Cara memperbaiki Status Aktif Pada Forlap Dikti Khusus Untuk Universitas Sriwijaya

Sahabat GTK, pada postingan kali ini saya akan membagikan solusi terkait dengan status belum lulus di Info GTK saat Verval Ijazah. Sehingga nomor ijazah kosong (null), nah ternyata setelah ditelusuri di portal web forlap dikti mahasiswa masih berstatus aktif.

Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkah memperbaikinya yang ditulis langsung oleh salah satu alumni mahasiswa Universitas Sriwijaya yang mengalami masalah tersebut.

Halloooo Alumnus Universitas Sriwijaya yang sedang bingung mengapa masih berstatus aktif mahasiswa pada portal web forlap dikti. Sebelumnya apakah kalian mengalami permasalahan sama dengan saya? Ketika mengecek data pada forlap Dikti ternyata masih berstatus aktif Mahasiswa padahal kita sudah lama lulus kuliah, apakah kita mahasiswa abadi? hehee

gambar Cara memperbaiki Status Aktif Pada Forlap Dikti Khusus Untuk Universitas Sriwijaya

Bagaimana cara mengubah status aktif menjadi status lulus? Pada setiap universitas pasti memiliki website resmi yang dikelola oleh universitas. Saya adalah alumni mahasiswa salah satu universitas di Indonesia. Sebelumnya saya pikir setelah kita dinyatakan lulus dari universitas maka semua urusan akan selesai karena telah diselesaikan pihak administrasi universitas. Ternyata baru-baru ini saya mengecek status validitas ijazah dan status mahasisiswa pada website dikti hasilnya nomor ijazah saya tidak terdeteksi (tidak ditemukan pada pencarian sivil dikti https://ijazah.kemdikbud.go.id/ ) dan berstatus masih aktif (mahasiswa aktif pada data forlap dikti https://forlap.ristekdikti.go.id ) mengapa hal ini bisa terjadi? Mungkin karena pada saat updating data universitas bermasalah sehingga belum tersinkron dengan data Dikti.

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mencari informasi kepada pihak adminitrasi universitas untuk menanyakan permasalahan kalian.

Jika kalian alumni dari Universitas Sriwijaya saya akan menjelaskan langkah-langkah pengajuan perbaikan status mahasiswa pada website Dikti melalui Adminitrasi Universitas..

Langkah pertama silahkan mengunjungi website Unsri https://unsri.ac.id/ kemudian pilih menu Akses dan klik pemutakhiran data mahasiswa dan alumni

Setelah itu akan muncul tampilan berikut:

silahkan input Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan password, jika kalian lupa password maka jangan panik kalian bisa meminta reset password ke bagian BPHM UNSRI dengan cara mengirim email kepada pi.bapsi@gmail.com subjek : Permintaan reset Password SIMAK tuliskan Nama, NIM, Jurusan, Prodi dan Tahun Angkatan

apabila kalian sudah berhasil mendapatkan NIM dan Password silahkan kembali login pada menu pemutakhiran data mahasiswa dan alumni. Sebelumnya kalian harus menyiapkan Kartu Keluarga (KK), Ijazah dan Transkip Nilai untuk melengkapi data pemutakhiran.

setelah berhasil login maka tampilan nantinya akan seperti ini :

Isian data berisi data identitas pribadi mahasiswa, data orang tua (ayah dan ibu) dan data akademik mahasiswa seperti status mahasiswa (jangan lupa diubah menjjadi Lulus ) IPK, tanggal lulus, nomor ijazah dan judul skripsi kalian. Jika yakin semua data sudah benar maka silahkan dicentang 3 poin persetujuan dan klik captcha saya bukan robot. Kemudian klik save.

Hati-hati dalam mengisi data ini, mengapa? KARENA PEMUTAKHIRAN DATA MAHASISWA DAN ALUMNI HANYA BISA DILAKUKAN 1 KALI. Jika terjadi kesalahan maka akan berakibat fatal dan harus diurus langsung ke administrasi Universitas, mungkin akan lebih ribet lagi.

Ok jika sudah selesai proses pemutakhiran data maka tampilan akan seperti ini :

Tidak ada tombol pengeditan lagi dan ada keterangan “SUDAH TERUPDATE”.

Perjuangan tidak sampai disini, karena kalian harus mengkonfirmasi update data kalian ke bagian BPHM UNSRI dengan cara mengirim email kepada pi.bapsi@gmail.com

Formatnya adalah :

Subjek : PERMINTAAN PERBAIKAN DATA DI FORLAP DAN SIVIL DIKTI

tuliskan Nama, NIM, Jurusan, Prodi, Tahun Terdaftar dan Tahun Lulus. Kemudian lampirkan file Ijazah dan Transkip nilai untuk file pendukung perbaikan data masing-masing file maksimal 300kb. Setelah semua selesai silahkan dikirimkan email tersebut dan menunggu balasan dari admin BPHM Universitas. Mungkin perlu menunggu beberapa hari untuk menerima balasan email dan jika sudah menerima basalan, admin akan mengirimkan konfirmasi update data dari Dikti.

Seperti yang saya bilang tadi cara ini berlaku pada Universitas Sriwijaya tapi mungkin akan sama pada universitas lainnya jika menu web dan mekanisme pengajuannya sama. Demikian informasi tentang cara memperbaiki status aktif pada forlap dikti, semoga bermanfaat dan jangan panik cobalah berkomunikasi dengan teman 1 angkatan yang juga pernah mengalami hal yang sama dan minta saran terbaik supaya kita bisa cepat menyelsaikannya

Penulis : ERPIANA, S.Pd. (Alumni Universitas Sriwijaya)

2 Responses to "Cara memperbaiki Status Aktif Pada Forlap Dikti Khusus Untuk Universitas Sriwijaya"

  1. Terima kasih banyak mbak atas pencerahannya. sudah stress gara2 no ijazah di info GTK kosong. pas di cek di forlap dikti ehh masih aktif. sudah selesai pemutakhiran data, sudah kirim email lanjut nunggu balesan email dari admin BPHM Unsri.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel