Fenomena Interaksi dalam Perkembangan IPTEK dan Masyarakat Global

Sobat edukasi, Perkembangan IPTEK tidak lepas dari kehidupan manusia. Tidak mungkin IPTEK berkembang tanpa adanya manusia. Perkembangan IPTEK berperan sangat besar dalam kehidupan manusia di belahan dunia mana pun. Dengan kata lain, perkembangan IPTEK seakan-akan merupakan faktor dominan dalam perkembangan keadaan dunia seperti sekarang. Hal ini merupakan tantangan bagi kita untuk dapat mengembalikan IPTEK dalam peranannya bagi kehidupan manusia.

gambar kunci jawaban bahan belajar ips sd pembelajaran 4

Bagaimana IPTEK digunakan untuk penggalian dan pengembangan kekayaan alam yang membawa manfaat bagi manusia pada umumnya secara terus-menerus dengan mengamankan ekosistem manusia bagi generasi yang akan datang? IPTEK harus digunakan untuk mempercepat proses produksi dan pertumbuhan ekonomi, memperluas lapangan kerja, untuk menciptakan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat secara merata bukan malah digunakan untuk merusak dan mengganggu keseimbangan tatanan kehidupan manusia dalam masyarakat global.

Masyarakat global merupakan suatu masyarakat yang memiliki pemikiran secara meluas, tidak lagi terbatas pada batas suatu negara, bersifat universal dan mengglobal tidak hanya peduli terhadap permasalahan di negaranya saja namun juga mencakup masalah orang-orang di negara lain. Dengan perkembangan IPTEK, masyarakat global dapat saling berinteraksi satu sama lain dengan melalui perjalanan udara, telekomunikasi, jaringan komputer dan elektronik yang dapat digunakan untuk mencapai suatu tujuan tertentu dari belahan manapun di dunia ini.

Oke selanjutnya Pada postingan kali ini guru-id akan berbagi bahan belajar salah satu materi guru belaajr seri PPPK mata pelajaran IPS Yakni Fenomena Interaksi dalam Perkembangan IPTEK dan Masyarakat Global beserta kuis dan jawabannya.

1. "Ilmu pengetahuan dan teknologi bagian dari penunjang terjadinya globalisasi pada seluruh aspek kehidupan manusia. Adanya globalisasi menjadikan nilai-nilai sosial dalam masyarakat semakin luntur. Interaksi yang terjadi di dalamnya beralih pada tujuan untung rugi. Apakah yang menandai terjadinya hal tersebut?"

munculnya sikap egoisme/mementingkan diri sendiri
radisi masyarakat masih dipertahankan
sikap individualistis mulai semakin terkikis
munculnya kelas menengah baru dalam masyarakat
tingginya semangat gotong royong

2. "IPTEK sudah banyak digunakan dalam setiap aktifitas ataupun profesi, salah satunya adalah dalam Profesi Tenaga Kesehatan, banyak alat hasil IPTEK yang sudah dimanfaatkan dalam dunia kesehatan, dari pilihan berikut manakah yan gbukan merupakan peralatan hasil IPTEK pada bidang kesehatan?"

Penemuan peralatan untuk mengolah sampah dan limbah
Penemuan tentang tata menu makan setiap hari
Pemanfaatna jasa telekomunikasi
Adanya ahli dalam bidang operasi plastik sehingga hidung yang pesek dapat menjadi mancung
Penemuan mikroskop, sinar-x, antibiotik, dan obat-obat bius

Note : Jawaban yang dicetak tebal adalah jawaban yang benar.

GABUNG DI GRUP Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK (KLIK GABUNG)

MODUL Fenomena Interaksi dalam Perkembangan IPTEK dan Masyarakat Global PDF (UNDUH DISINI)

Demikianlah informasi yang dapapt guru-id bagikan, semoga bermanfaat dan menjadi referensi bermanfaat bagi peserta Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK yang sedang mengikuti pelatihan.

0 Response to "Fenomena Interaksi dalam Perkembangan IPTEK dan Masyarakat Global"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Jika ada informasi yang tidak jelas, iklan yang tidak pantas atau ingin ditanyakan, segera hubungi saya melalui laman kontak, insya allah akan ditanggapi secepatnya.

Penulis berharap, semoga informasi yang ditampilkan bisa menambah wawasan para pembaca

Iklan Tengah Artikel 2

Berita yang dinformasikan melalui halaman ini diharapkan memberikan manfaat lebih kepada seluruh pengunjung.

Jika ada informasi yang tidak jelas, iklan yang tidak pantas atau ingin ditanyakan, segera hubungi saya melalui laman kontak, insya allah akan ditanggapi secepatnya.

Iklan Bawah Artikel