kunci Jawaban Tema 6 kelas 5 hal 169

Sobat edukasi, apa kabar? semoga dalam keadaan sehat walafiat. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kegiatan belajar mengajar Semester Genap Tahun pelajaran 2020-2021 telah berjalan hampir satu bulan.

gambar kunci jawaban tema 6 hal 169

Artinya Guru dan siswa sudah mulai melakukan aktivitas seperti sedia kala yakni berinteraksi untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Walau demikian ada yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan belajar tidak sepenuhnya dilakukan secara tatap muka, karena daerah yang terdaftar sebagai zona merah wajib melakukan pembelajaran jarak jauh.

Namun tetap saja Salah satu sumber belajar bagi siswa dan guru adalah buku tematik kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Buku tematik inilah yang menjadi pendukung kegiatan belajar dan mengajar guru dan siswa baik moda daring maupun luring. sebab, sudah disusun dengan tujuan mempermudah siswa dan guru mempelajari setiap materi pelajaran kurikulum 2013.

Pada buku tematik semester 2 tiap kelas terdiri dari 4 tema. Misalnya buku kelas 5 terdiri dari tema 6 7 8 9. Dari sini guru bisa berkreasi membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan model pembelajaran yang menyenangkan tapi menstimulus siswa

Kunci jawaban Tema 6 kelas 5

Biasanya di awal semester, peserta didik disibukkan dengan mengerjakan tugas-tugas dari guru yang soalnya diambil dari Buku siswa tematik. nah soal-soal inilah yang akan menjadi bahan evaluasi guru untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan guru dalam mendidik siswanya.

Pada buku siswa setiap materi yang diajarkan maka akan ada tugas berupa tugas baik tes tertulis maupun tes keterampilan (praktik). Jadi setiap halaman sudah berisi soal-soal Yang akan diujikan ke siswa.

Sesuai dengan judul posting penulis berencana membagikan referensi jawaban soal-soal pada buku tematik siswa kelas 5 tema 6. Insya allah kalau sudah selesai dijawab semua soal-soalnya akan penulis tampilkan melalui laman blog ini sehingga siswa yang ingin mencari jawaban soal bisa dengan mudah mendapatkannya

Bagi adik-adik ataupun rekan-rekan pendidik yang membutuhkan referensi terkait dengan soal-soal yang ada pada buku siswa kelas 5 tematik, maka bisa mendapatkan kunci jawaban nya melalui laman ini dan link kunci jawaban akan diaktifkan setelah soal selesai tim kerjakan. Jadi mohon bersabar bagi pengunjung blog ini.

Kunci Jawaban Hal 169

Pada buku siswa tema 6 kelas 5 materi yang dipelajari adalah tentang Panas dan Perpindahannya, Sehingga peserta didik harus menguasai materi tiap subtema dan pembelajaran agar mampu menjawab soal-soal.

Berikut adalah "kunci jawaban tema 6 kelas 5 halaman 169" setiap halaman dan persubtema .

Pertama-tama Pada kegiatan ayo membaca halaman 168 mari kita baca wacana dibawa ini untuk memahami soal-soal nya

Permasalahan Sosial di Sekitar Kita

Setiap warga negara, mempunyai tanggung jawab yang harus dilaksanakan sesuai perannya di dalam masyarakat. Salah satu bentuk tanggung jawabnya adalah melaksanakan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara. Nilai-nilai dalam Pancasila, menjamin terjadinya masyarakat yang saling menghargai demi kepentingan bersama. Apa saja akibat yang akan terjadi bila anggota masyarakat tidak melaksanakan tanggung jawabnya? Salah satu akibatnya adalah terjadinya masalah sosial. Berikut ini adalah jenis-jenis permasalahan sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat.

a. Sampah

Salah satu kebiasaan tak terpuji adalah membuang sampah sembarangan. Misalnya, siswa membuang bungkus permen dan makanan di ruang kelas, di halaman sekolah atau di selokan dekat sekolah. Warga masyarakat membuang sampah dapur di parit, di saluran air atau di sungai. Sampah pasar, sampah toko, dan sampah kantor, banyak berserakan sampai ke jalan raya, karena tak tertampung di bak sampah. Hal ini terjadi, karena banyak orang tidak bertanggung jawab menjaga lingkungan mereka dengan membuang sampah sembarangan. Sampah yang bertebaran di sekolah mengurangi keindahan sekolah karena tidak sedap dipandang dan mengganggu kegiatan belajar mengajar. Hal ini mengurangi kenyamanan para siswa yang belajar di sekolah. Sampah yang berserakan di jalan raya, mengakibatkan jalan tampak sempit. Jalan menjadi kotor dan licin. Arus lalu lintas kendaraan menjadi tidak lancar, dan membahayakan para pengguna jalan. Hal ini memengaruhi kenyamanan dan keamanan para pengguna jalan tersebut.

b. Kali atau Sungai yang Kotor

Kali atau sungai kadang-kadang dijadikan tempat pembuangan sampah bagi warga masyarakat. Pabrik-pabrik atau industri-industri, juga banyak yang membuang limbah ke kali tanpa diolah terlebih dulu. Sementara itu, ada juga orang-orang yang mendirikan bangunan di bantaran kali. Semua ini membuat kali menjadi kotor dan daya tampungnya berkurang. Akibatnya, pada musim penghujan air kali meluap. Menggenangi daerah sekitar, sawah-sawah dan permukiman penduduk. Menurunnya kualitas lingkungan sekitar dan banjir yang diakibatkannya membuat masyarakat merasa tidak nyaman.

c. Bangunan Liar

Bangunan liar sering kita jumpai berada di atas saluran air, di trotoar, di taman-taman kota dan di kolong-kolong jalan layang. Pada umumnya bangunan liar berupa bangunan sementara yang didirikan di tempat yang tidak seharusnya. Hal ini akan menyebabkan masalah kesehatan dan kebersihan lingkungan yang menimbukan ketidaknyamanan masyarakat pada umumnya.

d. Kemacetan Lalu Lintas

Kemacetan lalu lintas sering terjadi pada saat jam berangkat sekolah atau jam berangkat kerja. Salah satu penyebab kemacetan lalu lintas antara lain banyak pengguna jalan yang tidak melakukan kewajibannya untuk menaati aturan lalu lintas. Hal tersebut dapat menimbulkan ketidakamanan dan ketidaknyamanan para pengguna jalan dan masyarakat sekitarnya.

Soal dan Jawaban

Temukanlah pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan melakukan kegiatan berikut ini.

1. Siapkan sejumlah kartu pokok pikiran seperti contoh di bawah ini sesuai dengan jumlah paragraf pada bacaan di atas.

👉referensi jawaban :
  1. Paragraf 1 : tanggung jawab warga sesuai perannya
  2. Paragraf 2 : akibat warga negara tidak melaksanakan tugasnya
  3. Paragraf 3 : Kebiasaan tidak terpuji dengan membuang sampah sembarangan
  4. Paragraf 4 : sungai dijadikan tempat pembuangan sampah
  5. Pragraf 5 : Bangunan liar didirikan di fasilitas umum
  6. paragraf 6 : Kemacetan pada jam sibuk warga

2. Bacalah kembali bacaan tersebut dan temukan pokok pikiran di setiap paragrafnya.

👉referensi jawaban :

3. Tuliskanlah pokok pikiran tersebut pada lembar kertas kecil yang telah kamu siapkan.

👉referensi jawaban :

4. Diskusikanlah pokok pikiranmu dengan teman-teman di dalam kelompokmu. Berikan komentar dan saran yang membangun untuk setiap pokok pikiran yang dibuat temanmu.

👉referensi jawaban :

5. Kelompokkan pokok pikiran yang sama pada setiap paragraf.

👉referensi jawaban :

6. Ambillah sebuah karton, lalu tuliskan di bagian paling atas judul bacaan.

👉referensi jawaban :

7. Buatlah garis-garis penghubung sesuai jumlah paragraf yang ada.

👉referensi jawaban :

8. Tempelkan semua pokok pikiran yang dibuat teman sekelompokmu sesuai paragrafnya.

👉referensi jawaban :

9. Buatlah sebuah paragraf untuk membuat kesimpulan terhadap bacaan tersebut.

👉referensi jawaban :

10. Presentasikanlah hasil analisis bacaanmu di depan kelas. 👉referensi jawaban : Akhir kata

Mohon maaf jika jawaban soal pada halaman 169-170 belum lengkap. Insya allah akan segera ditulis setelah selesai pengerjaannya. terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel