Contoh RPP Daring Kelas 4 Semester Ganjil dan genap

Guru-id.com - Untuk membantu kebutuhan Guru dalam menyiapkan administrasi berupa dokumen rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Daring di masa Pandemic Corona tahun pelajaran 2020/2021 Semester ganjil, laman ini akan berbagi referensi berupa contoh RPP daring format satu lembar.

gambar rpp daring kelas 4

RPP daring yang kami bagikan ini hanyalah sebuah referensi. Teman-teman guru bisa mengeditnya sesuai kebutuhan dan menyesuaikan dengan sarana belajar daring yang digunakan.

Sebagaimana kita ketahui saat ini, RPP disusun mengacu pada surat edaran mendikbud nomor 14 tahun 2020 dengan format disederhanakan menjadi tiga komponen.

Adapun tiga komponen inti pada format rencana mengajar guru antara lain Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan penilaian. Guru boleh menambahkan komponen lainnya seperti Kompetensi Dasar (KD) Sesuai kebutuhan.

Komponen lainnya bukan dihapus namun bersifat pelengkap saja. Guru bisa menyederhanakan RPP nya menjadi satu halaman saja. Namun jika mau lebih juga tidak masalah :). Kalau mau lebih hemat kertas dan biaya, silahkan dibuat satu lembar.

baik teman-teman, Sesuai judul Posting berikut contoh atau penampakkan rpp daring kelas 4 sd/mi format terbaru satu lembar.

Contoh RPP Daring

Berikut contoh rpp daring kelas 4 SD tema 1 yang dibuat oleh saya sendiri dan bisa dijadikan sebagai referensi oleh teman-teman guru.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Setelah Melihat Gambar yang di share melalui WA Grup siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.

2. Setelah Melihat Video Pembelajaran yang di share melalui WA Grup , siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.

3. Setelah wawancara sederhana, siswa mampu menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap.

4. Setelah diskusi online melalui Google Meet, siswa mampu mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan sistematis.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pendahuluan

 Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa Dipandui Melalui Grup Whats Apps Grup, Zoom, Google Meet dan Aplikasi daring Lainnya (Orientasi)

 Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

 Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Inti

1. Sebelum memulai pembelajaran, guru membagikan gambar seorang anak Bali yang memakai baju tradisional. Di belakang anak ada rumah tradisional Bali. (Melalui Grup WA)

2. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan pakaian adat, rumah tradisional dan makanannya. . (Melalui Zoom)

3. Guru menyampaikan kepada siswa bahwa hari ini mereka akan belajar banyak tentang budaya Indonesia. (HOTS)

4. Siswa kemudian akan melakukan kegiatan eksplorasi menggunakan benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi yang terdapat di kelas dan sekitarnya. (HOTS)

5. Siswa kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat di buku berdasarkan hasil kerjasama mereka dalam menciptakan ansambel bunyi yang enak didengar.

6. Siswa menyimpulkan kegiatan belajar.(Creativity and Innovation)

7. Penugasan (Mengerjakan soal daring)

Kegiatan Penutup

Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua.

Peserta Didik :

 Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :

 Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.

REFLEKSI DAN KONFIRMASI

Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

ASSESMENT (PENILAIAN)

Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan secara daring (Lihat Lampiran)

Untuk melihat contoh rpp daring dalam format word, teman-teman guru bisa melihat penampakkannya dibawah ini.

Butuh referensi RPP lainnya ??? Silahkan klik Laman RPP 1 Lembar.



DOWNLOAD RPP DARING

berikut laman pengunduhan RPP daring kelas 4 format satu lembar dalam bentuk dokumen Word.

NOTE: LINK UNDUHAN SEGERA DI RILIS

SEMESTER GANJIL

1. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 4 TEMA 1 SEMESTER 1

2. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 4 TEMA 2 SEMESTER 1

3. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 4 TEMA 3 SEMESTER 1

4. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 4 TEMA 4 SEMESTER 1

4. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 4 TEMA 5 SEMESTER 1

SEMESTER GENAP

2. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 4 TEMA 6 SEMESTER 1

3. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 4 TEMA 7 SEMESTER 1

4. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 4 TEMA 8 SEMESTER 1

5. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 4 TEMA 9 SEMESTER 1

RPP KURIKULUM 2013 REVISI 2020 ini Hanya Sebagai Contoh untuk Bapak Ibu Guru ATM ( Amati , Tiru dan Modifikasi ) Dapat disesuaikan dengan kearifan lokal didaerahnya nya dan disesuaikan dengan Keinginan Bapak Ibu Guru sebagai Guru MERDEKA BELAJAR

Untuk Komponen Utama RPP KURIKULUM 2013 3 KOMPONEN REVISI 2020 Sesuai Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 Terdiri dari

1. Tujuan Pembelajaran
2. Kegiatan Pembelajaran
3. Penilaian Asessment

. LAMPIRAN Merupakan Contoh Uraian dari Penilaian / Assesment

0 Response to "Contoh RPP Daring Kelas 4 Semester Ganjil dan genap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel