Cara Menggunakan Akun Belajar.id Kemdikbud Untuk Guru dan Siswa Belajar

Sahabat edukasi, Belajar.id merupakan domain akun (email) pembelajaran guru dan siswa yang saat ini dapat digunakan untuk mengakses layanan pembelajaran secara online.

gambar akun pembelajaran belajar.id

Akun pembelajaran ini diterbitkan oleh kemdikbud bertujuan untuk mempermudah Guru dan siswa melakukan pembelajaran secara daring. Dengan akun ini maka guru dan siswa bisa mengakses layanan atau apliaksi pembelajaran yang terkonesi dengan akun ini.

Apa yang dimaksud dengan Akun Pembelajaran ?

Akun Pembelajaran adalah akun elektronik yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kemendikbud dan dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses aplikasi pembelajaran berbasis elektronik.

Akun Pembelajaran bertujuan untuk mendukung kegiatan belajar, baik Belajar Dari Rumah maupun pembelajaran tatap muka, melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi.

Apakah penggunaan Akun Pembelajaran diwajibkan ?

Tidak, penggunaan Akun Pembelajaran bersifat opsional. Dalam hal Akun Pembelajaran tidak diakses oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sama sekali sampai 30 Juni 2021 maka Akun Pembelajaran tersebut akan dinonaktifkan secara otomatis.

Kemendikbud menyarankan peserta didik, pendidik, serta tenaga kependidikan untuk menggunakan Akun Pembelajaran karena:

πŸ‘‰Akun Pembelajaran akan menjadi salah satu jalur komunikasi resmi Kemendikbud ke peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan

πŸ‘‰Akun Pembelajaran akan digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi resmi Kemendikbud; dan

πŸ‘‰Materi dan informasi dari Kemendikbud, misalnya terkait bantuan pemerintah dan Asesmen Nasional, akan dikirimkan ke alamat pos elektronik Akun Pembelajaran.

BACA JUGA : CARA DOWNLOAD DANG AKTIVASI AKUN PEMBELAJARAN GURU DAN SISWA KEMDIKBUD)

Siapa saja yang mendapatkan Akun Pembelajaran ?

Peserta Didik, meliputi:

πŸ‘‰SD dan Program Paket A kelas 5 dan kelas 6;

πŸ‘‰SMP dan Program Paket B kelas 7 sampai dengan kelas 9;

πŸ‘‰SMA dan Program Paket C kelas 10 sampai dengan kelas 12;

πŸ‘‰SMK kelas 10 sampai dengan kelas 13;

πŸ‘‰SLB kelas 5 sampai dengan kelas 12;

Pendidik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah

Tenaga Kependidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, meliputi:

πŸ‘‰Kepala Satuan Pendidikan (Kepala Sekolah)

πŸ‘‰Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) yang terdata di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)

Bagaimana cara menggunakan Akun Pembelajaran?

Setelah pendidik dan peserta didik melakukan aktivasi Akun Pembelajaran, akun tersebut dapat langsung digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang tersedia dalam G Suite for Education (seperti Google Classroom, Google Drive, Google Docs, Google Sheets, Gmail, dan Google Calendar) serta aplikasi pembelajaran lainnya. Daftar aplikasi pembelajaran yang dapat diakses menggunakan Akun Pembelajaran tercantum pada laman www.belajar.id.

Struktur Akun Pembelajaran dalam Google Classroom telah disusun berdasarkan struktur rombongan belajar pendidik dan peserta didik di masing-masing satuan pendidikan, sehingga dapat langsung digunakan.

Mengapa Akun Pembelajaran dibuat dalam bentuk akun Google ?

πŸ‘‰Pembuatan Akun Pembelajaran dalam bentuk akun Google berarti pengguna otomatis mendapatkan akses ke aplikasi-aplikasi pendukung pembelajaran dalam G Suite for Education yang siap pakai dan telah banyak digunakan publik.

πŸ‘‰Pembuatan dan penggunaan Akun Pembelajaran bebas biaya;

πŸ‘‰Penggunaan aplikasi-aplikasi pendukung pembelajaran dalam G Suite for Education bebas biaya;

πŸ‘‰Sistem Google mampu mengelola puluhan juta akun sekaligus dengan keamanan tingkat tinggi; dan Walaupun Akun Pembelajaran dibuat dalam bentuk akun Google, akun yang sama dapat digunakan untuk mengakses aplikasi Kemendikbud, serta berbagai aplikasi pembelajaran lainnya di luar ekosistem Google. Daftar aplikasi pembelajaran yang dapat diakses menggunakan Akun Pembelajaran tercantum pada laman www.belajar.id.

Berikut daftar aplikasi yang bisa diakses guru dan siswa melalui akun pembelajaran kemendikbud.

sumber : https://belajar.id/faq

demikianlah informasi yang dapat laman ini bagikan terkait dengan akun pembelajaran guru dan siswa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel