Contoh RPP kelas 3 Tema 2 Terbaru Format 1 Lembar

Guru-id.com - Jika pemerintah menerapkan new normal di seluruh daerah, maka kegiatan belajar mengajar di sekolah akan berjalan seperti biasa. Walaupun demikian satuan pendidikan tersebut tetap harus mengikuti aturan pencegahan covid-19 di sekolah masing-masing.

gambar rpp kelas 3 tema 2 terbaru 2020

Dengan demikian kegiatan pembelajaran di kelas akan kembali aktif. Selanjutnya guru mulai dari sekarang wajib mempersiapkan perangkat mengajarnya yang akan menjadi pedoman mengajar dikelas agar pembelajaran lebih terarah dan efektif.

Sesuai judul posting, guru-id,com menyedikan sebuah referensi atau lebih tepatnya contoh dokumen rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang sudah di edit sesuai dengan regulasi atau panduan penyusunan RPP terbaru dari pemerintah.

Format rpp yang guru-id bagikan ini disusun sesuai dengan Surat edaran mendikbud nomor 14 tahun 2020 tentang penyederhanaan RPP menjadi satu halaman.

Bagi teman-teman guru yang ingin melihat contohnya bisa melalui laman ini. Sedangkan file lengkap harus langsung menghubungi editor melalui nomor WA yang tertulis.

Langsung saja berikut, contoh RPP satu lembar kelas 3 Tema 1 terbaru semester ganjil Tahun pelajaran 2020/2021.

A. Tujuan Pembelajaran

1. Dengan memperhatikan tanda baca, siswa dapat membaca dongeng dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.

2. Dengan mengamati penjelasan guru, siswa dapat menemukan sifat pertukaran pada perkalian dengan tepat.

3. Dengan mengamati penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi gerak cepat tangan dalam suatu tari dengan tepat.

4. Dengan kegiatan bersama-sama, siswa dapat memeragakan gerak cepat tangan dalam suatu tari dengan tepat.

b. Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

 Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

 Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

 Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Inti

 Siswa membaca teks dongeng “Ayam Jago Baru” secara bergantian dengan suara lantang. Setiap siswa membaca satu paragraf. Pada kegiatan ini guru melakukan penilaian.

 Siswa dan guru mendiskusikan kata-kata yang belum dipahami siswa. (Collaburation)

 Guru mendorong siswa membuat pertanyaan berdasarkan isi dongeng yang telah dibacanya. (Creativity and Innovation

 Setelah kegiatan membaca dan diskusi, siswa mengerjakan teka teki silang yang tersedia pada buku siswa berdasarkan isi dongeng “Ayam Jago Baru”. (Critical Thinking and Problem Formulation)

 Guru memberikan panduan kepada siswa tentang cara mengerjakan teka teki silang.

Penutup

 Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

REFLEKSI DAN KONFIRMASI

Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

C. Penilaian

Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Lihat Lampiran)

Untuk lebih jelasnya berikut adalah contoh atau tampilan RPP 1 Lembar kelas 3 tema 2 Semester ganjil subtema 1 pembelajaran 1 yang bisa dijadikan referensi.



Akhir Kata

Demikianlah informasi yang bisa guru-id tulis terkait dengan rpp kelas 3 SD tema 1 ini. Semoga bermanfaat untuk penyusunan perangkat mengajar anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel