PGRI minta Pemerintah Kaji Ulang Rencana Tidak adanya Formasi CPNS Guru Tahun 2021

Ayo Baca Press Release Pengurus Besar PGRI terkait dengan rencana kebijakan pemerintah tahun 2021 mendatang yakni meniadakan formasi CPNS Guru tahun 2021 mendatang.

gambar info pgri 2021

Oke langsung saja berikut kutipan pernyataan sikap PGRI pengurus besar.

Sehubungan dengan rencana pemerintah mengeluarkan formasi guru dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai tahun 2021, PGRI menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

👉1. Memohon agar Pemerintah (Kemenpan RB, Kemendikbud, BKN) mengkaji ulang rencana kebijakan tersebut. Semestinya pemerintah tetap membuka dua jalur rekrutmen guru, yakni melalui CPNS dan PPPK karena ditilik dari tujuannya, PPPK dan CPNS memiliki sasaran berbeda.

👉2. Perekrutan PPPK ditujukan untuk memberikan kesempatan dan sebagai penghargaan kepada para guru honorer yang berusia di atas 35 tahun untuk memperoleh kepastian status kepegawaiannya. Sedangkan formasi guru CPNS membuka kesempatan bagi lulusan pendidikan di bawah usia 35 tahun yang berminat menjadi pegawai negeri sipil dan memberi kesempatan kepada guru sebagai ASN.

👉3. Peran guru sangat strategis dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, karena itu rencana keputusan pemerintah tentang perubahan status guru ini dipandang PGRI dapat membuat profesi guru menjadi kurang dipandang karena tidak ada kepastian status kepegawaian dan jenjang karier.

👉4. Rencana kebijakan ini dipandang PGRI sebagai bentuk diskriminasi terhadap profesi guru dan menyebabkan lulusan terbaik dari SMA tidak berminat meneruskan studi lanjut di berbagai jurusan pendidikan di LPTK, akibat ketidakpastian status kepegawaian dan karier profesi guru, sehingga dikuatirkan akan terjadi penurunan kualitas pengajar di masa mendatang.

👉5. Sehubungan dengan hal di stas. PGRI akan menyampaikan surat permohonan peninjauan kembali atas kebijakan di atas.

Marilah kita bersama-sama memberikan perhatian yang besar kepada masa depan pendididkan anak bangsa melalui ketercukupan dan kualitas guru dan tenaga ke pendidikan.

Demikian pernyataan sikap PGRI, semoga semua pihak maklum adanya

Untuk melihat file lengkapnya silahkan download melalui tautan dibawah !



Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan melalui postingan ini. Semoga info diatas bisa bermanfaat untuk pengunjung.

sumber : facebook

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel