Jadwal Rekrutmen Guru Penggerak Angkatan 2, 3 dan 4 Tahun 2020

Sahabat pembelajar, kali ini guru-id akan berbagi informasi tentang guru penggerak angkatan 2, 3, dan 4. Untuk lebih jelasnya silahkan baca surat edaran berikut :

Surat Edaran Rekrutmen Calon Peserta dan Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak Tahun 2021 untuk Angkatan 2, 3, dan 4

Dalam rangka menindaklanjuti peluncuran kebijakan Merdeka Belajar Episode Kelima: Guru Penggerak, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020 telah melaksanakan Pendidikan Guru Penggerak (PGP) untuk angkatan 1 dengan jumlah sasaran 2.800 orang dari 56 kabupaten/kota untuk jenjang TK, SD, SMP, dan SMA.

Selanjutnya, pada tahun 2021 akan dimulai rekrutmen dan pendaftaran untuk angkatan berikutnya. Berkenaan dengan pelaksanaan PGP tahun 2021 tersebut, dengan hormat kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut.

1. Pelaksanaan PGP pada tahun 2021 dibagi dalam 3 angkatan, yaitu angkatan 2, 3, dan 4 dengan jumlah sasaran 13.600 orang calon Guru Penggerak dan 2.788 orang calon Pengajar Praktik Guru Penggerak (jumlah sasaran per angkatan sebagaimana terlampir).

2. Kabupaten/kota yang akan diundang untuk PGP tahun 2021 sejumlah 290 kabupaten/kota pada 33 provinsi. Kabupaten/kota yang belum teralokasikan pada tahun 2020 dan 2021 akan diundang pada rekrutmen PGP tahun 2022.

3. Calon Peserta dan Pengajar Praktik PGP akan mengikuti proses rekrutmen melalui 2 tahapan seleksi sebagaimana informasi terlampir.

4. Informasi proses rekrutmen calon Peserta dan calon Pengajar Praktik PGP dapat dilihat pada laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak.

Selanjutnya kami mohon Saudara bersama dengan Tim PGP Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk menyampaikan informasi ini kepada para guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan insan pendidikan terbaik di wilayah Saudara untuk mengikuti proses rekrutmen dan seleksi calon Peserta dan calon Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak. Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, dapat menghubungi kami melalui email guru.penggerak@kemdikbud.go.id.

Rekrutmen dan pendaftaran calon Peserta dan Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak periode tahun 2021 akan dimulai pada bulan Oktober 2020. Pendidikan Guru Penggerak angkatan 2 akan dilaksanakan pada awal bulan April 2021 yang akan berlangsung selama 9 (sembilan) bulan dengan menggunakan pola belajar mandiri terbimbing melalui sistem belajar daring yang telah disiapkan dan dipandu oleh instruktur, fasilitator, dan pengajar praktik (pendamping) Guru Penggerak. PGP tahun 2021 akan dilaksanakan dalam 3 angkatan yaitu angkatan 2, 3, dan 4.

Proses rekrutmen calon Peserta dan Pengajar Praktik PGP akan dilakukan melalui tahapan seleksi sebagai berikut.

a. Calon Peserta Guru Penggerak

- Tahap 1 : registrasi, pengisian dan penilaian biodata dan esai, serta tes bakat skolastik;

- Tahap 2 : simulasi mengajar dan wawancara.

b. Calon Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak

- Tahap 1 : registrasi, pengisian dan penilaian portofolio, dan esai;

- Tahap 2 : simulasi mengajar, Studi Kasus, dan wawancara.

Tim rekrutmen calon Peserta dan calon Pengajar Praktik PGP adalah Tim Independen yang telah dibekali dengan pelatihan dan dinyatakan lulus sebagai Asesor dengan mengutamakan prinsip transparan, akuntabel, dan berkualitas..

Jadwal Rekrutmen

Untuk lebih jelasnya berikut Sasaran dan Jadwal Pelaksanaan Rekrutmen dan Pendaftaran guru penggerak angkatan 2 3 dan 4 tahun 2020

gambar jadwal rekrutmen guru penggerak angkatan 2 3 dan 4


Demikianlah Informasi yang bisa laman ini tulis terkait Rekrutmen Guru Penggerak Angkatan 2, 3 dan 4 Tahun 2020, Semoga bermanfaat dan menambah

0 Response to "Jadwal Rekrutmen Guru Penggerak Angkatan 2, 3 dan 4 Tahun 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel