Kunci Jawaban Soal Reviu Pembelajaran 6 PJOK Seri PPPK

Oke, langsung saja berikut adalah latihan soal sebelum try-out PPPK Bidang Studi PJOK reviu pembelajaran 6 materi (ANALISIS KI-KD BERDASARKAN KONSEP INTERDISIPLIN DAN MULTIDISIPLIN) yang bisa dijadikan bahan belajar oleh peserta calon guru ASN PPPK tahun 2021.

gambar kunci jawaban reviu pembelajaran 6 pjok
PEMBELAJARAN 6: ANALISIS KI-KD BERDASARKAN KONSEP INTERDISIPLIN DAN MULTIDISIPLIN

Kajian permainan bola kasti dalam pendidikan jasmani akan ditinjau dari sudut pandang sejarah, matematika, dan fisika.

Dilihat dari sejarahnya, permainan bola kasti menggambarkan, bahwa meskipun permainan bola kasti berasal dari Inggris, namun permainan bola kasti sudah dimainkan di Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda dan Jepang. Perolehan nilai dalam permainan kasti dapat dikaji dari sudut pandang ilmu Matematika, dimana pemukul akan mendapat nilai 2, bila ia dapat lari dari ruang pemukul ke tiang bebas dan kembali ke ruang bebas dengan selamat atas pukulannya sendiri. Jika perjalanan kembali ke ruang bebas dilakukan dalam 2 atau 3 bagian dengan selamat dan pukulannya betul, maka pelari akan mendapat nilai 1.

Setiap bola yang terpukul dan dapat ditangkap oleh pemain lapangan sebelum mengenai tanah, dinyatakan sebagai bola tangkap dan penangkap mendapat nilai 1.

Jika dikaji dari sudut pandang fisika, cara melempar dan menangkap bola di dalam permainan kasti ditentukan oleh arah datangnya bola. Bagaimana datangnya bola akan menjadi faktor bagi para penangkap bola untuk menyesuaikan diri untuk bergerak dan mampu menangkap arah bola dengan tepat.

Bahan Belajar

"1. Tangan lempar diayunkan dari atas menuju bawah lutut, merupakan cara melempar bola . . ."

a. samping
b. rendah
c. lurus mendatar
d. menggelundung
e. melambung

"2. Tangkap bola dengan kedua tangan lalu genggam dengan jari dan setelah bola tertangkap, tarik ke arah dada dengan menekuk siku, merupakan cara menangkap bola . . . .

a.samping
b. melambung
c. menggelundung
d. rendah
e. mendatar RIVIU PEMBELAJARAN 6 ANALISIS KI-KD BERDASARKAN KONSEP INTERDISIPLIN DAN MULTIDISIPLIN

"1. Pada permainan bola kasti, ketika pemain berlari sekencang-kencangnya ke tiang hinggap dan tiba-tiba berhenti. Saat berhenti tiba-tiba di tiang hinggap berlaku hukum Newton I, dengan posisi tubuh….

a. terdorong ke depan
b. melenting
c. terduduk
d. terjatuh ke tanah
e. menyentuh tiang

"2. Pada saat bermain kasti, pemukul pertama berhasil memukul bola dengan benar dan dapat berlari ke tiang hinggap 1 dan berhenti menunggu kesempatan untuk berlari ke tiang hinggap 2, setelah kawan yang lain memukul pelari pertama berlari ke tiang hinggap 2 dan langsung dapat kembali ke ruang bebas dengan selamat diikuti oleh kawan setim dibelakangnya. Berapa point yang di dapat oleh pemukul pertama dan ke pemukul berapa pemain pertama bisa sampai ke ruang bebas?

a. poin satu dan dari pemukul kedua
b. poin satu dan dari pemukul ketiga
c. poin dua dan dari pemukul kedua

d. poin tiga dan dari pemukul ketiga
e. poin dua dan dari pemukul ketiga

"3. Pada permainan HIJAU-HITAM saat ada keinginan sesama anggota regu untuk mencari strategi memenangkan permainan dan didukung oleh anggota regu yang lain, hal yang dimunculkan oleh para pemain adalah….

a. tanggungjawab
b. motivasi tinggi
c. percaya diri
d. Pantang menyerah
e. eksistensi

"4. Permainan Hitam-Hijau yang dimainkan tanpa alat terdiri dari dua barisan, yaitu barisan A yang dinamakan Hijau dan barisan B yang dinamakan Hitam. Jarak antara barisan A dan B kurang lebih sejauh 2 meter dan jarak dari masing-masing barisan ke belakang kurang lebih 10 - 20 meter sebagai batas untuk lari. Berikut tujuan permainan hijau-hitam ditinjau dari aturan permainan....

a. melatih kecepatan reaksi
b. menerapkan tanggung jawab
c. mengenal warna
d. meningkatkan disiplin
e. mengembangkan jati diri

"5. Permainan Hitam-Hijau yang dimainkan tanpa alat terdiri dari dua barisan, yaitu barisan A yang dinamakan Hijau dan barisan B yang dinamakan Hitam. Jarak antara barisan A dan B kurang lebih sejauh 2 meter dan jarak dari masing-masing barisan ke belakang kurang lebih 10 - 20 meter sebagai batas untuk lari. Berikut tujuan permainan hijau-hitam ditinjau dari aturan permainan....

a. mengenal warna
b. menerapkan tanggung jawab
c. meningkatkan disiplin
d. melatih kecepatan reaksi
e. mengembangkan jati diri

"6. Permainan hijau hitam dilakukan oleh dua regu, anggota regu harus berkonsentrasi pada instruksi yang diberikan oleh pemimpin permainan. Kedua regu harus cepat bereaksi sesaat setelah aba-aba diberikan. Regu A menangkap B atau sebaliknya. Komponen kebugaran jasmani apa yang dikembangkan pada saat pemimpin permainan memberikan aba-aba HI….JAU atau HI…TAM?

a. kecepatan reaksi
b. kelincahan
c. daya tahan
d. kekuatan
e. kecepatan

"7. Saat regu A berlari sekencang-kencangnya mengejar anggota regu B pada permainan HIJAU-HITAM ada keinginan dari beberapa anggota regu A untuk menangkap regu B atau sebaliknya. Hal yang menyebabkan anggota regu ingin memenangkan permainan adalah….

a. tanggungjawab
b. percaya diri
c. eksistensi
d. motivasi tinggi
e. pantang menyerah

"8. Pada saat bermain kasti, pemukul pertama berhasil memukul bola dengan benar dan dapat berlari ke tiang hinggap 1 dan tiang hinggap 2, serta dapat kembali ke ruang bebas dengan selamat secara langsung tanpa terhalang oleh penjaga. Dari keterangan diatas maka point yang diperoleh oleh pemain tersebut adalah…

a. 0
b. 1
c. 2
d. 4
e. 3

"9. Permainan bola kasti di Indonesia sudah dimainkan sejak zaman penjajahan Belanda dan Jepang. Penemu permainan bola kasti adalah negara….

a. Belanda
b. Irlandia
c. Inggris
d. Amerika
e. Skotlandia

"10. Permainan hijau hitam dilakukan oleh dua regu, anggota regu harus berkonsentrasi pada instruksi yang diberikan oleh pemimpin permainan. Kedua regu harus cepat bereaksi sesaat setelah aba-aba diberikan. Regu HIJAU menangkap regu HITAM atau sebaliknya. Komponen kebugaran jasmani apa yang dikembangkan ketika regu HIJAU-HITAM berusaha saling menangkap dan menghindar?

a. kecepatan reaksi
b. kelincahan
c. kecepatan
d. kekuatan
e. daya ledak otot

Untuk soal dan kunci jawabannya silahkan UNDUH DISINI.

GABUNG DI GRUP FACEBOOK Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK (KLIK GABUNG)

GABUNG DI GRUP TELEGRAM Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK (KLIK GABUNG)

Demikianlah informasi yang dapapt guru-id bagikan, semoga bermanfaat dan menjadi referensi bermanfaat bagi peserta Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK yang sedang mengikuti pelatihan.

sumber: https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-pppk/ DISCLAIMER

Sobat pembaca, Postingan pada blog ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola blog tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di blog ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola blog berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di blog ini.

0 Response to "Kunci Jawaban Soal Reviu Pembelajaran 6 PJOK Seri PPPK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel