Jadwal Asesmen Nasional terbaru Dan Contoh Soal AKM

Apa benar asesmen nasional diundur? beberapa waktu lalu banyak info beredar mengenai pengunduran kegiatan asesmen nasional dari jadwal semula.

jadwal asesmen Nasional

portal berita seperti detik.com juga sudah membagikan informasi tersebut. Lalu jika benar diundur kapan asesmen nasional akan dilaksanakan?

Untuk memastikan kebenaran informasi tersebut guru-id menelusuri portal resmi milik kemendikbud. Salah satu portal yang memberikan penjelasan mengenai jadwal asesmen nasional adalah situs gtk kemdikbud.

Dikutip dari portal gtk kemdikbud, pemerintah menunda pelaksanaan asesmen nasional karena situasi pandemi yang relatif meningkat. Pergeseran waktu Asesmen Nasional juga bersanding dengan prinsip kesehatan dan keselamatan warga pendidikan adalah yang paling utama

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menjelaskan pentingnya Asesmen Nasional (AN) sebagai baseline bagi kebijakan lainnya.

Jadwal Asesmen Nasional

Berdasarkan informasi dari portal dirjen gtk ternyat benar Kemdikbud mengganti jadwal Asesmen nasional. berdasarkan jadwal yang baru Rencananya asesmen nasional akan dilaksanakan pada bulan September dan Oktober 2021.

“Kalau kita tidak melakukan Asesmen Nasional di tahun 2021 dampaknya akan sangat dramatis, karena dampak dari pandemi ini terhadap learning outcome dan seberapa besar lost yang dihadapi dan mana itu semuanya tidak akan terlihat,” tutur Nadiem.

Data baseline dibutuhkan di antaranya untuk mengetahui mana sekolah, daerah yang paling butuh bantuan dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Bantuan itu baik dari sisi anggaran, kebutuhan pelatihan, serta bentuk dukungan lainnya.

“Kita sudah tidak ada ujian dalam skala nasional di tahun 2020 karena pandemi, dan 2021 pun kalau misalnya tidak dilaksanakan kita tidak akan punya data poin baseline-nya,” jelas Nadiem.

“Artinya kita tidak akan bisa mengetahui mana sekolah-sekolah atau daerah-daerah yang paling tertinggal. Dan kalau kita tidak mengetahui mana sekolah-sekolah yang paling tertinggal, kita tidak bisa membuat strategi penganggaran, strategi bantuan untuk sekolah-sekolah yang paling membutuhkan bantuan kita. Inilah alasan terpenting harus ada baseline terhadap Asesmen Nasional di tahun 2021,” tambahnya.

sumber : https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/asesmen-nasional-diselenggarakan-septemberoktober-2021

Contoh Soal AKM

Selain itu untuk memperkenalkan beberapa referensi contoh soal Asesmen Nasional, guru-id akan berbagi melalui laman ini. Semoga bisa menjadi referensi.

Silahkan lihat : Contoh Soal AKM SD SMP SMA Tahun 2021.

Demikianlah informasi yang dapat guru-id bagikan melalui laman ini. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi yang valid bagi pencari berita asesmen nasional.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel