keterkaitan antara asesmen kompetensi minimum dengan standar kurikulum secara keseluruhan

Sobat edukasi, apa benar sih AKM tidak terikat dengan standar kurikulum secara keseluruhan? Untuk mengetahui jawaban yang memberikan pencerahan kita perlu membuka file tanya jawab tentang Asesmen Nasional.

gambar keterkaitan antara asesmen kompetensi minimum dengan standar kurikulum secara keseluruhan

Tentu saja file tanya jawab yang guru-id bagikan ini resmi milik kemendikbud ya , bukan karangan saya xixiix jadi jawaban yang diberikan sudah pasti punya tujuan yang baik untuk masa depan pendidikan di Indonesia.

Bicara tentang keterkaitan antara asesmen kompetensi minimum dengan standar kurikulum secara keseluruhan, maka Betul bahwa asesmen ini tidak terikat secara erat dengan konten kurikulum. Namun tidak berarti bahwa asesmen ini sama sekali terlepas dari kurikulum. Dari sisi konten, asesmen literasi dan numerasi tentu memperhatikan apa yang (seharusnya) diajarkan oelh guru pada tiap kelas dan jenjang pendidikan. Hanya saja, asesmen ini tidak dimaksudkan untuk mengukur penguasaan siswa atas konten kurikulum secara keseluruhan. (Kemdikbud)

Pada prinsipnya, penguasaan kurikulum secara utuh hanya bisa dinilai oleh guru menggunakan sumber informasi yang beragam dari interaksi sehari-hari dengan siswa. Terlebih lagi, kurikulum tiap sekolah bisa berbeda karena masing-masing memiliki kewenangan untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan visi dan karakteristik siswanya.

Dengan adanya referensi jawaban diatas, guru-id berharap guru yang sedang mecari referensi bisa bertambah wawasannya. Khususnya para peserta bimtek guru belajar seri akm tahun 2021.

NEXT POSTINGAN : jawaban asesmen pra program tahap 1

Demikianlah informasi yang dapat guru-id bagikan, semoga bermanfaat dan memberikan stimulus pada pola pikir anda mengenai Asesmen kompetensi minimum.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel