik tombol "Aktifkan uji coba gratis saya sekarang"

12. Buka email yang anda daftarkan, kemudian salin kode verifikasi, dan masukkan ke kolom verifikasi dan login matific.

13. Pada laman selanjutnya Masukkan kata sandi baru anda, yang mudah diingat, klik simpan perubahan

Cara Manajemen kelas di Matifific

1. Klik tombol "kelola Siswa". kemudian pilih unggah kelas anda.

2. Berikutnya klik "unggah templat kelas anda", lalu akan terdownload otomatis file excel.

3. Buka file tersebut, kemudian isikan Nama siswa, surname (isi nama orangtua), Username (isikan nama pendek siswa minimal 5 huruf dan username harus bervariasi tidak boleh sama), choose password (Kosongkan saja), Email (isikan email orangtua)

4. klik kembali tombol "unggah kelas anda", kemudian klik tombol cari, lalu pilih file excel yg sudah kita isi data siswanya di langkah ke 4 tadi.

5. Klik tombol "TAMBAH SISWA"

6. jika berhasil akan ada notifikasi "Anda berhasil mengunggah daftar siswa Anda" dan langsung tampil nama siswa di laman kelola siswa.

7. untuk melihat username dan password login siswa, pilih dulu semua nama siswa (centang kotak nama) kemudian klik icon ekspor di pojok kiri sebelah icon printer.

8. anda akan dapat melihat username dan password login siswa di matific.

9. anda juga bisa mencetak kartu login siswa dengan cara klik teks biru kode kelas anda, kemudian akses link kelas anda misal "www.matific.com/class", lalu klik tombol dapatkan "kartu login"

10. Kartu login akan terdownload otomatis, kemudian silahkan bagikan ke siswa (bisa melalui grup wa atau ke chat pribadi).

11. Agar lebih mudah diakses, arahkan siswa untuk mendownload aplikasi matific di ponsel androidnya masing-masing, setelah terdownload siswa bisa langsung login dengan password yang tadi sudah dibagikan.

12. Siswa bisa mulai mengerjakan tugas mellaui aplikasi matific di ponsel androidnya.

13. untuk login dan mengerjakan tugas di matific melalui laptop/komputer, klik link berikut : matific.com kemudian masukkan username dan password login siswa.

Cara Memberi siswa Tugas Lain.

selain game edukasi matematika, matific juga menyediakan materi pelajaran sesuai dengan kurikulum yg diajarkan di sekolah anda. untuk memberi siswa tugas lain, caranya sebagai berikut :

1. Untuk menugaskan ke semua siswa, pilih keseluruhan kelas.

2. untuk menugaskan perindividu, silahkan pilih nama siswa.

1. Klik Konten, kemudian klik tombol "Klik untuk menugaskan lainnya"

2. Kemudian pilih tugas kurikulum 2013 revisi, lalu pilih salah satu tugas matematika dan klik tombol "tugaskan"

3. Anda bisa mmeilih materi yang sesuai dengan kurikulum 2013, dan juga bisa membatalkan penugasan.

Cara Melihat hasil Tugas Siswa.

1. klik menu Laporan, untuk melihat hasil tugas semua siswa pilih "keseluruhan kelas". kemudian anda juga bisa memilih hasil tugas yang ingin dicek, caranya klik kerja dan pilih sesuai tugas yang anda berikan.

2. untuk cetak laporan penugasan siswa, silahkan klik tombol/icon "Ekspor" dan laman akan mengunduh otomatis laporan dalam format Excel.

Jika langkah-langkah diatas kurang dipahami, silahkan tonton video cara daftar matific dibawah !

Jadi sangat rugi loh jika teman-teman guru dan para orangtua, tidak memanfaatkan matific sebagai salah satu wadah belajar online bersama siswa.

Rekan-rekan guru bisa coba Matific juga secara gratis selama 30 hari di https://bit.ly/3c5rUDG

0 Response to "Cara Bikin kelas Belajar Matematika Online Menyenangkan Dengan Matific"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel