RPP PJJ Daring & Luring Ipa kelas 7 Semester Genap 2021

Bismillah, langsung saja. Pada postingan ini guru-id akan berbagi contoh RPP kombinasi antara daring dan luring untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi.

gambar rpp pjj ipa kelas 7 semester 2

Contoh RPP PJJ yang akan guru-id share kali ini khusus jenjang SMP mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas tujuh Semester genap tahun pelajaran 2021.

Tema yang dipelajari adalah Penyusun Tubuh Makhluk Hidup, selanjutnya alokasi waktu 6 Jam Pelajaran. terdiri dari satu kompetensi dasar pengetahuan dan satu kompetensi dasar keterampilan yaitu :

1. Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi utama penyusun sel (KD 3.6)

2. Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan (KD 4.6)

TUJUAN PEMBELAJARAN

Selanjutnya tujuan pembelajaran yang dipelajari pada RPP ini adalah sebagai berikut :

1. Dengan membaca dan mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi bagian-bagian penyusun pada sel hewan dan sel tumbuhan.

2. Dengan pengamatan gambar, peserta didik dapat menjelaskan keuntungan ukuran sel yang sangat kecil.

3. Melalui kegiatan membaca, peserta didik dapat mendeskripsikan struktur penyusun tubuh makhluk hidup.

4. Setelah mempelajari struktur penyusun tubuh makhluk hidup, peserta didik dapat menganalisis kejadian yang berkaitan dengan fungsi organ tubuh di kehidupan sehari-hari

5. Dengan mengerjakan tugas projek, peserta didik dapat membuat model sel hewan atau sel tumbuhan dengan menggunakan bahan yang ada di lingkungan.

6. Melalui kegiatan pembelajaran luring dan daring, peserta didik dapat mengembangkan sikap tanggung jawab, kejujuran, dan kedisiplinan.

BAHAN DAN SUMBER BELAJAR

RPP ini menggunakan bahan dan sumber belajar dari Buku siswa dengan materi organisasi kehidupan atau sumber lain yang relevan dan juga dari INternet.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pada kegiatan pembelajaran menggunakan moda daring dan luring (Kombinasi) disesuaikan dengan sekolah yang melaksanakan pembelajaran sistem shift

Kegiatan pembelajaran dilaksanakan sebanyak 3 kali Pertemuan dengan model Pembelajaran flipped classroom dan Pembelajaran berbasis projek. Adapun contoh kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan adalah berikut :

flipped classroom

Diskusi secara daring tentang tabel Tingkatan Organisasi Penyusun Tubuh Makhluk Hidup dan Penerapannya di kehidupan sehari-hari

Pembelajaran berbasis projek

Siswa membuat model sel secara berkelompok (luring) dengan waktu yang sudah ditentukan pada saat perencanaan

Oke untuk contoh RPP diatas dalam format dokumen word silahkan lihat melalui penampakkan dibawah ini sebagai referensi.



Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan melalui postingan ini. Semoga bermanfaat contoh RPP diatas bisa menjadi referensi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel