https://bit.ly/SeleksiPenulisGLN2021 Link Pendaftaran Lomba Penulis Buku Bacaan Literasi Tahun 2021

Sobat edukasi, kemendikbud kembali membuka seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi Tahun 2021. dikuti dari juknisnya Kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi penulis agar menumbuhkan generasi muda cerdas dan berkarakter melalui tematema yang terkait dengan nilai-nilai budi pekerti.

Tujuan lainnya adalah menuangkan ide dan kreativitas ke dalam bentuk tulisan dan gambar dan meningkatkan kesadaran dan kepedulian anak-anak jenjang usia dini dan SD kelas awal akan pengetahuan.

Oke bagi teman-teman guru yang berminat mengikuti lomba ini, langsung saja baca informasi lengkap tentang "juknis seleksi GLN 2021"

1. Proses Seleksi

1. Kriteria calon penulis buku bacaan literasi

a. Merupakan warga negara Indonesia

b. Mengajukan kelengkapan pendaftaran sesuai ketentuan

c. Jika tidak memiliki kemampuan ilustrasi, penulis wajib bekerja sama dengan ilustrator profesional.

2. Panitia akan menyeleksi seluruh calon penulis.

3. Calon penulis yang memenuhi kriteria penilaian akan dipilih untuk menjadi penulis buku bacaan literasi tahun 2021.

4. Penulis terpilih wajib mengikuti seluruh rangkaian pembuatan buku bacaan literasi tahun 2021, di antaranya kegiatan pertemuan penulis dan revisi setelah penilaian Pusat Perbukuan (Pusbuk).

5. Buku bacaan literasi yang akan dibuat berjumlah 75 buku dengan pembagian: 35 buku untuk jenjang PAUD usia 4—6 tahun (Prabaca 2), 20 buku untuk jenjang SD Kelas 1 (Pembaca Dini), 20 buku untuk jenjang SD Kelas 2 dan 3 (Pembaca Awal).

6. Satu penulis dapat menulis lebih dari satu buku untuk jenjang yang berbeda (ditentukan berdasarkan hasil penilaian juri).

7. Satu buku yang ditulis akan dihargai Rp12.500.000,00 (dipotong pajak).

8. Buku yang ditulis menjadi hak cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

2. Informasi Pendaftaran dan Pengumuman Penulis Terpilih

1. Calon penulis yang ingin mengikuti seleksi mengirimkan hal berikut:

a. foto/scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa;

b. biodata (format terlampir);

c. Papan cerita/storyboard (format terlampir);

d. ilustrasi/gambar berwarna untuk satu atau dua halaman berdasarkan storyboard; dan

e. surat pernyataan keaslian naskah/ilustrasi dan kesediaan mengikuti rangkaian kegiatan (surat pernyataan terlampir).

2. Seluruh syarat dibuat dalam format PDF dan dilampirkan ketika melakukan pendaftaran di "https://bit.ly/SeleksiPenulisGLN2021".

3. Pengumuman penulis terpilih akan diinformasikan melalui laman badanbahasa.kemdikbud.go.id pada tanggal 10 April 2021

C. BUKU BACAAN LITERASI TAHUN 2021

Tema 1. Keluarga dan Sahabat
2. Satwa dan Tumbuhan
3. Hobi/Kegemaran
4. Kesehatan
5. Kearifan lokal/Tradisi

Fokus Karakter

Calon penulis dapat memilih beberapa fokus karakter sesuai dengan nilai-nilai karakter yang tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017. Nilai-nilai yang dimaksud di antaranya religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab. Ditambah dengan: problem solving, berpikir kritis, dan percaya diri.

2. Ketentuan Buku

Ketentuan Umum Buku

1. Merupakan buku cerita bergambar (picture book)

2. Merupakan karya asli, bukan plagiat

3. Belum pernah dipublikasikan atau menjadi pemenang pada lomba lain

4. Memiliki satu tema dengan maksimal tiga fokus karakter

5. Tidak mengandung unsur pornografi, SARA, dan bias gender

6. Tidak mengandung ujaran kebencian, propaganda, dan merek produk

7. Memiliki kekuatan dan pesan tentang sikap hidup dalam keluarga dan masyarakat

8. Menggunakan aplikasi Indesign untuk pengatakan (lay out)

Ketentuan Khusus Buku

PAUD Usia 4—6 tahun (Jenjang Prabaca 2)
1. Isi Buku a. Berupa fakta sederhana tentang diri sendiri dan lingkungan sekitar. b. Bertokoh manusi a, binatang, tanaman, dan benda yang berperilaku seperti manusia. c. Mengembangkan olah pikir, olah rasa, dan olah karsa. 2. Bahasa a. Pengembangan kosakata didukung dengan ilustrasi. b. Pengenalan kata berpola repetitif dalam kalimat. c. Satu kalimat per baris. d. Satu sampai tiga baris per halaman. e. Terdiri atas 1—3 kata konkret per kalinat dan belum menggunakan aturan ejaan. 3. Grafika a. Ukuran buku A4. b. Format buku berisi gambar dengan proporsi 90% . c. Penempatan gambar sesuai dengan teks. d. Jenis huruf Andika New Basic dengan ukuran minimal 24 pt. e. Isi cerita buku 22 halaman. f. Ilustrasi harus mengandung isi. g. Menggunakan warna primer, sekunder, dan netral/lembut SD Kelas 1 (Pembaca Dini)
1. Isi Buku a. Berupa fakta, konsep, dan prosedur sederhana tentang diri sendiri dan lingkungan sekitar. b. Bertokoh manusia, kepahlawanan, cerita fantasi dengan alur sederhana. c. Mengembangkan olah pikir, olah rasa, dan olah karsa. 2. Bahasa a. Pengembangan kosakata yang sering digunakan. b. Kata-kata dapat berpola dan berima. c. Tanda baca mulai diperkenalkan sesuai dengan keperluan. d. Kalimat sederhana. e. Kalimat terdiri atas dua sampai lima kata. 3. Grafika a. Ukuran buku A4. b. Format buku berisi gambar dengan proporsi 70% c. Penempatan gambar sesuai dengan teks. d. Jenis huruf Andhika New Basic dengan ukuran minimal 16 pt. e. Isi cerita buku 26 halaman. f. Ilustrasi harus mengandung isi. SD Kelas 2 dan 3 (Pembaca Awal)

1. Isi Buku a. Berupa fakta, konsep, prosedur, dan metakognisi sederhana tentang diri sendiri dan lingkungan sekitar. b. Bertokoh manusia, kepahlawanan, cerita fantasi dengan alur sederhana. c. Mengembangkan olah pikir, olah rasa, dan olah karsa. 2. Bahasa a. Pengembangan kosakata yang sering digunakan. b. Kata-kata dapat berpola dan berima. c. Penulisan sesuai dengan Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) d. Kalimat sederhana tetapi beragam. e. Kalimat terdiri atas dua sampai delapan kata. f. Kalimat-kalimat dapat membentuk paragraf. 3. Grafika a. Ukuran buku A4 b. Format buku berisi gambar dengan proporsi maksimal 50% c. Penempatan gambar sesuai dengan teks. d. Jenis huruf Andhika New Basic dengan ukuran minimal 14 pt. e. Isi cerita buku 28 halaman. f. Ilustrasi harus mengandung isi.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai penjenjangan buku dan ilustrasi cerita anak, calon penulis dapat membaca referensi Panduan Penulisan Buku Cerita Anak dan Panduan Mengilustrasi dan Mendesain Cerita Anak untuk Profesional dari tautan http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/content/buku-pedoman-pembinaan-bahasa-dansastra

3. Penilaian

Penilaian akan dilakukan oleh dewan juri yang terdiri atas pakar pendidikan usia dini, pakar pembelajaran bahasa/literasi, penulis dan illustrator cerita anak profesional. Aspek penilaian meliputi kekuatan ide cerita, kesesuaian dengan tema/fokus karakter, kesesuaian dengan ketentuan jenjang pembaca, kelengkapan papan cerita (storyboard), dan kualitas/ketepatan ilustrasi. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat

Jadwal kegiatan lomba

gambar jadwal kegiatan lomba penulis buku bacaan 2021

Selengkapnya silahkan download juknis seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi Tahun 2021 dalam format pdf melalui tautan dibawah



Akhirnya

Penulis akhirkan informasi ini, dan penulis berharap Postingan ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk pembaca.

0 Response to "https://bit.ly/SeleksiPenulisGLN2021 Link Pendaftaran Lomba Penulis Buku Bacaan Literasi Tahun 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel