Kunci Jawaban Soal Reviu Pembelajaran 7 PJOK Seri PPPK

Oke, langsung saja berikut adalah latihan soal sebelum try-out PPPK Bidang Studi PJOK rIviu pembelajaran 7 materi (ILMU PENUNJANG KEPENJASAN) yang bisa dijadikan bahan belajar oleh peserta calon guru ASN PPPK tahun 2021.

PEMBELAJARAN 7: ILMU PENUNJANG KEPENJASAN

Manfaat sejarah keolahragaan dan PJOK dalam penanaman sikap peserta didik adalah (1) sebagai edukatif atau pelajaran, yakni belajar dari pengalaman yang pernah dilakukan. Pengalaman tidak hanya terbatas pada pengalaman yang dialaminya sendiri, melainkan juga dari generasi sebelumnya; (2) sebagai inspirasi, yakni berbagai kisah sejarah dapat memberikan inspirasi pada pembaca dan pendengarnya; dan (3) sebagai kegunaan rekreatif, kegunaan sejarah sebagai kisah dapat memberi suatu hiburan yang segar.

Pendidikan Jasmani mempunyai makna penting pada aspek sosial-budaya, psikologis dan politik. Pendidikan Jasmani dapat meningkatkan stabilitas sosial-psikologis dan memainkan peran dalam menggairahkan hidup sehari-hari. Pendidikan Jasmani mempunyai fungsi sosialisasi terhadap penyadaran individu tentang moral dan nilai. Pendidikan Jasmani memainkan peran untuk mempersatukan warga masyarakat yang berkelompok-kelompok sehingga menyatu dalam pencapain tujuan secara bersama-sama, yang pada gilirannya akan memperkokoh persatuan secara menyeluruh. Fungsi integratif dari Pendidikan Jasmani dapat menjadi perekat bagi warga masyarakat tatanan industri yang semakin individualistis.

Bahan Belajar

"1. Mendefinisikan psikologi dalam gerak adalah…"

a. ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia/peserta didik, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan temannya
b. ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku gerak manusia/peserta didik, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan yang lain di lingkungannya.
c. ilmu pertumbuhan dan perkembangan kualitas diri dan lingkungan seimbang
d. ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia/peserta didik, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya.
e. ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia/peserta didik, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan daerahnya.

"2. PJOK merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilainilai (sikap-mental- emosional-sportivitas-spiritual-sosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang...."

a. pertumbuhan dan perkembangan kualitas diri dan lingkungan seimbang
b. pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis yang seimbang
c. pertumbuhan dan perkembangan kualitas dinamik dan dinamis seimbang
d. pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia/peserta didik, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan temannya
e. pertumbuhan dan perkembangan kualitas sardik dan bangunan seimbang RIVIU PEMBELAJARAN 7 ILMU PENUNJANG KEPENJASAN

"1. Penerapan sosiologi olahraga dalam pembelajaran PJOK yang efektif adalah…."

a. diberi hadiah untuk prestasi yang diperoleh
b. diberi contoh atau teladan yang baik oleh pengajar
c. diajarkan, diberi contoh, dan diberi hadiah atau hukuman
d. diberi hukuman untuk kesalahan yang dilakukan
e. diajarkan dengan menerangkan bagaimana melakukan tugas atau latihan

"2. Pada pembelajaran aktivitas senam berdiri satu kaki, salah satu peserta didik mengalami kesulitan dalam melakukan posisi tersebut, namun ia terus mencoba sampai akhirnya mampu melakukan gerakan tersebut. Kondisi psikologis yang ditunjukan oleh peserta didik tersebut adalah…."

a. kepercayaan diri
b. percaya diri
c. tanggungjawab
d. pantang menyerah
e. motivasi tinggi

"3. Kajian penting psikologi olahraga dalam Pendidikan jasmani salah satunya adalah tentang motivasi, terdapat beberapa teknik yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didiknya. Memberi pujian, memberi koreksi dan sugesti, memberi petunjuk atau arahan adalah contoh memberi motivasi dengan teknik…."

a. verbal
b. intensif
c. supervise
d. citra mental
e. behavioral

"4. Melalui pendidikan jasmani kepercayaan diri dan citra diri (self esteem) peserta didik akan berkembang. Dalam membentuk kepercayaan diri dan citra diri yang dapat dilakukan oleh guru adalah...."

a. Memberi semangat peserta didik untuk terus meningkatkan citra dirinya
b. Memberikan pujian kepada peserta didik yang berhasil menguasai keterampilan gerak
c. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk tampil pada even olahraga
d. Membangun citra diri murid melalui program ekstra kurikuler olahraga
e. Membantu peserta didik untuk meningkatkan kepercayaan dirinya

"5. Proses dan keberhasilan belajar peserta didik ditentukan oleh peran yang dibawakan guru selama interaksi kegiatan belajar mengajar berlangsung. Kompetensi profesional guru dalam mengajar dapat dikembangkan melalui…."

a. pendidikan dan pelatihan model-model pembelajaran
b. kegiatan penyusunan RPP di komunitas guru
c. menyusun penelitian tindakan kelas
d. forum group discussion perencanaan pembelajaran
e. workshop penyusunan bahan belajar

"6. Keyakinan yang tidak bisa disangkal terkait falsafah pendidikan jasmani adalah…."

a. Penjas meningkatkan kesehatan peserta didik
b. Penjas dapat diupayakan untuk mengembangkan kepribadian
c. Penjas mengembangkan keterampilan (psikomotor)
d. Penjas satu satunya yang dapat meningkatkan kebugaran jasmani
e. Penjas meningkatkan kemampuan kognitif

"7. Aktivitas jasmani dapat menjadi medium pergaulan sosial (social intercourse), yaitu bertemu dengan orang-orang baru dan untuk mempercepat atau mempererat hubungan yang telah ada. Berdasarkan pernyataan tersebut, penerapan dalam pendidikan jasmani adalah…."

a. Di akhir semester mengadakan kegiatan class meeting di sekolah
b. Mengikuti event pertandingan ataupun perlombaan antar sekolah
c. Mengaktifkan kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler di lingkungan sekolah
d. Memberikan kesempatan bergaul seluas-luasnya kepada peserta didik
e. Mengadakan pertemuan rutin untuk membuat program ekstrakurikuler

"8. Tuntutan profesional guru menghadapi abad 21 harus memiliki kompetensi pedagogic, kepribadian, sosial, dan professional. Dalam pembentukan karakter dan sikap peserta didik, guru memiliki peran penting sebagai…."

a. desainer program pembelajaran
b. pendidik yang cerdas
c. guru yang berkualitas
d. pemberi keteladanan
e. pengajar yang kreatif

"9. Dari segi sejarah, perkembangan cabang-cabang olahraga pada skala internasional tidak bisa dipisahkan dari diselenggarakannya pesta olahraga antar benua. Barron Pierre de Coubertin adalah pencipta…."

a. Olimpiade Romawi
b. Olimpiade Yunani kuno
c. Olimpiade Sparta
d. Olimpiade kuno
e. Olimpiade modern

"10. Pada tanggal 8 - 12 September 1948, salah satu even bersejarah bagi olahraga di Indonesia adalah terselenggaranya Pekan Olahraga Nasional (PON) I yang diselenggarakan di kota…."

a. Jakarta
b. Surakarta
c. Surabaya
d. Jogjakarta
e. Bandung

Untuk soal dan kunci jawabannya silahkan UNDUH DISINI.

GABUNG DI GRUP FACEBOOK Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK (KLIK GABUNG)

GABUNG DI GRUP TELEGRAM Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK (KLIK GABUNG)

Demikianlah informasi yang dapapt guru-id bagikan, semoga bermanfaat dan menjadi referensi bermanfaat bagi peserta Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK yang sedang mengikuti pelatihan.

sumber: https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-pppk/ DISCLAIMER

Sobat pembaca, Postingan pada blog ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola blog tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di blog ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola blog berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel