Kumpulan Judul Penelitian Tindakan kelas (PTK) Guru SD SMP SMA Tahun 2020

Sahabat edukasi, Dikutip dari wikipedia Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas.

gambar kumpulan judul PTK SD SMP SMA

PTK dapat diartikan sebagai proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dalam upaya untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari perlakuan tersebut

Tujuan PTK adalah memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran di sekolah (Muslich, hal. 10). Menurut Suyanto (1997), tujuan PTK adalah meningkatkan dan/atau memperbaiki praktik pembelajaran di sekolah, meningkatkan relevansi pendidikan, meningkatkan mutu pendidikan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan (Basrowi & Suwandi, hal. 54)

Sesuai dengan judul postingan, di laman ini guru-id akan berbagi referensi untuk guru yang akan membuat laporan penelitian tindakan kelas. Baik jenjang SD, SMP maupun SMA.

Judul PTK yang dibagikan melalui laman ini hanyalah referensi agar mempermudah menentukan permasalahan apa yang akan teman-teman guru buat pada Penelitian tindakan kelasnya.

Bagi teman-teman guru yang membutuhkan referensi silahkan lihat judul PTK melalui tautan dibawah

Demikianllah informasi yang bisa guru-id bagikan, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel