verval tik : edit komputer client, server, moda pelaksanaan anbk 2021

Sobat proktor, portal verval tik kemdikbud merupakan laman utama yang digunakan untuk mengedit jumlah komputer client, server, mengganti moda pelaksanaan dan juga mengedit insfrastruktur lainnya. bagaimana cara verval tik? lanjutkan membaca postingan ini hingga akhir.

Baru-baru ini portal dapo kemdikbud mempublikasikan berita mengenai "verval tik" sebagai persiapan pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021. Oleh karena itu, pada kesempatan yang berbahagia ini guru-id akan berbagi informasi mengenai alur, tujuan, serta cara melakukan Verifikasi dan Validasi Kesiapan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui portal resminya yang beralamat di https://vervaltik.data.kemdikbud.go.id/.

gambar verval sp tik akm

Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan Verval bagi Satuan Pendidikan SD SMP SMA SMK ini adalah untuk memastikan kepemilikan perangkat TIK di satuan pendidikan sebagai data dasar dalampelaksanaan Asessmen Kompetensi Minimal (AKM). Informasi kepemilikan perangkat TIK digunakan untuk memetakan kesiapan satuan-satuan pendidikan dalam melaksanakan AKM.

Pertama, kegiatan Verifikasi dan Validasi Kesiapan TIK dilakukan secara daring mellaui laman web berikut ini "https://vervaltik.data.kemdikbud.go.id/".

Kedua, Hak akses aplikasi Verifikasi dan Validasi Kesiapan TIK diberikan melalui registrasi keanggotaan pada Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan (SDM) Pusdatin Kemendikbud melalui laman https://sdm.data.kemdikbud.go.id, dengan penugasan sebagai:

1. Admin Dapodik bagi Dinas Pendidikan Kab./Kota/Provinsi; dan

2. Operator Sekolah bagi Satuan Pendidikan.

Cara verval tik

Oke selanjutnya bagi sekolah yang ingin melaksanakan kegiatan verval tik ini bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini

Login sebagai operator sekolah akan disajikan profil dari satuan pendidikan bersangkutan (menu Profil) dan verval kesiapan TIK dari satuan pendidikan bersangkutan (menu Verval).

Hanya dapat diakses oleh operator sekolah bersangkutan yang sudah melakukan registrasi pada Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan (laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id).

1. Klik Login untuk menuju laman Verifikasi dan Validasi Kesiapan TIK Satuan Pendidikan.

Berikut link login verval sp tik : http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/TIK/

2. Isikan username yang diregistrasikan pada aplikasi Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan dilaman http://sdm.data.kemdikbud.go.id.

3. Isikan password.

4. Klik Login untuk masuk aplikasi Verifikasi dan Validasi Kesiapan TIK Satuan Pendidikan.

Profil kesiapan TIK

1. Keterisian data Kesiapan TIK bersumber pada hasil pengisian data pada Submenu Verval (Kesiapan TIK Satuan Pendidikan) yang dilakukan oleh operator sekolah.

2. Penentuan 15 sekolah terdekat berdasarkan hasil perhitungan terhadap titik koordinat yang disikan oleh operator sekolah melalui aplikasi VervalSP pada laman https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id dengan kualifikasi pelaksanaan AKM.

3. Status kesiapan TIK.

4. Status kesiapan AKM.

Kesiapan TIK Satuan Pendidikan diklasifikasikan menjadi 4 kategori dalam menentukan penyelenggaraan Asessmen Kompetensi Minimum (AKM) :

1. Siap

Satuan pendidikan masuk dalam kategori Siap menyelenggarakan AKM apabila:

a. UNBK Mandiri (Tahun Sebelumnya),atau
b. Memiliki Laboratorium Komputer, atau
c. Mendapatkan bantuan TIK tahun 2020.
2. Potensial 1

Satuan pendidikan masuk dalam kategori Potensial 1 apabila satuan pendidikan tersebut memiliki minimial 15 komputer.

3. Potensial 2

Satuan pendidikan masuk dalam kategori Potensial 2 apabila satuan pendidikan tersebut memiliki jaringan internet dan aliran listrik.

4. Tidak Siap

Satuan pendidikan masuk dalam kategori Tidak Siap apabila satuan pendidikan tersebut tidak memiliki fasilitas atau prasarana yang mendukung terlaksananya AKM, seperti komputer, jaringan internet dan aliran listrik.

SPESIFIKASI KOMPUTER DALAM PELAKSANAAN AKM

Spesifikasi minimum kesiapan perangkat, jaringan dan komputer/laptop yang disiapkan sekolah untuk digunakan dalam penyelenggaraan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) :

1. Komputer client yang digunakan peserta didik PC / laptop dengan spesifikasi:

a. Prosesor : Dual Core,
b. Monitor : 11,6",
c. Resolusi Monitor : 1024 x 720,
d. RAM : 1 GB,
e. Ruang Penyimpanan Kosong : 10 GB,
f. Webcam (Optional), dan
g. Sistem Operasi : Windows, Linux, Mac OS, Chrome OS, Rasberry;

2. Jaringan (Intranet dan Internet) : Kabel LAN dan WIFI; dan

3. Bandwidth : 12 Mbps dedicated untuk 15 client.

Untuk lebih jelasnya silahkan download file pdf Buku Verval satuan pendidikan kesiapan TIK untuk pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum mellaui tautan dibawah

Surat edarannya bisa di download di TAUTAN BERIKUT, UNDUH



Akhirnya

Penulis akhirkan informasi tentang verval tik ini, dan penulis berharap Postingan ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel