Jadwal PPG Daljab Angkatan 1-4 Tahun 2021

PAda postingan kali ini guru-id akan berbagi informasi singkat mengenai "jadwal ppg daljab 2021 yang berisii rencana jadwal dan mekanismenya.

gambar jadwal ppg daljab 2021
1. Pelaksanaan PPG
👉Akt I : 1 April 2021
👉Akt II : 24 Mei 2021
👉Akt III : 15 Juli 2021
👉Akt IV : 13 September 2021

2. Pelaksanaan Ujian Pengetahuan
👉Akt I : 10-11 Juli 2021
👉Akt II : 28-29 Agustus 2021
👉Akt III : 16-17 Oktober 2021
👉Akt IV : 12-13 Desember 2021

KURIKULUM PROGRAM PPG DALAM JABATAN

Sobat edukasi, Kurikulum Program PPG dikembangkan mengacu pada profil lulusan Program PPG:

“Guru profesional yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia yang menguasai materi ajar, berkarakter dan berkepribadian Indonesia, menginspirasi dan menjadi teladan, memiliki penampilan memesona, berwibawa, tegas, ikhlas, serta disiplin yang mampu mendidik, membelajarkan, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terkinidan masa depan”.

Kurikulum Program PPG dirancang untuk memfasilitasi mahasiswa Program PPG mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL), yang dinyatakan dalam Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) pada Bidang Studi atau Program Keahlian masing-masing.

STRUKTUR KURIKULUM PROGRAM STUDI PPG

Struktur kurikulum program PPG Dalam Jabatan terdiri dari 3 kelompok mata kuliah yaitu:

(1) pendalaman materi pedagogik dan bidang studi

(2) pengembangan perangkatpembelajaran dan new model peerteaching

(3) praktik pengalaman lapangan.

Berdasarkan standar pendidikan guru beban belajar program PPG adalah 36 - 40 sks. Untuk PPG Dalam Jabatan, beban belajar yang harus ditempuh sebanyak 12 sks, sedangkan beban belajar sebanyak 24 sks dipenuhi melalui rekognisi pengalaman

ALUR PPG DALAM DARING
gambar skema ppg daljab daring
A. Pendalaman Materi

a. Kegiatan pendalaman materi melalui belajar mandiri ini merupakan kegiatan pertama dari 7 tahapan kegiatan PPG Dalam Jabatan.

b. Kegiatan Pendalaman Materi melalui Belajar Mandiri adalah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa secara mandiri dan daring (bukan melalui tatap muka) untuk mempelajari/mendalami materi PPG, berdiskusi, dan berlatih menjawab soal secara daring di bawah bimbingan Dosen PPG

c. Kegiatan ini memiliki bobot 5 sks dan diselesaikan dalam waktu 30 hari. Mahasiswa diwajibkan tuntas dalam mempelajari 6 modul Profesional, dan 4 modul Pedagogik. Masing-masing modul terdiri atas 4 Kegiatan Belajar (KB). Jadi, jumlah modul sebanyak 10 modul atau 40 KB.

Tujuan

Tujuan dari Kegiatan pendalaman materi melalui belajar mandiri ini adalah membekali mahasiswa di awal kegiatan PPG Dalam Jabatan mengenai materi bidang studi, pedagogik, TPACK (Technological. Pedagogical, Content Knowledge), dan HOTS (Higher Order Thinking Skills) agar mahasiswa menguasai materi bidang studi, pedagogi sebagai bekal di dalam melakukan perancangan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Disamping itu mahasiswa diharapkan sukses dalam tahap Uji Kompetensi Mahasiswa PPG.

Aktivitas mahasiswa

a. Mahasiswa wajib mempelajari secara mandiri 6 modul Bidang Studi (terdiri atas24 KB) dan 4 modul Pedagogik (terdiri atas 16 KB).

b. Untuk bisa mengakses modul secara daring, maka mahasiswa masuk melalui laman: https://ppg.kemdikbud.go.id

c. Setiap 3 hari, mahasiswa wajib menyelesaikan pembelajaran 1 modul (4 KB) danmenguasai materi yang disajikan dalam modul tersebut.

d. Mahasiswa wajib mengikuti secara aktif diskusi yang dipandu oleh dosen.

e. Mahasiswa wajib mengerjakan tes formatif di akhir KB dan tes sumatif di akhirmodul.

f. Mahasiswa melakukan refleksi atas aktivitas pendalaman materi.

Aktivitas Dosen

a. Dosen wajib memastikan bahwa semua mahasiswa mempelajari modul sesuaidengan jadwalnya. Hal yang bisa dilakukan antara lain dengan memberikan salam,sapa, memberi motivasi secara daring melalui aplikasi.

b. Dosen wajib memandu diskusi selama mahasiswa mempelajari materi secara daring. Diskusi bisa dilakukan dengan cara saling tanya jawab, maupunmemberikan pendalaman materi untuk memperkaya, memperdalam, memperluashal yang disajikan dalam modul menuju HOTS dan TPACK.

c. Dosen memberikan penilaian keaktifan diskusi melalui daring.

d. Dosen memberikan evaluasi tes formatif dan sumatif untuk setiap modul.

e. Dosen melakukan refleksi.

Tagihan kinerja pada tahapan ini yang harus dipenuhi oleh mahasiswa setelahmenyelesaikan pendalaman materi setiap modul berupa tes sumatif.

B.Pengembangan Perangkat Pembelajaran a. Tahap pengembangan perangkat pembelajaran ini merupakan kegiatan On the Job Learning yang dilakukan oleh mahasiswa Program PPG yang telah menyelesaikan tahap Pendalaman Materi.

b. Tahap ini memiliki bobot 2 (dua) SKS yang ekivalen dengan waktu belajar selama 2 (dua) minggu.

c. Tujuan tahap pengembangan perangkat pembelajaran

a. Mengaplikasikan dan mengintegrasikan penguasaan materi sebelumnya, yaitu pendalaman materi bidang studi dan pedagogik dalam bentuk penyusunan perangkat pembelajaran.

b. Menyusun perangkat pembelajaran untuk kegiatan PPL.

d. Mengingat kegiatan PPG dalam Jabatan ini dilakukan masih pada masa pandemi covid- 19, maka tahap ini didisain sepenuhnya dilakukan secara daring dari tempat asal Mahasiswa PPG

dalam Jabatan dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang berlaku. Aktivitas utama pada tahap ini yaitu:

1. Pengembangan Perangkat Pembelajaran

2. Pembuatan satu rekaman video praktik pembelajaran

Produk kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran sebagai berikut:

• Perangkat pembelajaran (RPP, Bahan Ajar, Media, LKPD, Asesmen) untuk 3 pertemuan

• Video praktik pembelajaran dari salah satu pertemuan RPP yang disusun

c. Lokakarya Reviu Perangkat Pembelajaran dan Refleksi

1. Reviu perangkat pembelajaran dan refleksi merupakan kegiatan tahap ke 3 (tiga) dalam Program PPG Dalam Jabatan.

2. Reviu perangkat pembelajaran dan refleksi dimaksudkan adalah kegiatan mereviu perangkat pembelajaran yang telah dibuat mahasiswa pada tahappengembangan perangkat pembelajaran sebelumnya, newmodel peerteaching, PTK, refleksi, dan RTL.

3. New model peerteaching adalah kegiatan presentasi yang diawali dengan mengkritisi perangkat dan video praktik pembelajaran yang telah dirancang,agar dalam pelaksanaan pembelajaran PPL nanti mahasiswa dapat melaksanakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan dengan mengintegrasikan kemampuan critical thinking, creative thinking, reflective thinking dan decicsion making ke dalam kegiatan belajar melalui inquiry based learning dengan karakteristik pembelajaran berbasis HOTS serta menerapkan konsep pembelajaran melalui pendekatan TPACK berbasis platform RI 4.0 maupun meluruskan miskonsepsi yang muncul dalampembelajaran.

4. Kegiatan reviu perangkat pembelajaran dan refleksi ini memiliki bobot 1 SKS yang dilaksanakan selama 8 hari.

Tujuan :

a. Mahasiswa mampu melakukan reviu, agar perangkat pembelajaran memiliki: - Kejelasan tujuan pembelajaran dan IPK (indikator pencapaian kompetensi)

- Kesesuaian materi ajar (bahan ajar) dengan tujuan pembelajaran

- Tidak terdapat materi-materi ajar yang miskonsepsi

- Ketepatan strategi dan metode pembelajaran

- Kesesuaian media yang digunakan dalam pembelajaran

- Mengintegrasikan kemampuan critical thinking, creative thinking, reflective thinking dan decision making ke dalam kegiatan belajar melalui inquiry based activities

- Rencana pembelajaran berbasis HOTS

- Memuat pembelajaran yang mendidik dengan pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) berbasis platform revolusi industri 4.0.

b. Mahasiswa mampu menerapkan pembelajaran yang mendidik melaluipelaksanaan new model peer teaching.

c. Mahasiswa memiliki kemampuan melakukan refleksi terhadap kegiatan reviu perangkat pembelajaran untuk melihat kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh mahasiswa dalam mereviu perangkat pembelajaran

d. Mahasiswa memiliki kemampuan dalam merencanakan kegiatan penelitiantindakan kelas.

e. Mahasiswa mampu menyusun rencana tindak lanjut dalam pelaksanaanpembelajaran PPL.

Aktifitas kegiatan reviu perangkat pembelajaran dan refleksi meliputi rincian kegiatanyang dilakukan baik oleh Dosen, Guru Pamong, dan Mahasiswa selama 8 hari melaluionline (daring) baik secara sinkron maupun asinkron.

Produk Akhir Kegiatan Reviu Perangkat Pembelajaran dan Refleksi Perangkat pembelajaran (RPP, bahan ajar, LKPD, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran) Video new model peerteaching yang di padatkan dari durasi 30 menit menjadi kurang lebih 7-10 menit

Baca juga : CARA MENDAFTAR PPG DALAM JABATAN TAHUN 2021

Untuk lebih jelasnya silahkan download file pdf INFORMASI SINGKAT PELAKSANAAN PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN TAHUN 2021 (SIMPAN FILE).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel