refleksi topik 5 tindak lanjut laporan hasil akm

Apa kabar sahabat guru pembelajar? semoga anda selalu diberi kesehatan dan semangat sehingga bisa terus belajar dan menyelesaikan tugas-tugas guru pada episode guru belajar seri akm tahun 2021 yang diselenggarakan kemdikbud.

gambar refleksi topik 5 tindak lanjut laporan hasil akm

Oke, bagi teman-teman guru yang telah menyelesaikan stage sebelumnya, maka wajib membuat laporan hasil akam pada refleksi topik 5.

Nah sebelum kita menuju pembahasan mengenai contoh laporan hasil akm, berikut guru-id bagikan materi yang dipelajari pada kegiatan Bimbingan teknis guru belajar seri AKM Tahun 2021.

๐Ÿ‘‰1. Mengidentifikasi 4 Kategori Tingkat Penguasaan Kompetensi

๐Ÿ‘‰2. Menjelaskan Perbedaan Pembelajaran Berbasis Kompetensi dengan Berbasis Konten

๐Ÿ‘‰3. Analisis Kategori Penguasaan Kompetensi untuk Tindak Lanjut Pembelajaran

๐Ÿ‘‰4. Merekomendasikan Strategi Pembelajaran Berdasarkan Hasil Laporan Asesmen Kompetensi Minimum

๐Ÿ‘‰5. Contoh Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi pada Mata Pelajaran

๐Ÿ‘‰6. Segitiga Belajar: Kurikulum, Asesmen dan Pembelajaran

๐Ÿ‘‰7. Kuis Tindak Lanjut Laporan Hasil Asesmen Nasional

๐Ÿ‘‰8. Kuis Tindak Lanjut Laporan Hasil Asesmen Nasional

๐Ÿ‘‰9. Perayaan Belajar dan Refleksi Topik 5: Tindak Lanjut Laporan Hasil AKM

๐Ÿ‘‰10. Refleksi Topik 5: Tindak Lanjut Laporan Hasil AKM

Selanjutnya melalui laman ini guru-id, selain memberikan referensi laporan hasil AKM, guru-id juga mendoakan semoga teman-teman yang sedang membaca postingan di blog ini lolos dan mendapat sertifikat guru belajar seri akm.

Lalu jika teman-teman bertanya mengapa tidak lulus Tidak Lulus Bimtek Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)? Maka kemungkinan peserta/guru belum menyelesaikan semua materi/tugas.

Selain itu, bisa juga karena kondisi berikut ini :

1. Tidak menuntaskan Bimtek sesuai waktu yang telah ditentukan.

2. Pencapaian masih di bawah 70% setelah 3 (tiga) kali kesempatan mengerjakan Asesmen Pasca Program.

Tapi jangan kecewa dan bersedih karena peserta tersebut masih dapat mengulang Bimtek Guru Belajar seri AKM pada angkatan berikutnya dengan memilih jadwal kembali.

Laporan Hasil AKM

Sesuai dengan judul postingan guru-id akan memberikan referensi jawaban mengenai Kuis Tindak Lanjut Laporan Hasil Asesmen Nasional tahun 2021 tingkat sd smp sma.

Jawaban dibawah bisa dijadikan referensi untuk peserta yang masih menyelesaikan stage ini

Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi siswa pada kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi pada satuan pendidikan.

๐Ÿ‘ŒBenar
Salah

Pembelajaran yang dirancang dengan memperhatikan tingkat kompetensi siswa akan memudahkan siswa menguasai konsep, keterampilan dan konten yang diharapkan pada suatu mata pelajaran.

๐Ÿ‘ŒBenar
Salah

Pada pembelajaran berbasis kompetensi, siswa diharapkan mampu mendemonstrasikan penguasaan konsep, keterampilan dan pengetahuan sebagai proses pembelajaran.

๐Ÿ‘ŒBenar
Salah Karakteristik utama dari pembelajaran berbasis kompetensi adalah fokusnya pada capaian hasil akhir berupa nilai.

Benar
๐Ÿ‘ŒSalah

Tantangan pembelajaran berbasis kompetensi bagi guru semua mata pelajaran antara lain adalah, kemampuan untuk mengidentifikasi tahapan kompetensi dasar siswanya termasuk literasi dan numerasi.

๐Ÿ‘ŒBenar
Salah

Pembelajaran berbasis konten belajar untuk cakupan materi. Pembelajaran berbasis kompetensi belajar untuk pemahaman konsep dan menerapkan keterampilan.

๐Ÿ‘ŒBenar
Salah

Laporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum dapat menjadi rekomendasi bagi guru-guru dari setiap mata pelajaran untuk memperbaiki atau menyesuaikan strategi pembelajaran yang lebih sesuai dengan tingkat kompetensi yang aktual.

๐Ÿ‘Benar
Salah

Kompetensi diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan suatu kinerja dengan baik, misalnya mampu melakukan tugas atau pekerjaan secara efektif.

๐Ÿ‘ŒBenar
Salah

Kekuatan pembelajaran berbasis kompetensi terletak pada materi yang telah disediakan.

Benar
๐Ÿ‘ŒSalah

Sebaiknya semua siswa mencapai level mahir dalam waktu yang bersamaan.

Benar
๐Ÿ‘ŒSalah

MUNGKIN DIBUTUHKAN ANDA ? ==> refleksi topik 3 asesmen literasi membaca

tindak Lanjut Laporan Hasil AKM

Berikut adalah Soal dan Referensi Jawaban Kuis Refleksi Topik 5 yang guru-id sajikan guna memberikan referensi untuk teman-teman guru.

Soal Kuis Refleksi Topik 5

Setelah mempelajari laporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum, Anda kemudian akan membuat rencana tindak lanjut pada strategi pembelajaran di kelas Anda. Perubahan apa yang akan Anda lakukan di kelas terkait pembelajaran yang berbasis kompetensi?

Jawaban Kuis

Yaitu dengan menganalisis kemampuan setiap kompetensi peserta didik kemudian mengelompokkannya berdasarkan 4 kategori, antara lain: Perlu Intervensi Khusus, Dasar, Cakap, dan Mahir. Sehingga guru dapat memberikan pembelajaran dengan pendekatan tersendiri sesuai dengan tingkat kemampuan penguasaan kompetensi yang dimiliki peserta didik.

Oke, demikianlah informasi yang dapat guru-id bagikan, semoga bermanfaat untuk teman-teman guru yang mengikuti program guru belajar seri akm tahun 2021.

0 Response to "refleksi topik 5 tindak lanjut laporan hasil akm"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

semoga informasi yang dibagikan bisa menambah wawasan para pembaca

Iklan Tengah Artikel 2

Berita yang dinformasikan melalui halaman ini diharapkan memberikan manfaat lebih kepada seluruh pengunjung.

Iklan Bawah Artikel