Rekrutmen Calon Peserta dan Pengajar Praktik PGP Tahun 2021

Sobat pembaca, Pemerintah kembali membuka peluang bagi seluruh guru di Indonesia untuk ikut serta dalam program Calon Peserta dan Pengajar Praktik PGP Tahun 2021, jika anda menemukan laman ini di google dan memerlukan beberapa informasi terkait, hendaknya anda membaca artikel ini sampai akhir.

gambar Rekrutmen PGP 2021

Apa itu PGP ? sobat guru, PGP kepanjangan dari pendidikan guru penggerak. Nah dikutip dari portal resmi kemdikbud yang beralamat sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id, Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan Pendampingan selama 9 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.

Adapun untuk lebih jelas dan detail mengenai PGP teman-teman guru bisa langsung menuju website resminya dialamat berikut : https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/detil-program/. Insya allah di halaman tersebut dijelaskan secara detil mengenai Program guru penggerak.

Oke sesuai dengan judul postingan, berikut berita terkini mengenai Rekrutmen Calon Peserta dan Pengajar Praktik PGP Tahun 2021. nah untuk lebih jelasnya silahkan baca surat edaran resminya.

Pendidikan Guru Penggerak

Sobat edukasi, melalui PGP kemdikbud akan menyelenggarakan Rekrutmen Calon Peserta dan Pengajar Praktik PGP Tahun 2021, Informasi penting bisa dibaca melalui kutipan surat edaran dirjen gtk berikut

Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 4704/B.B3/GT/2020 tanggal 15 Oktober 2020 tentang Rekrutmen Calon Peserta dan Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Tahun 2021 untuk Angkatan 2, 3, dan 4, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan rekrutmen dan pendaftaran Calon Peserta dan Pengajar Praktik PGP Angkatan 3. Jumlah sasaran pada Angkatan 3 ini adalah 5.600 calon Guru Penggerak dan 586 calon Pengajar Praktik Guru Penggerak dari 56 kabupaten/kota pada 25 provinsi untuk jenjang TK, SD, SMP, dan SMA sesuai daftar terlampir.

Calon Peserta Guru Penggerak dan Pengajar Praktik PGP akan mengikuti proses rekrutmen melalui 2 tahapan seleksi. Informasi kriteria persyaratan peserta, jadwal, dan proses rekrutmen dapat dilihat pada tautan: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon Saudara bersama dengan Tim Program Guru Penggerak Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk menyampaikan informasi ini kepada para guru, kepala sekolah, pengawassekolah, dan insan pendidikan terbaik di wilayah Saudara untuk mengikuti proses rekrutmen tersebut. Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, Saudara dapat menghubungi melalui email guru.penggerak@kemdikbud.go.id.

Jadwal Seleksi PGP Angkatan 3

Berikut adalah informasi resmi mengenai Rekrutmen dan Pendaftaran Calon Peserta Pendidikan Guru Penggerak dan Calon Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 3 yang perlu dibaca.

Rekrutmen dan pendaftaran calon Peserta Pendidikan Guru Penggerak (PGP) dan Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 3 akan dimulai pada 18 Januari 2021. Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 3 akan dilaksanakan pada 23 Agustus 2021 yang berlangsung selama 9 (sembilan) bulan dengan menggunakan pola belajar mandiri terbimbing melalui sistem belajar daring yang telah disiapkan dan dipandu oleh instruktur, fasilitator, dan pengajar praktik PGP.

Proses rekrutmen calon Peserta PGP dan Pengajar Praktik PGP dilakukan melalui tahapan seleksi sebagai berikut.

a. Calon Peserta Pendidikan Guru Penggerak

Tahap 1 : registrasi, pengisian dan penilaian biodata dan esai, serta tes bakat skolastik

Tahap 2 : simulasi mengajar dan wawancara.

b. Calon Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak

Tahap 1 : registrasi, pengisian dan penilaian portofolio, dan esai

Tahap 2 : simulasi mengajar, survei kebhinnekaan, dan wawancara.

Tim rekrutmen calon Peserta PGP dan calon Pengajar Praktik PGP adalah Tim Independen yang telah dibekali dengan pelatihan dan dinyatakan lulus sebagai Asesor dengan mengutamakan prinsip

Kapan jadwal Pelaksanaan Rekrutmen dan Pendaftaran program tersebut? berikut ini info resminya.

Pertama, berikut adalah jadwal Calon Peserta PGP yang dapat dilihat melalui penampakkan gambar dibawah !

gambar jadwal pendaftaran calon peserta pgp 2021

Kedua, berikut adalah jadwal Calon Pengajar Praktik PGP yang dapat dilihat melalui penampakkan gambar dibawah !

gambar Calon Pengajar Praktik PGP 2021

Untuk lebih jelasnya siilahkan download surat edaran resminya melalui tautan dibawah



Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan melalui postingan ini. Semoga bermanfaat info PGP guru penggerak 2021 diatas bisa menjadi referensi.

0 Response to "Rekrutmen Calon Peserta dan Pengajar Praktik PGP Tahun 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

semoga informasi yang dibagikan bisa menambah wawasan para pembaca

Iklan Tengah Artikel 2

Berita yang dinformasikan melalui halaman ini diharapkan memberikan manfaat lebih kepada seluruh pengunjung.

Iklan Bawah Artikel