3 komponen penilaian asesmen literasi membaca

Oke, selanjutnya guru-id akan berbagi informasi tentang 3 komponen penilaian asesmen literasi membaca yang wajib diketahui oleh pendidik.

gambar 3 komponen penilaian asesmen literasi membaca

Langsung saja, berikut adalah ketiga komponen penilaian asesmen literasi membaca yaitu Konten, konteks, proses kognitif. Untuk ulasan singkatnya berikut ini guru-id tuliskan.

Jadi, untuk penilaian literasi Konten sama dengan teks, sedangkat Konteks sama dengan saintis, nah yang terakhir Proses kognitif sama dengan integrasi

Walaupun kita tidak membahas tenntang penilaian numerasi, tapi cukup penting diketahui. Jadi untuk Konten pada penilaian numerasi berupa data, bilangan.

Selanjutnya Proses kognitif ialah penalaran. dan yang terakhir adalah Konteks sama dengan saintifik. Untuk selengkapnya bisa teman-teman guru kembangkan sendiri.

Komponen Instrumen AKM

Agar lebih jelas berikut rangkuman singkat mengenai Komponen Instrumen AKM yang berisi "3 komponen penilaian asesmen literasi membaca"

1. Konten

Teks informasi, Teks yang bertujuan untuk memberikan fakta, data, dan informasi dalam rangka pengembangan wawasan serta ilmu pengetahuan yang bersifat ilmiah.

Teks fiksi, Teks yang bertujuan untuk memberikan pengalaman mendapatkan hiburan, menikmati cerita, dan melaku-kan perenungan kepada pembaca.

2. Proses Kognitif

Menemukan informasi, mencari, mengakses serta menemukan informasi tersurat dari wacana.

Interpretasi dan integrasi, memahami informasi tersurat maupun tersirat, memadukan interpretasi antar bagian teks untuk menghasilkan inferensi.

Evaluasi dan refleksi, menilai kredibilitas, kesesuaian maupun keterpercayaan teks serta mampu mengaitkan isi teks dengan hal lain di luar teks.

1. Konteks

Personal, berkaitan dengan kepentingan diri secara pribadi.

Sosial Budaya, berkaitan dengan kepentingan antar individu, budaya dan isu kemasyarakatan.

Saintifik, berkaitan dengan isu, aktivitas, serta fakta ilmiah baik yang telah dilakukan maupun futuristic.

Oke, semoga dengan membaca ulasan singkat diatas, para pendidik sedikit tahu mengenai 3 komponen asesmen literasi membaca. Guru-id akhiri terima kasih sudah berkunjung

0 Response to "3 komponen penilaian asesmen literasi membaca"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

semoga informasi yang dibagikan bisa menambah wawasan para pembaca

Iklan Tengah Artikel 2

Berita yang dinformasikan melalui halaman ini diharapkan memberikan manfaat lebih kepada seluruh pengunjung.

Iklan Bawah Artikel