Kuis Review Pembelajaran 4 IPS SD dan Kunci Jawabannya

Sobat pembelajar, pada postingan kali ini guru-id akan berbagi soal dan jawaban Riviu pembelajaran 4 mata pelajaran IPS PGSD pada kegiatan seri belajar mandiri calon guru ASN PPPK.

gambar kunci jawaban riviu pembelajaran 4 ips pppk sd

Untuk lebih jelasnya langsung saja guru-id tuliskan dibawah ini sebagai referensi untuk teman-teman Guru.

1. "Proses dunia industri Indonesia masih sebatas memanfaatkan teknologi dari luar. Dalam jangka panjang, kecenderungan itu akan berdampak negatif dan menyulitkan. Seharusnya industri di tanah air dan ilmu pengetahuan serta teknologi (IPTEK) harus berkembang ke arah yang sama. Perkembangan IPTEK dan industri pada akhirnya akan menjadi sarana kemudahan bagi manusia dalam memenuhi segala kebutuhannya yaitu"

a. mendorong penggunaan alat canggih
b. memperbanyak pembangunan pabrik
c. meminimalis penggunaan tenaga manusia
d. meningkatkan pendapatan masyarakat
e. mengurangi ketergantungan bahan impor

2. "Berbagai penemuan baru dalam bidang teknologi menyebabkan manusia dapat melakukan berbagai aktivitasnya secara mudah dan cepat. Kemudahan yang dirasakan sangat menguntungkan bagi manusia. Berbagai kebutuhan pun terpenuhi dengan memakan waktu yang relatif singkat. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa perubahan sosial dalam masyarakat mendorong terjadinya"

a. transformasi politik
b. modernisasi
c. reorganisasi
d. disorganisasi
e. integrasi


3. "Dampak perkembangan IPTEK pada era globalisasi dalam bidang sosial budaya dapat dirasakan oleh manusia. Dampak ini pun memiliki kecenderungan terhadap hal positif dan negatif. Kecenderungan dampak yang dirasakan tersebut itu bergantung pada perilaku manusia dalam memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun rendahnya latar belakang pendidikan pun menjadi penentu terhadap perlakukan yang diberikan oleh manusia itu sendiri terhadap IPTEK. Bagian yang tidak tergambarkan pada kondisi tersebut adalah ...."

a. sebagian warga masyarakat menjadi kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani
b. ketimpangan ekonomi yang semakin lebar di dalam masyarakat
c. kewibawaan tradisi-tradisi yang ada dalam masyarakat semakin melemah
d. terimbanginya peran kaum laki-laki oleh kaum perempuan secara signifikan dalam berbagai bidang kehidupan semakin besar
e. kemerosotan moral dalam masyarakat khusunya di kalangan remaja

4. "Para guru saat ini sadar bahwa memiliki skill di bidang teknologi informasi dan multimedia telah memungkinkan diwujudkannya pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Karena itu guru-guru saat ini banyak yang menguasai teknologi informasi dan multimedia untuk mencari bahan ajar. Penyampaian materi pun tidak hanya dengan metode ceramah tetapi juga dengan menampilkan slide dan video yang menarik. Dari penjelasan tersebut tindakan para guru untuk bisa menguasai teknologi informasi dan multimedia tersebut termasuk dalam"

a. rasional berorientasi nilai
b. afeksi
c. rasional instrumental
d. tradisional
e. emosional

5. "Ilmu pengetahuan selalu terus berkembang sejalan dengan perkembangan masyarakatnya. Ilmu pengetahuan yang terus berkembang memberikan dampak positif dan negatif dalam kehidupan manusia. Penggunaan ilmu pengetahuan oleh manusia berpengaruh pada dampak yang akan didapat oleh manusia itu sendiri. Dari perkembangannya itulah kita dapat membedakan bahwa ilmu pengetahuan bercirikan"

a. tertutup
b. terbuka
c. acak
d. mandiri
e. sistematis

6. "Dalam perkembangan dan kemajuannya antara pengetahuan dengan ilmu dan teknologi, memberikan kemudahan pada kehidupan manusia. Keterkaitan antara ketiganya berpengaruh satu sama lainnya. Manusia sebagai pelaku dan penikmat teknologi menyadari sepenuhnya bahwa teknologi lahir dari ilmu pengetahuan. Keterhubungan antara ketiga unsur tersebut adalah …."

a. pengetahuan berfungsi memajukan ilmu dan teknologi
b. pengetahuan berfungsi bagi ilmu dan teknologi
c. pengetahuan, ilmu pengetahuan dan teknologi satu kesatuan
d. pengetahuan, ilmu dan teknologi adalah melekat pada manusia
e. pengetahuan melekat pada ilmu dan pengetahuan

7. "Manusia lahir ke dunia dengan diberikan kemampuan untuk belajar dari lingkungan. Hasil yang didapatkan dari pembelajarannya terhadap lingkungan menjadikan manusia bagian dari perkembangan IPTEK yang pesat. Pembelajaran yang didapat melalui ... kemudian dimiliki dan terinternalisasi sehingga manusia akan mendapatkan pengetahuan dari berbagai hal di lingkungan alam sekitarnya."

a. buku
b. pancaindera
c. informasi
d. berita
e. surat kabar

Note : Jawaban yang dicetak tebal adalah jawaban yang benar.

GABUNG DI GRUP Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK (KLIK GABUNG)

Demikianlah informasi yang dapapt guru-id bagikan, semoga bermanfaat dan menjadi referensi bermanfaat bagi peserta Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK yang sedang mengikuti pelatihan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel