Bahan Belajar Keberagaman dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika Seri PPPK

Sobat pembelajar, pada postingan kali ini guru-id kembali melanjutkan postingan tentang soal dan jawaban materi Keberagaman dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika Seri PPPK

gambar kunci jawaban pembelajaran 4 ppkn seri pppk

Bhinneka Tunggal Ika dapat pula dimaknai bahwa meskipun bangsa dan negara Indonesia terdiri atas beraneka ragam suku bangsa yang memiliki kebudayaan dan adat-istiadat yang bermacam-macam serta beraneka ragam kepulauan wilayah negara Indonesia namun keseluruhannya itu merupakan suatu persatuan yaitu bangsa dan negara Indonesia. Keanekaragaman tersebut bukanlah merupakan perbedaan yang bertentangan namun justru keanekaragaman itu bersatu dalam satu sintesa yang pada gilirannya justru memperkaya sifat dan makna persatuan bangsa dan negara Indonesia.

Bhinneka Tunggal Ika berisi konsep multikulturalistik dalam kehidupan yang terikat dalam suatu kesatuan. Prinsip multikulturalistik adalah asas yang mengakui adanya kemajemukan bangsa dilihat dari segi agama, keyakinan, suku bangsa, adat budaya, keadaan daerah, dan ras. Kemajemukan tersebut dihormati dan dihargai serta didudukkan dalam suatu prinsip yang dapat mengikat keanekaragaman tersebut dalam kesatuan yang kokoh.

Harmoni sosial adalah suatu keadaan keseimbangan dalam sebuah kehidupan, Keharmonisan akan terwujud jika didalamnya ada sikap saling menghargai dan menyayangi antaranggota keluarga atau masyarakat. Harmoni sosial tidak akan pernah tercapai ketika tidak tercipta kehidupan yang damai serta saling menghargai dari setiap anggota masyarakat yang tinggal bersama dan memiliki perbedaan

Soal Latihan

1.

"Dalam pergaulan di masyarakat terdapat ketulusan, kesiapan, dan ketegaran untuk mengerti dan menerima kekurangan sekaligus mensyukuri kelebihan diri sendiri maupun orang lain".

Pernyataan di atas merupakan penerapan prinsip harmonisasi sosial dalam hal .…

saling pengertiaan
toleransi
kesetaraan
keadilan
kerjasama

2. "Suatu keadaan masyarakat yang anggotanya saling berhubungan secara baik dan saling menghargai satu sama lain, sejalan dan serasi dengan tujuan masyarakatnya disebut ...."

keharmonisan masyarakat
harmonisasi sosial
keseimbangan sosial
keserasian masyarakat
keragaman sosial

Note : Jawaban yang dicetak tebal adalah jawaban yang benar.

GABUNG DI GRUP Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK (KLIK GABUNG)

SELANJUTNYA UNTUK FILE PDF MODUL Keberagaman dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika (UNDUH DISINI)

Demikianlah informasi yang dapapt guru-id bagikan, semoga bermanfaat dan menjadi referensi bermanfaat bagi peserta Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK yang sedang mengikuti pelatihan.

0 Response to "Bahan Belajar Keberagaman dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika Seri PPPK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel