Silabus KSN/OSN SMP 2020

pada postingan ini laman guru-id akan berbagi informasi tentang silabus Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP tahun 2020. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa ada tiga mata pelajaran yang dilombakan pada kegiatan KSN ini yaitu Matematika, IPA dan IPS.

gambar silabus KSN SMP 2020

Kompetisi Sains Nasional (KSN) merupakan salah satu kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan pembangunan Sumber Daya Manusia dalam bidang sains. KSN SMP merupakan ajang silaturahmi para pencinta Sains tingkat SMP sekaligus wahana kompetisi bagi siswa/i SMP/MTS negeri/swasta dan yang sederajat di seluruh Indonesia di bidang studi : Matematika, IPA, dan IPS.

Lingkup materi silabus KSN didasarkan kepada Kurikulum 2013 dan silabus Kompetisi internasional. Dari ruang lingkup tersebut diperoleh materi-materi soal yang sesuai kebutuhan KSN, selanjutnya materi ini dituangkan dalam silabus KSN. Kompetensi yang diharapkan dari peserta KSN adalah keterampilan- keterampilan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills atau HOTS).

Lingkup materi yang tercantum dalam silabus ini merupakan bahan acuan untuk menyusun kisi-kisi soal KSN dan naskah soal KSN yang dapat diinterpretasikan ke dalam tingkat kesulitan soal yang berbeda-beda. Tingkat kesulitan tersebut dibuat berjenjang, soal untuk tingkat nasional relatif lebih sulit dibandingkan dengan tingkat provinsi, kemudian untuk soal tingkat provinsi relatif lebih sulit dibandingkan tingkat kabupten/kota. Adapun ruang lingkup tersebut adalah sebagai berikut:

Untuk lebih jelasnya berikut lingkup Materi KSN SMP tahun 2020 bisa di download melalui PDF berikut :



Demikianlah informasi yang bisa saya bagikan melalui postingan ini. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel