Kunci Jawaban Soal Reviu Pembelajaran 11 PJOK Seri PPPK

Oke, langsung saja berikut adalah latihan soal sebelum try-out PPPK Bidang Studi PJOK rIviu pembelajaran 11 materi (KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS) yang bisa dijadikan bahan belajar oleh peserta calon guru ASN PPPK tahun 2021.

PEMBELAJARAN 11: KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran pendidikan jasmani dapat dimaknai sebagai kemampuan nalar peserta didk dalam hal membuat keputusan. Pendidikan jasmani yang efektif mampu merangsang kemampuan berpikir dan daya analisis peserta didik ketika terlibat dalam kegiatan-kegiatan fisik.

Pola-pola permainan yang memerlukan tugas-tugas tertentu akan menekankan pentingnya kemampuan nalar peserta didik dalam hal membuat keputusan.

Secara tidak langsung dalam pembelajaran PJOK, taktik dan strategi yang digunakan dalam berbagai permainan, proses pembelajaran melalui diskusi terbuka dapat menantang penalaran peserta didik untuk membuat keputusan yang tepat dan cepat.

Bahan Belajar

"1. Pada pembelajaran kebugaran jasmani, guru menggunakan model problem based learning. Pada tahapan pengumpulan informasi dan data, berikut contoh pernyataan yang tepat…."

a. Guru memperhatikan dan langsung memperbaiki gerakan-gerakan latihan kekuatan otot yang sedang dipraktikkan peserta didik.
b. Peserta didik menetapkan solusi penyelesaian masalah dari kesalahan gerakan-gerakan latihan kekuatan otot yang mereka lakukan secara sendiri-sendiri
c. Peserta didik menetapkan solusi penyelesaian masalah dari kesalahan gerakan-gerakan latihan kekuatan otot yang mereka lakukan
d. Guru menanyakan kepada peserta didik tentang kesalahan yang sering mereka temukan pada saat melakukan gerakan latihan tersebut.
e. Peserta didik mempraktikkan gerakan-gerakan latihan kekuatan otot secara berpasangan sesuai dengan lembar kerja yang ditentukan oleh guru.

"2. Tindakan mengidentifikasi masalah dalam melakukan shooting saat bermain bola basket, menunjukkan elemen keterampilan berpikir kritis pada tahap...."

a. reason
b. situation
c. inference
d. kekuatan otot
e. focus RIVIU PEMBELAJARAN 11 KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

"1. Tindakan mengidentifikasi masalah dalam melakukan shooting saat bermain bola basket, menunjukkan elemen keterampilan berpikir kritis pada tahap...."

a. inference
b. reason
c. focus
d. clarity
e. situation

"2. Dalam pembelajaran pendidikan jasmani banyak sekali adegan pembelajaran yang memerlukan diskusi terbuka yang menantang penalaran peserta didik. Kemampuan berpikir dan daya analisis dikembangkan melalui permasalahan-permasalahan yang diberikan oleh guru. Kemampuan nalar membuat keputusan memecahkan suatu permasalahan merupakan proses…."

a. membuat keputusan
b. berpikir kritis
c. pemecahan masalah
d. kemampuan nalar
e. berpikir kreatif

"3. Dalam merumuskan tujuan pembelajaran, unsur perilaku yang terdapat pada rumusan tujuan pembelajaran ditulis…."

a. Menggunakan kata keterangan
b. Secara singkat
c. Secara jelas
d. Secara terukur
e. Menggunakan kata kerja

"4. Pada pembelajaran kebugaran jasmani, guru menggunakan model problem based learning. Pada tahapan pengumpulan informasi dan data, berikut contoh pernyataan yang tepat…. …"

a. Guru menanyakan kepada peserta didik tentang kesalahan yang sering mereka temukan pada saat melakukan gerakan latihan tersebut
b. Peserta didik menetapkan solusi penyelesaian masalah dari kesalahan gerakan-gerakan latihan kekuatan otot yang mereka lakukan.
c. Peserta didik menyusun hasil kerja kelompok berupa paparan, peragaan atau dalam bentuk lembaran dan penampilan gerak
d. Peserta didik mempraktikkan gerakan-gerakan latihan kekuatan otot secara berpasangan sesuai dengan lembar kerja yang ditentukan oleh guru
e. Guru memperhatikan dan langsung memperbaiki gerakan-gerakan latihan kekuatan otot yang sedang dipraktikkan peserta didik

Untuk soal dan kunci jawabannya silahkan UNDUH DISINI.

GABUNG DI GRUP FACEBOOK Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK (KLIK GABUNG)

GABUNG DI GRUP TELEGRAM Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK (KLIK GABUNG)

Demikianlah informasi yang dapapt guru-id bagikan, semoga bermanfaat dan menjadi referensi bermanfaat bagi peserta Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK yang sedang mengikuti pelatihan.

sumber: https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-pppk/ DISCLAIMER

Sobat pembaca, Postingan pada blog ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola blog tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di blog ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola blog berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel