Jadwal Pendaftaran, Bimtek, Pengimbasan Guru belajar AKM Tahun 2020

Sahabat Guru, kemendikbud sudah membuka jadwal pendaftaran Guru belajar seri AKM mulai hari Selasa 22 Desember tahun 2020. Bagi teman-teman guru yang ingin meningkatkan kompetensi mengenai AKM, segera mendaftar karena jadwal pendaftaran hanya batas 20 Februari 2021.

gambar jadwal pendaftaran Guru belajar AKM

Dikutip dari sittus guru belajar kemdikbud, salah satu tujuan program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum adalah Memahami konsep Asesmen Nasional yang akan dilaksanakan tahun 2021 mendatang.

Tak hanya itu beberapa tujuan dari pelaksanaan kegiata Guru Belajar AKM ini diantaranya adalah :

✅Memahami bentuk pelaksanaan Asesmen Nasional.

✅Menganalisis contoh asesmen literasi membaca pada Asesmen Kompetensi Minimum.

✅Menganalisis contoh asesmen numerasi pada Asesmen Kompetensi Minimum.

✅Membaca dan menindaklanjuti laporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum.

✅Melakukan pengimbasan dengan mengajak rekan guru yang lain untuk mengikuti program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum

Jika teman-teman guru bertanya Siapa saja yang bisa menjadi peserta program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) ? maka jawabannya adalah berikut :

✅Semua Guru SD, SMP dan SMA/SMK.

✅Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA/SMK.

✅Pengawas SD, SMP dan SMA/SMK.

✅Peserta yang berasal dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sederajat SD, SMP, SMA/SMK.

✅Telah memiliki Akun SIMPKB.

👉Apa saja tahapan program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum?

Tahap 1
Bimtek. Pada tahap ini peserta terlebih dahulu mengikuti Orientasi yang membekali peserta mengenai latar belakang, tujuan umum, kebijakan dan alur program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum. Pada tahap Bimtek, peserta akan mengikuti pembelajaran mengenai konsep Asesmen Nasional, konsep Asesmen Kompetensi Minimum, butir soal literasi membaca dan numerasi, serta membaca dan menindaklanjuti hasil Asesmen Kompetensi Minimum dalam kurun waktu selama 5 (lima) hari.

Tahap 2

Pengimbasan. Peserta diharapkan dapat menjadi bagian perubahan pendidikan dengan cara mengajak dan mendampingi guru lain di satuan pendidikan peserta untuk mengikuti Program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum. Peserta mendokumentasikan video pengimbasan dan mengunggah video tersebut pada kanal video berbagi (Youtube) dengan memasukkan link URL video tersebut sebagai syarat untuk mengunduh Piagam Penghargaan.

Pendaftaran Guru Belajar AKM

Bagi teman-teman guru yang ingin mengikuti kegiatan Guru belajar AKM, silahkan catat Jadwal Pendaftaran, Bimtek, dan Pengimbasan Tahun 2020.

1. PENDAFTARAN

👉22 Desember 2020 - 20 Februari 2021

2. BIMTEK
gambar jadwal pendaftaran guru belajar AKM
3. Pengimbasan

👉6 Januari - 24 Februari 2021

Demikianlah informasi tentang pendaftaran Guru Belajar Seri AKM tahun 2020. Semoga bermanfaat untuk Guru yang membacanya. Terima kasih.

sumber : https://gurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-asesmen-kompetensi-minimum/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel