Contoh Soal Ujian Sekolah SMP Tahun 2021 beserta Panduan Penyusunan Soal PAS

Bismillah, pada postingan kali ini guru-id kembali berbagi informasi mengenai soal ujian Sekolah Tingkat SMP yang wajib dipersiapkan di akhir semester genap tahun pelajaran 2021 Mendatang.

gambar Contoh dan panduan Penyusunan Soal UJian Sekolah Tahun 2021

Selain "contoh soal Ujian Sekolah" Guru-id juga akan berbagi Link Downlod Panduan penyusunan Soal yang langsung diarahkan ke format pdf sehingga lebih mudah disimpan ke perangkat anda.

Adapun Panduan dan contoh Soal-soal Yang tersedia ini lengkap semua mata pelajaran jenjang SMP. File yang guru-id bagikan ini merupakan milik kementerian pendidikan dan kebudayaan yang dutulis dan disusun oleh tim kemdikbud.

Sobat pengajar, berikut adalah ulasan singkat mengenai konsep ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan (sekolah) merupakan proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran peserta didik (siswa) dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis dalam bentuk penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun, dan ujian satuan pendidikan.

Penilaian Akhir Semester

Penilaian Akhir Semester (PAS) digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk pengisian laporan hasil belajar. Penilaian Akhir Tahun (PAT) digunakan untuk salah satu pertimbangan penentuan kenaikan kelas. Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan/Ujian Sekolah (US) merupakan penilaian hasil belajar oleh SatuanPendidikan yang bertujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran. US digunakan untuk salah satu pertimbangan penentuan kelulusan peserta didik dari jenjang pendidikan tertentu.

Kompetensi yang Diuji

PAS mengukur hasil belajar dengan materi semua KD padasemester gasal. PAT dilaksanakanpada akhir semester genap dengan materi semua KD pada semester genap.

US mengukur dan menilai kompetensi peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) sesuai Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 dan SKL tambahan yang ditetapkan sekolah. Dengan demikian, kompetensi yang diujikan dalam PAS, PAT, dan US meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Selain itu, PAS, PAT, dan US seharusnya mampu mengungkapkan kecakapan literasi, berpikir kritis, berpikir kreatif, dan kemampuan komunikasi peserta didik.

Cara Penyusunan Soal

Berikut alur ringkas Langkah-langkah Umum Penyusunan Instrumen Ujian dari kemendikbud, Untuk penjelasan lengkap beserta contohnya bisa didownload file pdfnya di laman ini.

Sobat pengajar, Penyusunan instrumen ujian yang diselenggarakan satuan pendidikan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1) Melakukan analisis SKL (SKL Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 dan yang ditetapkan satuan pendidikan)

2) Menganalisis dan memetakan Kompetensi Dasar (KD) yang sesuai. Untuk "PAS dan PAT" menggunakan seluruh KD pada semester itu. Untuk US menggunakan sampel KD, yakni KD-KD yang mewakili SKL)

3) Menentukan lingkup materi sesuai indikator

4) Merumuskan indikator soal/instrumen dengan memasukkan unsur audience (peserta didik), behavior (perilaku yang diungkap pada butir instrimen), condition (kondisi saat ujian pada butir instrumen dilakukan), dan degree (derajat pencapaian indikator)

5) Menentukan bentuk ujian yang sesuai.

6) Merangkum hasil semua langkah di atas dalam bentuk kisi-kisi

Download Contoh Soal

Untuk lebih jelasnya silahkan download "contoh soal Ujian Sekolah" (US) Tahun pelajaran 2021 semua mata pelajaran melalui tautan dibawah ini beserta panduan penyusunan Soal Ujian yang bersumber dari tim penulis kemdikbud

📁Download Contoh dan Panduan Penyusunan Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran PPKN (SIMPAN PDF)

📁Download Contoh dan Panduan Penyusunan Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (SIMPAN PDF)

📁Download Contoh dan Panduan Penyusunan Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Bahasa Inggris (SIMPAN PDF)

📁Download Contoh dan Panduan Penyusunan Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Matematika (SIMPAN PDF)

📁Download Contoh dan Panduan Penyusunan Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran IPS (SIMPAN PDF)

📁Download Contoh dan Panduan Penyusunan Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran IPA (SIMPAN PDF)

📁Download Contoh dan Panduan Penyusunan Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran PJOK (SIMPAN PDF)

📁Download Contoh dan Panduan Penyusunan Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran SENI BUDAYA (SIMPAN PDF)

📁Download Contoh dan Panduan Penyusunan Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran PRAKARYA (SIMPAN PDF)

AkhirNya

Demikianlah informasi yang dapat dibagikan guru-id pada edisi kali ini. Semoga bermanfaat untuk seluruh pengajar tingkat SMP di seluruh Indonesia. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel