Cara Verifikasi akun PTK dapodik 2021 c Dan Solusi Gagal Tambah Akun Karena Email Sudah terdaftar

Sobat data, pada postingan kali ini guru-id akan berbagi sedikit pengalaman yang mungkin saja bisa bermanfaat untuk teman-teman yang sedang mengalami permasalahan ini.

gambar verifikasi akun ptk dapodik berhasil

Jadi ceritanya Sekolah tempat saya bertugas kedatangan CPNS baru yang belum sama sekali terdaftar di dapodik "katanya". Tapi anehnya setelah datanya masuk di server dapodik pusat atau yang kita kenal manajemen sp datadik ptk tersebut gagal ditambahkan akun.

Ketika ditambahkan akun menggunakan email yang yang bersangkutan muncul notif "email sudah terdaftar". memang benar sih sudah terdaftar di dapodik, karena email tersebut sudag di daftarkan oleh admin/operator dinas di sp datadik.

Itulah mengapa ketika ditambahkan akun muncul notif email sudah terdaftar. Lalu dampaknya bagi akun si PTK apa? tentu saja tidak bisa verifikasi akun. Walaupun menggunakan email baru.

Solusinya bagaimana ? Oke sebelum menuju pembahasan, sedikit guru-id tuliskan pengalaman ini mengenai cara menambahkan CPNS baru di dapodik 2021 c yang belum pernah terdaftar.

Cara Menambah Guru CPNS Baru di Dapodik

PTK yang dimaksud pada artikel merupakan ptk yang belum pernah terdaftar di aplikasi dapodik. Jika sudah terdaftar silahkan abaikan panduan ini.

👉 Pertama, silahkan bawa persyaratan yang dibutuhkan, kemudian serahkan ke admin dinas pendidikan kabupaten/kota wilayah kerja anda.

👉 kedua, setelah data anda di tambahkan oleh admin dinas silahkan beritahukan ke operator dapodik sekolah tempat kerja anda agar segera melakukan sinkronisasi atau tarik data agar data anda masuk ke dapodik lokal.

Sampai di langkah ini, data anda sudah masuk ke dapodik lokal, nah selanjutnya akan banyak data yang perlu diisi di dapodik seperti data riwayat pendidikan formal, Riwayat karir guru, kompetensi, data pembelajaran, jadwal, SK cpns, dan juga SK berkala

Semua data diatas jika tidak diisi akan berdampak invalid pada aplikasi dapodik sehingga operator tidak bisa sinkron.

Lalu untuk mengisi data-data invalid cpns baru, syaratnya PTK tersebut wajib memiliki AKUN di portal sp datadik, ini yang akan guru-id sesuai judul ppstingan.

Cara Tambah Akun PTK baru

Penambahan akun ptk baru di manajemen sekolah merupakan salah satu tugas operator dapodik. Jadi silahkan hubungi operator dapodik di wilayah kerja anda.

Sebelum menambahkan akun PTK baru, operator sekolah wajib :

1. Meminta PTK tersebut untuk menyiapkan email baru yang akan digunakan untuk akun dapodik

2. Meminta operator Dinas untuk menghapus email yang telah terdaftar melalui manajemen Dinas agar proses verifikasi akun berjalan lancar

SELANJUTNYA...

👉Untuk menambahkan akun PTK baru silahkan kunjungi website sp datadik kemdikbud di alamat berikut : https://sso.datadik.kemdikbud.go.id/ lalu klik login SSO

👉Berikutnya login menggunakan email dan pasword yang telah terdaftar. setelah berhasil masuk, di beranda sp datadik silahkan klik menu AKUN

👉 Berikutnya pilih "Tambah Akun", kemudian jenis akun pilih PTK, nama pilih nama PTK, username masukkan email baru, lalu password isikan sesuai keinginan.

👉 Langkah berikutnya klik tombol SIMPAN. Sampai disini proses tambah akun ptk sudah selesai, nah berikutnya...

Verifikasi Akun PTK

verifikasi akun PTK di dapodik merupakan tugas PTK yang bersangkutan, namun jika ptk tersebut belum mengerti, saya kira tidak ada salahnya jika operator sekolah memberikan petunjuk atau membantu ptk tersebut.

Adapun cara verifikasi akun ptk pada manajemen PTK Datadik sangatlah mudah. pertama pastikan PTK yang bersangkutan sudah :

1. Mengetahui email dan password login ke web ptk datadik kemdikbud.

2. Mengetahui email dan password baru yang telah dibuat.

CARANYA

👉 kunjungi portal manajmen PTK dapodik di alamat web berikut : "https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/", berikutnya klik login menggunakan SSO.

👉login menggunakan email dan pasword yang telah dibuat operator sekolah. Kemudian klik tombol masuk.

👉Pada beranda PTK, silahkan klik menu "Biodata" kemudian pada submenu pilih dan klik menu AKUN.

👉Sleanjutnya pada laman berikutnya klik tombol "verifikasi sekarang", lalu klik tombol Lanjutkan.

👉 Buka email yang terdaftar, kemudian cek kotak masuk atau folder SPAM, lalu Salin kode verifikasinya. Kemudian pastekan di form kode verifikasi ptk datadik dan klik simpan.

Tarik Data

berikutnya agar perubahan data di manajemen dapodik pusat masuk ke dapodik lokal sehingga bisa mengisikan data-data invalid ptk baru tersebut silahkan operator dapodik melakukan tarik data.

Setelah selesaid berhasil tarik data, gunakan menu tukar pengguna untuk masuk ke akun PTK baru tersebut, dan mulailah mengisikan data-data yang dibutuhkan agar tidak invalid lagi.

Selanjutnya silahkan laukuan sinkronisasi aggar perubahan data PTK tersebut masuk ke server.

Akhirnya

Demikianlan pengalaman yang dapat guru-id bagikan melalui postingan ini. Semoga bermanfaat dan menjadi solusi bagi teman-teman yang membutuhkan. jika ada kekurangan atau penyampaian yang kurang dipahami, mohon dimaklumi

0 Response to "Cara Verifikasi akun PTK dapodik 2021 c Dan Solusi Gagal Tambah Akun Karena Email Sudah terdaftar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Iklan Tengah Artikel 2

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Iklan Bawah Artikel