Kunci Jawaban Soal Reviu Pembelajaran 2 PJOK Seri PPPK

Oke, langsung saja berikut adalah latihan soal sebelum try-out PPPK Bidang Studi PJOK reviu pembelajaran 2 materi (ELEMEN CAPAIAN PEMBELAJARAN KURIKULUM PROTOTYPE) yang bisa dijadikan bahan belajar oleh peserta calon guru ASN PPPK tahun 2021.

ELEMEN CAPAIAN PEMBELAJARAN KURIKULUM PROTOTYPE

Elemen capaian pembelajaran PJOK meliputi pengembangan pola gerak dasar lokomotor (locomotor skills), non lokomotor (non locomotor skills/ stability skills), dan manipulatife (manipulative skills). Gerak dasar pada anak membentuk dasar untuk gerak. Keterampilan gerak dasar didukung oleh pola gerak. Pola gerak merupakan serangkaian gerak terkait yang terorganisir. Gerak dasar merupakan dasar macam-macam keterampilan yang memerlukan bimbingan, latihan, dan pengembangan agar anak dapat melaksanakan dengan tugas gerak yang diberikan dengan lancar.

Senam lantai disebut juga dengan istilah latihan bebas karena tidak mempergunakan benda- benda atau perkakas lain pada saat menjalankannya. Bentuk-bentuk gerakan senam lantai sangat beragam, mulai dari yang sederhana, hingga yang teramat rumit. Dari sekedar berguling (roll) ke depan hingga gerakan berguling di udara (salto) dengan berbagai arah dan jumlah putaran. Melakukan latihan gerakan-gerakan senam secara teratur dan terus menerus (continue), selain sangat berguna untuk memperbaiki sikap dan bentuk tubuh, juga sangat berguna untuk membina dan meningkatkan kesegaran jasmani.

Aktivitas gerak berirama merupakan aktivitas yang dilakukan berdasarkan irama. Irama bisa bersumber dari apa saja yang memiliki keteraturan bunyi, nada, atau gerakan. Aktivitas gerak berirama dapat dikuasai dengan baik oleh peserta didik jika gerak dasar langkah kaki, ayunan dan gerakan lengan dan tangan, bentuk tubuh (postur) yang baik selama bergerak, serta bergerak sesuai irama (misalnya, dengan musik pengiring) dikuasai dengan baik.

Gerak dasar pada aktivitas air harus dikenalkan kepada peserta didik melalui berbagai macam pola gerak dasar. Pengenalan air pada anak SD dilakukan dengan metode bermain. Bermain air sangat disenangi anak-anak, karena disamping menyenangkan, anak juga dapat mengembangkan pola gerak dasarnya. Namun demikian seorang guru PJOK sebaiknya tetap harus memastikan keamanan peserta didiknya ketika berada di kolam. Dan untuk tahapan pembelajaran aktivitas air, guru mengajarkan materi dari yang mudah ke yang sulit.

Bahan Belajar

"1. Berikut termasuk hal yang penting dalam pembelajaran aktivitas air sebelum dilakukan belajar renang gaya, kecuali...."

a. kontrol pernafasan
b. masuk kolam
c. pengenalan air
d. pemanasan
e. renang lengkap

"2. Pada waktu melakukan gerakan senam lantai berguling ke depan, bagian untuk pertama kali kena matras adalah...."

a. kepala
b. kaki
c. punggung
d. tengkuk
e. pundak RIVIU PEMBELAJARAN 2 ELEMEN CAPAIAN PEMBELAJARAN KURIKULUM PROTOTYPE

"1. Dalam gerakan senam lantai, ketika peserta didik melakukan posisi berdiri dengan satu kaki termasuk ke dalam pola gerak dasar…."

a. manipulative
b. psikomotor
c. non lokomotor
d. lokomotor
e. keseimbangan

"2. Perhatikan komponen-komponen kebugaran jasmani di bawah ini:"

1) Explosivepower
2) cardiorespiratory
3) kecepatan
4) muscle endurance
5) kekuatan

"Yang merupakan komponen kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan antara lain…."

a. 2, 3, dan 5
b. 1, 3, dan 5
c. 1, 2, dan 4
d. 1, 2, dan 3
e. 2, 4, dan 5

3. Perhatikan gambar berikut
gambar Kunci Jawaban Soal Reviu Pembelajaran 2 PJOK Seri PPPK

"Gambar diatas pada nomor tolak peluru menunjukan...."

a. awalan dengan sikap menyamping
b. gerakan akhiran/sikap akhir
c. awalan menolak peluru
d. awalan dengan sikap membelakangi
e. gerakan menolak peluru

"4. Ketika proses pembelajaran harus dilaksanakan dari rumah dimasa Pandemi Covid-19, Puspa selalu menyempatkan diri untuk melakukan aktivitas fisik sebelum memulai pembelajaran. Nilai karakter apa yang ditunjukkan pada diri Puspa?"

a. tanggungjawab akan kesehatan diri
b. membiasakan berolahraga pagi
c. meringankan pekerjaan orang tua
d. disiplin diri terhadap pembelajaran
e. menerapkan protokol kesehatan

"5. Berikut salah satu jenis gerak dasar dalam aktivitas air…."

a. menyelam
b. ayunan kaki
c. pernafasan
d. pengenalan air
e. kayuhan lengan

"6. Gaya bebas merupakan gambaran gaya berenang tercepat, dengan posisi telungkup sambil meluncur santai kemudian terlihat bergerak dengan cepat. Secara berurutan pola gerakan yang benar dalam melakukan gaya bebas adalah sebagai berikut...."

a. gerakan mengayuh tangan, gerakan mengayun kaki, pernafasan, dan koordinasi tangan-kaki
b. gerakan mengayun kaki, gerakan mengayuh tangan, koordinasi tangan-kaki, dan pernafasan
c. pernafasan, koordinasi tangan-kaki, gerakan mengayun kaki, dan gerakan mengayuh tangan
d. koordinasi tangan-kaki, gerakan mengayun kaki, gerakan mengayuh tangan, pernafasan
e. gerakan mengayun kaki, koordinasi tangan-kaki, mengayuh tangan, dan pernafasan

"7. Pola gerak dasar yang dikembangakan pada pembelajaran senam lantai ketika peserta didik melakukan gerakan berjalan pada satu garis lurus adalah…."

a. non lokomotor
b. psikomotor
c. refleksif
d. lokomotor
e. manipulatif

"8. Harmonisasi gerak dan irama dalam aktivitas gerak berirama sangatlah penting untuk dikuasai. Peserta didik selain harus dapat menguasai langkah kaki, juga harus mampu mengombinasikannya dengan ayunan lengan. Yang merupakan gerak dasar ayunan lengan pada aktivitas gerak berirama adalah…."

a. jumping jack
b. biceps curl
c. marching
d. knee up
e. lunges

"9. Dalam proses pembelajaran gerak lokomotor berjalan, berikut pembelajaran pola gerak dasar yang tepat dilakukan oleh guru PJOK SD…."

a. Mendisain pembelajaran berjalan dan melangkah dengan kecepatan yang berbeda
b. Mendisain pembelajaran pola gerak langkah dan ayunan lengan
c. Mengajarkan variasi langkah dalam berjalan yang berbeda
d. Mengombinasikan macam-macam berjalan dengan langkah
e. Mengombinasikan arah langkah yang berbeda dengan ayunan lengan

"10. Harmonisasi gerak dan irama dalam aktivitas gerak berirama sangatlah penting untuk dikuasai. Peserta didik selain harus dapat menguasai langkah kaki, juga harus mampu mengombinasikannya dengan ayunan lengan. Yang merupakan gerak dasar langkah kaki pada aktivitas gerak berirama adalah…."

a. knee up dan butterfly
b. claps dan butterfly
c. lunges dan marching
d. lunges dan claps
e. marching dan - biceps curl

Untuk soal dan kunci jawabannya silahkan UNDUH DISINI.

GABUNG DI GRUP FACEBOOK Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK (KLIK GABUNG)

GABUNG DI GRUP TELEGRAM Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK (KLIK GABUNG)

Demikianlah informasi yang dapapt guru-id bagikan, semoga bermanfaat dan menjadi referensi bermanfaat bagi peserta Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK yang sedang mengikuti pelatihan.

sumber: https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-pppk/ DISCLAIMER

Sobat pembaca, Postingan pada blog ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola blog tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di blog ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola blog berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di blog ini.

0 Response to "Kunci Jawaban Soal Reviu Pembelajaran 2 PJOK Seri PPPK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel