Jumlah Soal UTBK 2021 Beserta Materinya

Apakah soal utbk 2021 berbeda dengan 2020 ? dan berapakah jumlah soal utbk tahun ini? pertanyaan terkait dengan materi beserta jumlah soal akan guru-id bagikan melalui artikel ini.

gambar UTBK 2021

Ujian Tulis Berbasis Komputer atau dikenal UTBK merupakan salah satu cara yang digunakan atau Jalur untuk bisa masuk ke perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Melalui Postingan ini, saya akan berbagi informasi tentang UTBK tahun 2021. Semoga dengan dipublishnya artikel ini dapat menjawab seputar pertanyaan tentang Materi Tes, Persyaratan peserta, Pendaftaran & Kelompok Ujian pada pelaksanaan UTBK mendatang.

Untuk lebih jelasnya langsung saja baca tulisan ini. Perlu diketahui informasi yang guru-id tulis ini resmi dari LEMBAGA TES MASUK PERGURUAN TINGGI (LTMPT) tahun 2021.

👉 PERSYARATAN PESERTA UTBK 2021

Pertama berikut adalah persyaratan peserta Ujian Tulis berbasis komputer tahun 2021 yang perlu diketahui oleh adik-adik yang ingin masuk perguruan tinggi negeri.

✅Memiliki AKUN LTMPT

✅Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2021 atau peserta didik Paket C tahun 2021 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2021)

✅Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2019 dan 2020 atau lulusan Paket C tahun 2019 dan 2020 dengan umur maksimal 25 tahun

✅Membayar biaya UTBK

✅Hasil UTBK 2021 hanya berlaku untuk penerimaan tahun 2021

✅Persyaratan Peserta

a.Peserta yang akan memilih prodi Saintek, maka mengikuti TPS dan TKA Saintek

b.Peserta yang akan memilih prodi Soshum, maka mengikuti TPS dan TKA Soshum

c. Peserta yang akan memilih prodi campuran (Saintek dan Soshum), maka mengikuti TPS, TKA Saintek dan TKA Soshum

Materi UTBK 2021

Kedua, yang perlu diketahui oleh adik-adik adalah materi tes UTBK tahun 2021. Yakni MATERI TES Terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik(TKA)

👉TES POTENSI SKOLASTIK (TPS)

TPS mengukur KEMAMPUAN KOGNITIF yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan diuji adalah KEMAMPUAN PENALARAN UMUM, KEMAMPUAN KUANTITATIF, PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN UMUM, serta KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN DAN MENULIS. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaaan Matematika Dasar. Pada TPS, sebagian soal disajikan dalam Bahasa

👉TES KOMPETENSI AKADEMIK (TKA)

Mengukur PENGETAHUAN dan PEMAHAMAN KEILMUAN yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten matapelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes adalah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

KELOMPOK UJIAN UTBK 2021
gambar kelompok utbk 2021

Jadi, jumlah soal utbk 2020/2021 mendatang berdasarkan perkiraan waktu pengerjaan sekitar 150-200 butir soal. Walaupun demikian ini hanya perkiraan saja.

Cara Daftar UTBK 2021

Bagaimana cara mendaftar UTBK tahun 2021 ? Untuk lebih jelasnya silahkan adik-adik baca tahapan pendaftarannya melalui laman ini.

👉REGISTRASI AKUN LTMPT WAJIB bagi semua calon pendaftar UTBK - SBMPTN, Menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir di laman

👉Melakukan login username/email dan password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id

👉Memilih menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa Mengisi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru dan verifikasi biodata

👉Memilih menu Pendaftaran UTBK Memilih lokasi Pusat UTBK PTN, jenis ujian dan sesi ujian untuk mendapatkan slip pembayaran.

👉Membayar di Bank (Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN) menggunakan slip pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam

👉Melakukan login kembali ke laman https://portal.ltmpt.ac.id Memilih menu Pendaftaran UTBK untuk mencetak kartu peserta UTBK

👉Mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih

BACA JUGA INFORMASI TERKINI TENTANG : CARA MASUK PTN TAHUN 2021.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan melalui postingan ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Jumlah Soal UTBK 2021 Beserta Materinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel