Bahan Belajar Konsep Penilaian Seri PPPK

Oke langsung saja berikut materi bahan belajar konsep penilaian pedagogik beserta soal dan jawabannya sebagai referensi untuk peserta seri PPPK.

Pengumpulan informasi pencapaian hasil belajar peserta didik membutuhkan teknik dan instrumen penilaian, serta prosedur analisis sesuai dengan karakteristik penilaian masing-masing. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan KD sebagai kompetensi minimal yang harus dicapai oleh peserta didik.

Untuk mengetahui ketercapaian KD, pendidik harus merumuskan sejumlah indikator pencapaian kompetensi (IPK). IPK digunakan sebagai acuan penilaian. Pendidik atau satuan pendidikan (sekolah) juga harus menentukan pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM).

Penilaian bukan sekadar untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam proses belajar. Selama ini, seringkali penilaian cenderung dilakukan hanya untuk mengukur hasil belajar peserta didik, sehingga penilaian diposisikan seolah-olah sebagai kegiatan yang terpisah dari proses pembelajaran. Penilaian seharusnya dilaksanakan melalui tiga pendekatan, yaitu assessment of learning (penilaian akhir pembelajaran), assessment for learning (penilaian untuk pembelajaran), dan assessment as learning (penilaian sebagai pembelajaran).

Berdasarkan Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan, Lingkup penilaian pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas penilaian hasil belajar oleh pendidik; penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan; dan penilaian hasil belajar oleh Pemerintah. Penilaian Hasil belajar oleh pendidik terdiri atas penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan

Contoh Soal

1. "Manakah soal yang paling tepat untuk stimulus berikut?"

Apa yang dimaksud dengan pencemaran air?
abad pertengahan
Apa yang terjadi di danau tersebut?
Apa yang terjadi pada ekosistem laut tersebut? Berikan bukti-bukti yang mendukungnya!
Apa hubungan antara pencemaran air dengan perilaku hidup manusia?

2. Perhatikan contoh soal HOTS di bawah ini!

"Beragam permasalahan mendera Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, dari pembalakan kayu ilegal, penebangan mangrove, pabrik CPO di muara sungai sampai limbah pertambangan batu bara, menambah beban berat bagi lingkungan. Keragaman hayati kawasan inipun terancam. "

"Berdasarkan kasus di atas, apa yang anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut? Jelaskan alasanmu!"

Manakah indikator soal yang paling tepat untuk soal di atas?

Disajikan teks tentang ekosistem, siswa dapat menyebutkan komponen-komponen dalam ekosistem.
Disajikan beberapa kasus dalam ekosistem, siswa dapat membandingkan interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
Disajikan beberapapermasalahan ekosistem, siswa dapat menaganalisis permasalahan tersebut
Disajikan teks tentang ekosistem, siswa dapat menjelaskan interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
Disajikan permasalahan kontekstual tentang ekosistem, siswa dapat menyelesaikan permasalahan tersebut menggunakan konsep ekosistem.

Note : Jawaban yang dicetak tebal adalah jawaban yang benar.

GABUNG DI GRUP Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK (KLIK GABUNG)

SELANJUTNYA UNTUK FILE PDF MODUL Konsep Penilaian Pedagogik (UNDUH DISINI)

Demikianlah informasi yang dapapt guru-id bagikan, semoga bermanfaat dan menjadi referensi bermanfaat bagi peserta Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK yang sedang mengikuti pelatihan.

0 Response to "Bahan Belajar Konsep Penilaian Seri PPPK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Jika ada informasi yang tidak jelas, iklan yang tidak pantas atau ingin ditanyakan, segera hubungi saya melalui laman kontak, insya allah akan ditanggapi secepatnya.

Penulis berharap, semoga informasi yang ditampilkan bisa menambah wawasan para pembaca

Iklan Tengah Artikel 2

Berita yang dinformasikan melalui halaman ini diharapkan memberikan manfaat lebih kepada seluruh pengunjung.

Jika ada informasi yang tidak jelas, iklan yang tidak pantas atau ingin ditanyakan, segera hubungi saya melalui laman kontak, insya allah akan ditanggapi secepatnya.

Iklan Bawah Artikel