Bahan Belajar Waktu, Perubahan, dan Sistem Sosial Budaya IPS SD

Sobat pembelajar, pada kegiatan program belajar mandiri calon guru ASN PPPK disediakan bahan belajar setiap bidang studi.

Bahan belajar ini diharapkan bisa meningkatkan kompetensi Guru terutama dalam menganalisa setiap soal yang tersaji.

Sesuai dengan judul postingan berikut Bahan Belajar Waktu, Perubahan, dan Sistem Sosial Budaya beserta Kuis dan jawaban mata pelajaran IPS SD seri PPPK.

Waktu adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan atau keadaan sedang berlangsung. Kata sejarah di dalamnya mengandung arti pertumbuhan atau kejadian yang tumbuh hidup, berkembang, bergerak terus dan akan berjalan terus tanpa henti sepanjang waktu.

Sejarah sebagai sebuah peristiwa menyangkut peran manusia baik sebagai objek maupun sebagai subjek pelaku dalam peristiwa sejarah dalam kurun waktu dan ruang. Sejarah sebagai kisah adalah sejarah yang dikenal sehari-hari melalui buku-buku, majalah-majalah, dan surat-surat kabar. Sedangkan sejarah sebagai ilmu adalah sejarah sebagai aktualitas, mengadakan penelitian dan pengkajian terhadap peristiwa sejarah.

Metode sejarah merupakan pedoman yang digunakan sejarawan terhadap sumber-sumber sejarah melalui tahap heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Kehidupan manusia saat ini merupakan keberlanjutan dari kehidupan masa lampau dan kehidupan saat ini merupakan jalan untuk menyongsong kehidupan di masa datang.

Perubahan adalah gejala biasa yang terjadi dalam setiap masyarakat, cepat atau lambat masyarakat akan mengalami perubahan. Sistem sosial adalah orang-orang yang ada dalam kelompok yang saling pengaruh mempengaruhi satu sama lain. Sistem budaya merupakan ide-ide, gagasan- gagasan manusia yang hidup bersama dalam suatu masyarakat.

KUIS GURU

1. "Jepang datang ke Indonesia dengan maksud tersembunyi, manakah salah satu alasan yang melatarbelakangi kedatangan Jepang ke Indonesia?"

Membantu kemerdekaan Indonesia
Indonesia kaya sumber daya alam seperti: rempah-rempah dan barang tambang
Membantu mencerdaskan bangsa Indonesia
Menyebarkan agama
Ketertarikan terhadap sistem kerajaan

2. "Proklamasi kemerdekaan memiliki makna yang sangat besar bagi perjuangan bangsa Indonesia, manakah yang tidak termasuk makna proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia?"

Menjadi jembatan emas mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan sejahtera.
Menjadi titik awal menuju kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik.
Meningkatkan martabat bangsa.
Membuktikan bahwa Indonesia sebagai Negara super power Pembuktian kepada dunia internasional bahwa rakyat Indonesia memiliki keberanian mementukan nasibnya sendiri.

Note : Jawaban yang dicetak tebal adalah jawaban yang benar.

GABUNG DI GRUP Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK (KLIK GABUNG)

SELANJUTNYA UNTUK FILE PDF MODUL Waktu, Perubahan, dan Sistem Sosial Budaya (UNDUH DISINI)

Demikianlah informasi yang dapapt guru-id bagikan, semoga bermanfaat dan menjadi referensi bermanfaat bagi peserta Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK yang sedang mengikuti pelatihan.

0 Response to "Bahan Belajar Waktu, Perubahan, dan Sistem Sosial Budaya IPS SD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Jika ada informasi yang tidak jelas, iklan yang tidak pantas atau ingin ditanyakan, segera hubungi saya melalui laman kontak, insya allah akan ditanggapi secepatnya.

Penulis berharap, semoga informasi yang ditampilkan bisa menambah wawasan para pembaca

Iklan Tengah Artikel 2

Berita yang dinformasikan melalui halaman ini diharapkan memberikan manfaat lebih kepada seluruh pengunjung.

Jika ada informasi yang tidak jelas, iklan yang tidak pantas atau ingin ditanyakan, segera hubungi saya melalui laman kontak, insya allah akan ditanggapi secepatnya.

Iklan Bawah Artikel