Bahan Belajar Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan IPS SD

Sobat pembelajar, sebagaimana kita ketahui bersama, Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam mengusahakan dan mengatur kegiatan kosumsi dan produksinya. Dengan mempelajari ilmu ekonomi berarti kita juga mempelajari suatu perilaku dalam memilih berbagai alternatif yang memberikan hasil terbaik.

gambar bahan belajar ips sd pembelajaran 3

Kebutuhan manusia memiliki sifat yang tidak terbatas karena manusia cenderung tidak pernah merasa puas dan selalu merasa kekurangan sementara sumber daya yang dimilikinya terbatas.

Dengan keterbatasan sumber daya dimiliki tersebut, manusia berusaha mengatasi masalah itu dengan melakukan perilaku ekonomi. Motif merupakan alasan atau niat dari suatu kegiatan. Semua yang dilakukan manusia memiliki alasan tertentu. Motif ekonomi merupakan sebuah alasan yang mendasari seseorang dalam melakukan aktivitas perkekonomiannya. Sedangkan prinsip ekonomi adalah suatu usaha dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan pengorbanan yang minimal.

Inti dari kegiatan ekonomi adalah produksi, disribusi dan kosumsi. Produksi adalah kegiatan untuk menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat. Distribusi adalah proses menyalurkan barang dan jasa dari produsen sampai pada konsumen. Sedangkan konsumsi adalah suatu aktivitas pemakaian barang dan jasa baik secara langsung maupun tidak langsung.

Pasar adalah tempat pertemuan antara pembeli dan penjual walaupun mungkin tidak secara langsung tetapi melalui saluran lain yang dapat menghubungkan antara penjual dan pembeli. Kesejahteraan masyarakat sebenarnya adalah objek formal kajian ilmu ekonomi. Semua orang yang melakukan kegiatan ekonomi adalah dalam rangka memenuthi kebutuhan hidupnya untuk memperoleh sebuah kesejahteraan.

KUIS GURU

1. "Dalam ekonomi terdapat motif ekonomi yang bisa dikelompokan menjadi beberapa aspek, manakah yang bukan termasuk aspek motif ekonomi?"

Mendapatkan penghargaan dari pihak lain
Dorongan untuk perbuatan sosial
Mencari sebuah kekuasaan dalam perekonomian
Mendapatkan sebuah keuntungan
Untuk menduduki jabatan politik

2. "Dalam ekonomi terdapat sebuah aktivitas pemakaian barang dan jasa baik secara langsung maupun tidak langsung oleh individu atau kolektif individu dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia. apakah istilah dari aktivitas tersebut?"

Produksi
Distribusi
Konsumsi
Perbankan
Inflasi

Note : Jawaban yang dicetak tebal adalah jawaban yang benar.

GABUNG DI GRUP Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK (KLIK GABUNG)

MODUL Perilaku Ekonomi dan kesejahteraan IPS PDF (UNDUH DISINI)

Demikianlah informasi yang dapapt guru-id bagikan, semoga bermanfaat dan menjadi referensi bermanfaat bagi peserta Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK yang sedang mengikuti pelatihan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel