Kunci Jawaban Soal Reviu Pembelajaran 3 PJOK Seri PPPK

Oke, langsung saja berikut adalah latihan soal sebelum try-out PPPK Bidang Studi PJOK reviu pembelajaran 3 materi (LINGKUP DAN URUTAN MATERI PEMBELAJARAN PJOK) yang bisa dijadikan bahan belajar oleh peserta calon guru ASN PPPK tahun 2021.

gambar Jawaban Soal Reviu Pembelajaran 3 PJOK Seri PPPK
PEMBELAJARAN 3: LINGKUP DAN URUTAN MATERI PEMBELAJARAN PJOK

Pendidikan jasmani ingin mewujudkan sumbangannya terhadap perkembangan peserta didik secara menyeluruh. Pada hakikatnya pendidikan jasmani adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan holistik dalam kualitas individu, baik dalam hal fisik, mental, serta emosional.

Pendidikan jasmani di SD mengedepankan pengembangan gerak dasar. Gerak dasar dikembangkan melalui berbagai aktivitas, diantaranya permainan dan/atau olahraga dan kebugaran jasmani, serta diberikan pula materi tentang kesehatan. Lingkup dan urutan materi kebugaran jasmani yang diajarkan di SD meliputi: pemahaman praktik gerak seimbang, lentur, kuat, lincah, berdaya tahan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.

Lingkup dan uruta materi permainan dan/atau OR meliputi pemahaman praktik gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. Pemahaman praktik dalam menjaga sikap tubuh, bergerak secara seimbang, lentur, kuat, lincah, dan berdaya tahan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional. Pemahaman praktik variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional

Bahan Belajar

"1. Pendidikan jasmani idealnya dapat memberikan sumbangan terhadap perkembangan peserta didik secara seimbang. Bentuk latihan keseimbangan berjalan pada satu garis lurus idealnya diajarkan pada peserta didik kelas bawah, yaitu kelas…"

a. III
b. I
c. IV
d. II
e. V

"2. Kemampuan fisik seseorang dalam melaksanakan tugas sehari-hari ditentukan oleh . . . ."

a. derajat kebugaran jasmani
b. Sering Berolahraga
c. volume daya tahan yang tinggi
d. kemampuan dalam melakukan aktivitas
e. tingkat kesehatan seseorang

RIVIU PEMBELAJARAN 3 LINGKUP DAN URUTAN MATERI PEMBELAJARAN PJOK

"1. Melalui pendekatan permainan diharapkan peserta didik memiliki pengalaman gerak yang akan menjadi bekal untuk mempelajari gerak yang lebih kompleks. Materi kombinasi gerak dasar lokomotor diajarkan pada peserta didik kelas…."

a. II
b. IV
c. VI
d. III
e. V

"2. Pendidikan jasmani idealnya dapat memberikan sumbangan terhadap perkembangan peserta didik secara seimbang. Bentuk latihan keseimbangan berjalan pada satu garis lurus idealnya diajarkan pada peserta didik kelas bawah, yaitu kelas…"

a. V
b. III
c. IV
d. VI
e. II

"3. Melalui proses pendidikan jasmani diharapkan perkembangan peserta didik terjadi secara menyeluruh baik perkembangan jasmaniah, pengetahuan dan penalarannya. Untuk mengembangkan kemampuan peserta didik, guru idealnya mampu memberikan materi sesuai dengan perkembangan usia peserta didik. Materi pengukuran kebugaran jasmani secara sederhana diberikan pada peserta didik kelas…."

a. VI
b. III
c. V
d. II
e. IV

"4. Penggunaan metode belajar yang sesuai dengan karakteristik perkembangan motorik peserta didik akan membantu guru mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Kombinasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif diajarkan pada peserta didik kelas...."

a. II
b. III
c. V
d. VI
e. IV

"5. Materi kesehatan menjadi bagian yang amat penting untuk diajarkan kepada peserta didik SD, mulai dari kesehatan diri sampai pada pemeliharaan alat-alat reproduksi. Sejak di kelas berapa peserta didik diberikan materi mengenai alat-alat reproduksi?"

a. III
b. VI
c. II
d. V
e. IV

"6. Pendidikan jasmani tidak hanya menjadikan peserta didik sebagai anggota masyarakat sekedar tahu tentang kesehatan tetapi juga memiliki keterampilan dalam beraktivitas fisik sehingga mendapatkan manfaat tubuh yang sehat. Sejak kelas berapa peserta didik diajarkan mengenai materi menjaga kesehatan diri dan lingkungannya?"

a. II
b. III
c. VI
d. IV
e. V

Untuk soal dan kunci jawabannya silahkan UNDUH DISINI.

GABUNG DI GRUP FACEBOOK Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK (KLIK GABUNG)

GABUNG DI GRUP TELEGRAM Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK (KLIK GABUNG)

Demikianlah informasi yang dapapt guru-id bagikan, semoga bermanfaat dan menjadi referensi bermanfaat bagi peserta Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK yang sedang mengikuti pelatihan.

sumber: https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-pppk/ DISCLAIMER

Sobat pembaca, Postingan pada blog ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola blog tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di blog ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola blog berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di blog ini.

0 Response to "Kunci Jawaban Soal Reviu Pembelajaran 3 PJOK Seri PPPK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel