TIPS LULUS TES SBMPTN TAHUN 2021

Sudahkah siap menghadapi pilihan masa depan? Ada berniat melanjutkan sekolah di perguruan tinggi negeri atau swasta yang kamu impikan?

gambar tips lolos SBMPTN 2021

Beberapa dari kalian pasti merasa gugup dan terkadang pesimis tidak bisa masuk perguruan tinggi/ swasta yang kalian impikan, karena kalian melihat tahapan seleksi yang rumit serta banyaknya saingan yang kalian anggap tangguh dari seluruh daerah di Indonesia.

Saya memberikan beberapa tips supaya kalian bisa meningkatkan semangat dan optimis bisa masuk perguruan tinggi negeri / swasta yang kalian impikan. Seperti yang kita ketahui proses untuk masuk PTN salah satunya adalah melalui tahap passing grade UTBK.

mempersiapkan tahap seleksi penerimaan di perguruan tinggi, yaitu :

👉1. Kumpulkan informasi seberapa banyak peminat yang mengambil jurusan yang kalian inginkan. Semakin banyak peminat maka semakin banyak pesaing kalian untuk masuk dan lulus seleksi jurusan tersebut

👉2. Cari tau seberapa besar peluang kalian bisa diterima dijurusan yang kalian inginkan dengan mengetahui seberapa favorite jurusan yang kalian inginkan. Karena semakin tinggi ranking atau akreditasinya maka ujian masuk jurusan tersebut juga akan sulit.

👉3. Cari informasi berapa besar passing grade UTBK pada jurusan kalian. Biasanya semakin tinggi ranking dan akreditasi jurusan maka passing grade juga akan semakin tinggi.

👉4. Catat tanggal-tanggal penting untuk ujian masuk perguruan tinggi dan terus update perubahan jadwal karena untuk keadaan sekarang perubahan jadwal akan sangat mungkin terjadi dan peruhannya juga bisa mendadak. Akan sangat kecewa jika kita tidak lulus seleksi karena tidak update jadwal bukan karena kemampuan kita.

👉5. Mulai mempelajari kembali materi yang berkaitan dengan jurusan yang kalian inginkan dengan mencari buku atau referensi online tentang materi jurusan kalian

👉6. Mulai belajar materi yang akan diujikan pada seleksi ujian masuk perguruan tinggi karen jenis tes UTBK terbagi 2 yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan tes potensi akademik (TPA). Bisa dengan membeli buku yang berhubungan dengan tes tersebut yang sangat banyak dijual di toko-toko buku atau kalian bisa mencari soal-soalnya di internet.

👉7. Mencari informasi jurusan dengan menanyakan kepada keluarga, tentangga atau kakak kelas yang berkuliah di jurusan tersebut sehingga kita bisa dengan cepat memahami juran tersebut dan bonusnya mungkin ketiak sudah masuk kuliah kita bisa meminjam buku yang pernah digunakan oleh mereka, hehee

👉8. Jurusan kalian yang inginkan biasanya tidak hanya ada pada perguruan tinggi negeri tapi di perguruan tinggi swasta pun juga ada. Buatlah rencana cadangan jika kalian tidak lulus pada perguruan tinggi negeri maka kalian sudah menentukan perguruan tinggi swasta yang kualitas PTS nya selevel dengan PTN.

Jika kalian tidak masuk perguruan tinggi negeri yang kalian impikan maka itu bukan akhir dunia. Kalian memang seharusnya dari awal sudah mempersiapkan banyak rencana cadangan jika rencana utama kalian gagal.

Perguruan tinggi negeri tidak menentukan kesuksesan seseorang. Tapi tetap harus hati-hati memilih perguruan tinggi perhatikan kualitas perguruan tinggi tersebut mulai dari banyaknya lulusan berkualitas, akreditasi universitas, jurusan dan program studi. Karena untuk mencari pekerjaan sekarang juga memperhitungkan akreditasi universitas, jurusan dan program studi.

Semoga apapun yang kalian inginkan dan impikan bisa tercapai seusai dengan usaha dan doa kalian. Semangatttttt !!!! 

0 Response to "TIPS LULUS TES SBMPTN TAHUN 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel