Jawaban Bahan Belajar Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks

Sobat edukasi pada postingan kali ini saya akan berbagi jawaban soal pada modul pembelajaran 1 tentang Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks.

gambar jawaban pembelajaran 1 soal Bahan Belajar Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks

Modul belajar mandiri ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep pembelajaran tentang Bahasa Indonesia pada jenjang PGSD.

Bagi teman-teman guru PGSD yang telah masuk ke laman fasilitasi pembelajaran pastinya wajib menyelesaikan materi pada tiap pembelajaran.

Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru pendidikan sekolah dasar agar mampu menganalisis berbagai ragam teks dan menganalisis satuan bahasa pembentuk teks

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline.

Selain itu, bahan paparan atau media lain disertakan untuk membantu Anda dalam mempelajari materi. Pada akhir sesi pembelajaran, Anda diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang disajikan sebagai reviu pembelajaran yang sudah Anda lakukan.

Oke selengkapnya langsung saja guru-id bagikan jawaban soal bahasa indonesia SD pada Bahan Belajar Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks

SOAL 1

Kemiskinan adalah tingkat masyarakat dengan pendapatan yang rendah. Dengan pendapatan yang rendah masyarakat tidak mempu untuk mencukupi kebutuhan pokok seperti makan, minum, pakaian, tempat berlindung, dan pendidikan.

Biasanya masyarakat miskin cenderung bertempat tinggal dibantaran kali, bawah jembatan, dan tempat-tempat yang justru bukan tempat layak mendirikan bangunan. Terkadang justru mereka membangun tempat tinggal di atas tanah milik negara.

Kemiskinan tidak hnaya menjadi fenomena yang terjadi di Indonesia, tetapi juga menjadi fenomena yang terjadi hampir di seluruh dunia. Banyak negara berkembang yang juga memiliki permasalah yang sama tentang kemiskinan seperti negara Indonesia.

Teks di atas termasuk ke dalam jenis teks..........

Teks Narasi
👌Teks Eksplanasi(jawaban benar)
Teks Deskripsi
Teks prosedur
Teks Eksposisi

SOAL 2 Bacalah teks di bawah ini!

“Belakangan ini gempa bumi menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia. Sepanjang sejarah umat manusia, gempa selalu saja menimbulkan kerugian baik materil ataupun korban jiwa. Tidak berlebihan rasanya jika dikatakan bahwa fenomena gempa bumi adalah peristiwa yang berdampak secara langsung kepada makhluk hidup tak terkecuali manusia. Hal tersebut menjadikan gempa bumi sebagai salah satu bencana alam yang ditakuti oleh setiap orang.”

Teks eksplanasi di atas termasuk ke dalam bagian …

Sebab
Kronologis (urutan peristiwa)
👌Pengenalan obyek (jawaban benar)
Akibat
Simpulan

GABUNG DI GRUP Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK (KLIK GABUNG)

SELANJUTNYA UNTUK FILE PDF MODUL RAGAM TEKS DAN SATUAN BAHASA PEMBENTUK TEKS (UNDUH DISINI)

Demikianlah informasi yang dapapt guru-id bagikan, semoga bermanfaat dan menjadi referensi bermanfaat bagi peserta Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK yang sedang mengikuti pelatihan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel