Soal PTS Tema 8 Kelas 4 dan Kunci Jawaban Tahun 2021

Sobat edukasi, Khususnya guru jenjang Sekolah dasar (SD) yang sedang mencari referensi di blog ini. Sesuai dengan judul postingan guru-id melalui laman ini akan berbagi bahan belajar siswa untuk persiapan penilaian tengah semester genap.

gambar soal pts kelas 4 tema 8

Sebagaimana kita sama-sama ketahui, Bahwa Pada Tahun 2021 mendatang Siswa kelas 4 SD/Mi akan diujikan dengan Soal-Soal AKM (Asesmen kompetensi Minimum) oleh pemerintah.

Tahun 2020 adalah tahun terakhir pelaksanaan Ujian Nasional. Nah salah satu syarat penentu kelulusan adalah nilai ujian sekolah, regulasi baru ini berdasarkan surat edaran mendikbud nomor 1 tahun 2020.

Adakah soal AKM SD ??? Jawabannya sampai saat ini puspendik belum mempublikasikan link simulasi online AKM jenjang SD. Namun untuk SMP sudah tersedia.

Oke langsung saja Menjelang Penilaian tengah semester (PTS) jenjang SD dan sesuai dengan judul Posting, berikut adalah latihan "soal-soal pts tema 8 kelas" yang bisa dipelajari adik-adik untuk persiapan mengahadapi PTS semester genap mendatang, soal ini tentunya sangat jauh berbeda dengan Penilaian AKM

Adapun soal yang guru-id bagikan ini dalam bentuk pilihan ganda dan essay, diakhir soal ada kunci jawabannya untuk dibahas.

Soal-soal ini hanyalah referensi saja dan bisa dikembangkan oleh teman-teman guru sesuai kebutuhan masa kini.

PTS Kelas 4 tema 8



I. Berikan tanda silang (x) pada jawaban yang benar !

1. Sikap dalam menghadapi perbedaan Agama antarteman yaitu..

a. Menghormati teman yang sedang melakukan ibadah.
c. Mengusilkan teman yang berbeda agama.
b. Memilih dalam berteman
d. Membuat keributan ketika ada teman yang sedang melakukan ibadah.

2. Keberagaman karakteristik yang ada di rumah meliputi, kecuali…

a. Jenis kelamin
c. Usia
b. Kegemaran
d. Tempat tinggal

3. Setiap hari Ahad pagi Doni bermain badminton Bersama dengan teman- temannya, sedangkan Ayah melakukan Lari pagi di Alun- laun kota. Perbedaan karakteristik yang ada pada Doni dan Ayah adalah..

a. Kegemaran
c. Usia
b. Fisik
d.Tempat tinggal

Soal No 5- 8

Si Pitung

Suatu sore Si Pitung melihat kelakuan anak buah Babah Liem yang sewenang-wenang. Babah Liem adalah tuan tanah di daerah tempat tinggal Si Pitung. Dia dan anak buahnya sering merampas harta rakyat dan menarik pajak tinggi. Sebagian hasil rampasan itu diberikan kepada pemerintah Belanda.

Si Pitung bertekad untuk melawan anak buah Babah Liem. Kemudian, dia berguru kepada Haji Naipin, seorang ulama yang juga pandai ilmu bela diri. Si Pitung cepat menguasai semua ilmu yang diajarkan oleh Haji Naipin. ”Pitung, gunakan ilmu yang kuberikan untuk membela orang-orang yang tertindas. Jangan sekali-kali kau gunakan ilmumu ini untuk menindas orang lain,” pesan Haji Naipin.

Sekarang Si Pitung sudah siap melawan anak buah Babah Liem. Dia menghentikan ulah anak buah Babah Liem yang sedang merampas harta rakyat jelata.

”Heh, Anak Muda! Siapa kau? Beraninya menghentikan kami!” tanya salah satu anak buah Babah Liem. ”Kalian tak perlu tahu siapa aku. Yang jelas, aku akan menghentikan ulah kalian selamanya,” jawab Si Pitung. Anak buah Babah Liem menyerang Si Pitung. Namun, Si Pitung bisamengalahkan mereka semua. Sejak saat itu, nama Si Pitung terkenal di kalangan penduduk.

Si Pitung memutuskan untuk mengabdikan hidupnya pada rakyat jelata. Dia bertekad untuk mengambil kembali hak yang sudah dicuri oleh tuan tanah dan mengembalikannya kepada rakyat. Dia mengajak beberapa temannya untuk bergabung dengannya. Kelakuan Si Pitung tidak disukai oleh tuan tanah dan juga pemerintah Belanda. Mereka mengeluarkan perintah untuk menangkap Si Pitung. Namun, Si Pitung amat cerdik. Dia selalu berpindah tempat sehingga pemerintah Belanda dan juga tuan tanah tidak bisa menangkapnya. Karena kesal, pemerintah Belanda menggunakan cara licik. Mereka menangkap Pak Piun, ayah Si Pitung dan Haji Naipin. Salah satu pejabat pemerintah Belanda yang bernama Schout Heyne mengumumkan bahwa jika Si Pitung tak menyerah, Pak Piun dan Haji Naipin akan dihukum.

Si Pitung mendengar berita tentang penangkapan ayah dan gurunya itu. Kemudian, dia menghadap Schout Heyne dan menyerahkan diri. Dia tak mau ayah dan gurunya menderita.

”Pitung, kau telah meresahkan banyak orang dengan kelakuanmu itu. Untuk itu, kau harus dihukum tembak,” kata Schout Heyne. ”Kau tidak keliru? Bukannya kau dan tuan tanah itu yang meresahkan orang banyak? Aku tidak takut dengan ancamanmu!” jawab Si Pitung.Schout Heyne benar-benar melaksanakan ancamannya. Si Pitung dihukum tembak. Hidup Si Pitung berakhir di ujung peluru. Namun, kisah kepahlawanannya tetap dikenang. Si Pitung, si pahlawan rakyat jelata.

Sumber: Dian K, 100 Cerita Rakyat Nusantara, Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2014.

5. Tokoh utama dalam cerita “Si Pitung” adalah…

a. Haji naipin
c. Babah liem
b. Pak piun
d. Si pitung

6. Tokoh antagonis pada cerita “Si Pitung” adalah…

a. Haji naipin
c. Babah liem
b. Pak piun
d. Si pitung

7. Tokoh yang bernama Haji Naipin pada cerita “ Si Pitung” merupakan tokoh..

a. Deutragonis
c. Antagonis
b. Campuran
d. Protagonis

8. Watak si pitung di dalam cerita adalah…

a. Pemberani dan Peduli
c. Peduli dan baik hati
b. Pemberani dan penyabar
d. Baik hati dan penyabar

9. Perbedaan petani di daerah dataran rendah dan petani di daerah dataran tinggi terletak pada tanaman yang mereka tanam. tanaman yang di tanam di dataran tinggi adalah…

a. Padi dan palawija.
c. Bawang dan palawija
b. Kol dan wortel
d. kubis dan Palawija

10. kondisi geografis negara Indonesia merupakan salah faktor yang menyebabka perbedaan mata pencaharian penduduk Indonesia. Dari kondisi tersebut mata pencaharian yang paling banyak di lakukan masyarakat di Indonesia adalah…

a. Berlayar
c. Budi daya ikan
b. Bertani
d. Berburu

12. Orang yang melakukan kegiatan menghasilkan barang dan jasa disebut..

a. Konsumsi
c. Produksi
b. Konsumen
d. Produsen

13. karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume disebut…

a. Karya dua dimensi
c. Karya satu dimensi
b. Karya tiga dimensi
d. Karya empat dimensi

14. Pada notasi angka lagu Yamko Rambe Yamko menggunakan nada yang di gunakan adalah…

a. Nada tinggi dan nada sedang.
c. Nada tinggi dan nada cepat.
b. Nada tinggi dan nada rendah.
d. Nada Lambat dan nada sedang.

Untuk file lengkap soal-soal lengkap dibawah silahkan menghubungi editor soal melalui nomor wa berikut : 085273216532.



Akhirnya

Penulis akhirkan informasi ini, dan penulis berharap Postingan ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk pembaca.

0 Response to "Soal PTS Tema 8 Kelas 4 dan Kunci Jawaban Tahun 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Iklan Tengah Artikel 2

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Iklan Bawah Artikel