Cara Verifikasi Akun Dapodik 2021 Di situs sp datadik kemendikbud

Verifikasi akun dapodik versi 2021 merupakan tugas penting dalam mensukseskan pendataan di sekolah masing-masing. Petugas pendataan dalam hal ini sebagai operator sekolah melakukan verifikasi akun dapodik melalui laman sp datadik kemendikbud dengan langkah-langkah yang telah kami tulis di akhir artikel.

gambar verifikasi akun dapodik 2021

Aplikasi dapodik 2021 merupakan versi terbaru semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Semua jenjang mulai dari TK, SD SMP SMA SMK kini tergabung menjadi satu di dapodik versi 2021.

Ada banyak perubahan dan pembaharuan pada dapodik versi 2021. Salah satu yang cukup membuat panik dan bingung teman-teman operator adalah Cleansing akun. Nah bagi teman-teman yang akun dapodik sekolahnya terkena cleansing mau tidak mau terpaksa harus membuat email baru.

apa gunanya email baru ? tentu saja akan digunakan untuk registrasi akun dapodik baru ke admin dinas. Salah satu syarat untuk registasinya adalah SK Operator dapodik. Saran saya berdasarkan pengalaman, kalau kondisi memungkinkan, akan lebih baik langsung temui saja operator dinasnya.

Mengapa ? karena pada penambahan akun dapodik baru melalui manajemen dinas, harus memasukkan beberapa data penting. Diantaranya Username (email) Valid, Nama Operator (lengkap), dan juga password akun dapodik yang baru (ini yang penting).

Nah, kalau bisa yang mengetikkan password saat menambahkan akun dapodik yang baru adalah operator sekolah sehingga password mudah diingat.

Cara verifikasi Akun Dapodik 2021

Sesuai dengan judul posting, di laman ini dibagaikan cara verifikasi akun Operator sekolah, Guru dan Tenaga Pendidik pada aplikasi dapodik 2021.

Jika tidak diverifikasi, maka akun tersebut statusnya tidak akan berubah. Selengkapnya silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

1. Buka alamat verifikasi akun Dapodik 2021 melalui link sp datadik.kemdikbud.go.id atau langsung KLIK DISINI.

2. Login menggunakan username dan password dapodik sekolah anda (Bagi teman-teman yang akunnya kena cleansing, silahkan login menggunakan akun yang baru).

3. KLik menu akun, kemudian jenis akun pilih admin (Khusus akun operator sekolah), jika Guru pilih GTK .

4. Klik Icoon pensil, ketikkan password baru, kemudian klik tombol Update.

5. Lakukan registrasi *bagi yg belum* dan sinkronisasi dapodik sekolah anda.

6. setelah 1x24 jam, buka kembali laman sp datadik kemendikbud, klik tombol verifikasi akun untuk mendapatkan kode verifikasi.

7. Buka email dapodik sekolah anda, salin kode verifikasi, masukkan ke form yang tersedia di laman sp datadik kemendikbud. Selesai.

8. bagi GTK silahkan verifikasi mandiri melalui laman : https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/, ikuti langkah-langkah berikut.

~ ️Login SSO menggunakan email dan passwrd pribadi yang terdaftar di aplikasi Dapodik.

Setelah berhasil login>>>>

~ ️klik tombol menu *BIODATA*

~ ️selanjutnya klik Menu *AKUN*

~ ️klik *VERIFIKASI SEKARANG* + cek Email Aktif

~ ️klik *LANJUTKAN*

~ cek email pribadi untuk melihat *Kode Verifikasi*

~ Copy Pastekan kode verifikasinya di laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id

~ lakukan SYCN Dapodik

Agar lebih mudah dipahami silahkan ikuti langkah-langkahnya melalui Video tutorial dibawah !

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan melalui tulisan singkat ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman seperjuangan.

3 Responses to "Cara Verifikasi Akun Dapodik 2021 Di situs sp datadik kemendikbud"

  1. Jika kita salah masukkan email operator saat verifikasi akun,cara perbaiki nya seperti apa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah sama nih, coba punten para master mohon solusinya

      Delete
    2. ke admin dinas,,, bawa sk operator dan email yang mau diganti

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel