KEUNTUNGAN LULUS MELALUI JALUR SNMPTN DAN SBMPTN

Kenapa sebagian besar lulusan SMA/SMK/MA mengutamakan memilih jalur SNMPTN dan SBMPTN untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi ? Terlepas dari embel-embel Perguruan Tinggi yang berstatus negeri ternyata ada beberapa alasan kenapa mereka memilih SNMPTN dan SBMPTN yaitu:

gambar keuntungan lulus jalur SNMPTN DAN SBMPTN

1. Status perguruan tinggi negeri (PTN)

Ada beberapa keuntungan kenapa harus perguruan tinggi negeri yaitu status negeri akan menambah poin penting ketika kita menerima ijazah nantinya, status pada PDDIKTI (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi) akan sangat jelas dan terdaftar, memiliki data akreditasi perguruan tinggi, jurusan dan program studi yang sangat reliable.

✅2. Hasil seleksi dan ujian masuk SNMPTN dan SBMPTN

Ketika kita berhasil melewati beberapa tahapan seleksi ujian masuk SNMPTN dan SBMPTN maka akan sangat bangga sekali karena bukan hal yang mudah untuk lulus seleksi SNMPTN dan SBNMPTN. Kita harus mengalahkan ribuan pesaing dari seluruh penjuru negeri Indonesia. Sistem seleksi ini semua terbuka untuk lulusan SMA/SMK/MA yang memiliki kualifikasi yang ditentuan perguruan tinggi negeri.

✅3. Biaya pendidikan

Dengan lulus SNMPTN atau SBMPTN artinya kita akan berkuliah di perguruan tinggi negeri yang memiliki kualifikasi biaya pendidikan sesuai dengan kemampuan pekerjaan orang tua kita. Sistem pembiayaan pendidikan PTN memakai sistem uang kuliah tunggal (UKT) yang mulai diperkenalkan pada tahun 2013. Uang kuliah tunggal merupakan sebagian biaya kuliah tunggal yang ditanggung setiap mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonominya.

✅4. Kualitas pendidikan

Status negeri pada perguruan tinggi dianggap memiliki kualitas pendidikan yang baik dengan tenaga pengajar/pendidik yang profesional. Memiliki daya saing yang cukup tinggi karena hasil seleksi dari siswa-siswa terbaik dari seluruh Indonesia sehingga memicu semangat yang tinggi bagi kita yang berkuliah di perguruan tinggi negeri

✅5. Fasilitas belajar

Salah satu alasan lain memilih perguruan tinggi negeri adalah fasilitas belajar yang dilengkapi oleh pihak universitas seperti fasilitas dalam ruang belajar yang nyaman, fasilitas laboratorium praktek dengan sarana prasarana yang mampu menunjang hasil praktek yang memuaskan bagi mahasiswa serta fasilitas penunjang seperti perpustakaan, ruang TIK, internet, dan lainnya. Dengan lengkapnya fasilitas belajar bagi mahasiswa mampu menghasilkan lulusan sarjana yang hanya bukan pintar dalam materi saja melainkan juga praktek untuk persiapan terjun di dunia kerja nantinya. ✅6. Peluang beasiswa

Adanya kesempatan beasiswa bagi mahasiswa dengan mempertimbangkan nilai akademik. Beasiswa bisa berasal dari universitas yang biasanya bisa diajukan kepada bagian administrasi kampus mulai dari semester 3 dan seterusnya. Bahkan ada juga program bidik misi yang memang memberikan keringanan kepada mahasiswa kurang mampu dari semester awal masuk kuliah. Banyaknya kerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar juga menjadi sangat menguntugkan bagi universitas dan mahasiswa yaitu banyaknya tawaran beasiswa lainnya.

✅7. Lulusan terbaik.

Biasanya lulusan dari perguruan tinggi dianggap lebih baik jika dibandingkan dengan lulusan lainnya. Padahal lulusan dari PTN tidak bisa dijadikan parameter seseorang akan menjadi terbaik jika di dunia kerja. Semua tergantung pribadi masing-masing karena kecerdasan seseorang tidak bisa diukur dari lembaran ijazah, setiap orang punya kelebihan masing-masing.

Itulah beberapa keuntungan lulus SNMPTN atau SBNPTN. Jika kalian adalah salah satu yang tidak lulus SNMPTN ataupun SBMPTN jang bersedih karena untuk berkuliah bukan hanya 2 jalur ini saja masih ada jalur seleksi mandiri ataupun memilih perguruan tinggi swasta yang berkualitas dan sebanding dengan perguruan tinggi negeri.

Oke demikianlah artikel singkat ini, Semangat ya adik-adik, semoga bsa meraih cita-cita darimanapun kalian menjadapat lembaran ijazah nantinya

0 Response to "KEUNTUNGAN LULUS MELALUI JALUR SNMPTN DAN SBMPTN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel