Soal Penerapan Hak dan Kewajiban serta Norma Pancasila & Kunci Jawaban

Sobat edukasi, pada pembelajaran 3 mata pelajaran PPKn SD, peserta seri belajar mandiri calon Guru ASN PPPK wajib menguasai materi Penerapan Hak dan Kewajiban serta Norma Pancasila. Sebagaimana kita ketahui bersama bahan belajar ini merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru PPKn agar mampu menganalisis penerapan hak dan kewajiban serta Norma Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

gambar kunci jawaban seri pppk

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi Pengertian warga negara, karakteristik warga negara, hak dan Kewajiban sebagai warga negara, isu kewarganegaraan dalam isu lokal dan nasional, norma-norma pancasila, isu penerapan norma pancasila dalam kehidupan dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline.

Hak dan kewajiban warga negara muncul sebagai akibat adanya hubungan warga negara dan negara. Hubungan antara warga negara dan negara dapat dilihat dari perspektif hukum, politik, kesusilaan, dan kebudayaan (cholisin. 2007). Dari perspektif hukum didasarkan konsepsi bahwa warga negara adalah seluruh individu yang memiliki ikatan hukum dengan suatu negara. Hubungan yang bersifat hukum dibedakan menjadi (a) hubungan hukum yang sederajat dan tidak sederajat dan (b) hubungan timbal balik dan timbang timpang.

Isu kewarganegaraan dalam konteks lokal berorientasi pada isu-isu kewarganegaraan pada teritori lokal atau wilayah bagian suatu negara seperti provinsi atau kabupaten kota. Indonesia sendiri adalah negara yang multikultural dan majemuk. Keduanya menjadi identitas khas bangsa Indonesia yang dapat memperkaya sekaligus menjadi faktor trigger (pemicu) lahirnya perpecahan. Dilematik paradigma ini yang dapat menjadi alasan munculnya berbagai isu kebangsaan dalam teritori lokal yang dapat melunturkan nilai kebhinekaan serta rasa kebangsaan seperti cinta tanah air, patriotik, dan bela negara.

Untuk lebih jelasnya berikut soal dan jawaban bahan belajar Penerapan Hak dan Kewajiban serta Norma Pancasila pada pembelajaran 3 seri pppk.

1. "Perbedaan utama antara warga negara Indonesia dengan warga negara asing adalah..."

hak dan kewajiban
lama tinggal
tempat tinggal
strata sosial
pekerjaan tetap

2. "Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamnya dan kepercayaannya itu."

Hal ini tercantum dalam ....

UUD 1945 Pasal 29 ayat 2
UUD 1945 Pasal 30 ayat 4
UUD 1945 Pasal 29 ayat 1
UUD 1945 Pasal 30 ayat 2
UUD 1945 Pasal 28 ayat 1

Note : Jawaban yang dicetak tebal adalah jawaban yang benar.

GABUNG DI GRUP Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK (KLIK GABUNG)

SELANJUTNYA UNTUK FILE PDF MODUL Hak dan Kewajiban serta Norma Pancasila (UNDUH DISINI)

Demikianlah informasi yang dapapt guru-id bagikan, semoga bermanfaat dan menjadi referensi bermanfaat bagi peserta Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK yang sedang mengikuti pelatihan.

0 Response to "Soal Penerapan Hak dan Kewajiban serta Norma Pancasila & Kunci Jawaban"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel