Soal Pra Try-out PJOK PPPK & Kunci Jawaban Pembelajaran 1

Oke, langsung saja berikut adalah latihan soal sebelum try-out PPPK Bidang Studi PJOK reviu pembelajaran 1 materi (PARADIGMA BARU PJOK) yang bisa dijadikan bahan belajar oleh peserta calon guru ASN PPPK tahun 2021.

gambar kunci jawaban reviu pembelajaran 1 pjok seri PPPK
PEMBELAJARAN 1: PARADIGMA BARU PJOK

Pendidikan jasmani sebagai bagian dari proses pendidikan memiliki peranan yang penting dalam membentuk manusia yang sempurna, karena melalui pendidikan jasmani akan dapat dikembangkan secara sempurna baik aspek fisik, psikomotor, kognitif, dan afektif. Untuk merealisasikan tujuan tersebut seorang guru PJOK harus memahami hakikat, pengertian dan tujuan Penjas, hakikat dan proses belajar Penjas tidak sebagai olahraga yang menekankan hanya pada masalah prestasi, namun lebih dari itu. Oleh karena itu seorang guru dituntut kreativitasnya dalam merencanakan dan melaksanakan program pembelajaran dengan strategi pembelajaran yang tepat disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat perkembangan siswa. Pendidikan olahraga adalah pendidikan yang membina anak agar menguasai cabang-cabang olahraga tertentu. Peserta didik diperkenalkan berbagai cabang olahraga agar mereka menguasai keterampilan berolahraga. Yang ditekankan di sini adalah “hasil” dari pembelajaran sehingga metode pembelajaran serta bagaimana anak menjalani pembelajarannya didikte oleh hasil akhir yang ingin dicapai.

Teknik-teknik dasar dalam pelajaran lebih ditekankan dengan cara penyajian materi pelajaran dengan pendekatan drilling, atau dengan kata lain tahapan penyajian tugas gerak yang disesuaikan dengan kemampuan anak kurang diperhatikan. Pada praktiknya ciri-ciri pelatihan olahraga bisa menyusup ke dalam proses pembelajaran.

Bahan Belajar

"1. Proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan holistik dalam kualitas individu, baik dalam hal fisik, mental, serta emosional adalah…"

a. pengertian pendidikan jasmani
b. tujuan pendidikan jasmani
c. pengertian pendidikan kesehatan
d. Pengertian Olahraga
e. pengertian pendidikan olahraga

"2. Proses pendidikan yang membina peserta didik agar menguasai cabang-cabang olahraga tertentu, adalah…"

a. pengertian pendidikan olahraga
b. Pengertian Olahraga
c. tujuan pendidikan jasmani
d. pengertian pendidikan jasmani
e. pengertian pendidikan kesehatan RIVIU PEMBELAJARAN 1 PARADIGMA BARU PJOK

"1. Pendidikan jasmani merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan pada umumnya yang mempengaruhi potensi peserta didik dalam hal kognitif, afektif, dan psikomotor melalui aktivitas jasmani. Pada prinsipnya pendidikan jasmani adalah…"

a. aktivitas pendidikan yang dilakukan dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik yang bertujuan untuk memanfaatkan waktu luang
b. pendidikan melalui aktivitas jasmani untuk meningkatkan individu secara organic, neuromuskuler, perseptual, kognitif dan emosional
c. pendidikan yang dilakukan oleh masyarakat dengan kegemaran dan kemampuan yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan kondisi dan nilai budaya
d. pendidikan tentang aktivitas jasmani dan keolahragaan yang dilakukan atas dasar kecintaan atau kegemaran berolahraga melalui permainan
e. aktivitas pendidikan yang dilakukan oleh guru untuk membina dan mengembangkan peserta didik secara terencana benjenjang dan berkelanjutan

"2. Beban belajar di sekolah dalam masa pandemic Covid-19 memberikan dampak pada kurang bergeraknya peserta didik. Melalui pendidikan jasmani diharapkan permasalahan tersebut dapat diatasi. Hal efektif berikut manakah yang dapat memberikanmanfaat peserta didik di masa pandemi?"

a. Memberikan kesempatan untuk bergerak sesuai kebutuhan gerak dan keinginannya.
b. Mendesain pembelajaran melalui aktivitas gerak yang cukup dan menggembirakan.
c. Memberikan lembar kerja siswa untuk melakukan berbagai pola gerak dasar di rumah.
d. Mendesain pembelajaran untuk mengakomodir pemenuhan kebutuhan gerak.
e. Mendesain pembelajaran melalui metode permainan yang menggembirakan.

"3. Salah satu tujuan pendidikan jasmani adalah mengembangkan nilai-nilai pribadi dan sikap diri sendiri melalui partisipasi dalam aktivitas jasmani baik secara berkelompok maupun perorangan. Kondisi ideal yang bagaimana yang harus dimiliki peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan jasmani dalam pembelajaran PJOK?"

a. memiliki pengetahuan tentang keterampilan gerak dalam pembelajaran PJOK
b. aktif bertanya tentang apa yang tidak diketahui dalam pembelajaran PJOK
c. berani mencoba dan mengambil resiko dalam pembelajaran PJOK
d. motivasi dan percaya diri tinggi dalam mengikuti pembelajaran PJOK
e. aktif melakukan gerakan-gerakan yang menunjang pembelajaran PJOK

"4. Pada pendidikan jasmani, program yang dikembangkan sebagai sarana untuk membentuk pertumbuhan dan perkembangan totalitas subjek, sedangkan pendidikan olahraga merupakan program yang dikembangkan sebagai sarana untuk mencapai prestasi optimal. Pernyataan tersebut merupakan perbedaan pendidikan jasmani dan pendidikan olahraga ditinjau pada komponen…."

a. lamanya
b. intensitas
c. orientasi
d. materi
e. tujuan

"5. Manakah pernyataan yang tepat mengenai perbedaan pendidikan jasmani dan pendidikan kesehatan?"

a. Pendidikan jasmani membentuk bagian tubuh tertentu sesuai dengan fungsi kecabangan yang dikembangkan secara optimal sedangkan pendidikan kesehatan menjadikan peserta didik lebih tahu dan lebih baik tentang pengetahuan kesehatan.
b. Pendidikan jasmani merubah perilaku peserta didik dalam menerapkan hidup sehat melalui aktivitas fisik sedangkan pendidikan kesehatan merubah perilaku hidup sehat peserta didik secara menyeluruh baik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor.
c. Pendidikan jasmani menitikberatkan pada pencegahan timbulnya penyakit melalui aktivitas fisik sedangkan pendidikan kesehatan menitikberatkan pada pengetahuan tentang komponen kebugaran jasmani yang terkait dengan kebugaran dan kesehatan.
d. Pendidikan jasmani dirancang sebagai pemenuhan kebutuhan gerak dasar dan keinginan peserta didik sedangkan pendidikan kesehatan dirancang untuk mencapai intensitas kerja fisik sehingga melebihi kemampuan optimal melalui aktivitas fisik
e. Pendidikan jasmani menjadikan peserta didik tahu tentang kesehatan dan mendapatkan manfaat tubuh yang sehat melalui akivitas fisik sedangkan pendidikan kesehatan menjadikan peserta didik lebih tahu dan lebih baik tentang pengetahuan kesehatan.

"6. Kemajuan teknologi yang dicapai saat ini memberikan dampak pada kurang bergeraknya peserta didik. Melalui pendidikan jasmani diharapkan permasalahan tersebut dapat diatasi. Berikut merupakan manfaat dari pendidikan jasmani di sekolah?"

a. mengenalkan pentingnya aktivitas fisik
b. memenuhi kebutuhan anak akan gerak
c. menanamkan karakter pantang menyerah
d. menanamkan karakter pantang menyerah
e. memberikan kebebasan bergerak aktif

"7. Pendidikan jasmani merupakan bagian dari pendidikan secara umum yang memanfaatkan alat fisik untuk mengembangkan keutuhan manusia. Salah satu bagian program pendidikan jasmani adalah pendidikan olahraga. Yang dimaksud pendidikan olahraga itu sendiri adalah….."

a. Aktivitas jasmani yang dilakukan dalam bentuk permainan olahraga di sekolah sebagai upaya untuk mengembangkan prestasi peserta didik.
b. Bagian dari proses pendidikan untuk mengembangkan dan membina potensi jasmani dan rohani seseorang sebagai individu atau anggota masyarakat. √
c. Proses pendidikan yang mengembangkan dan membina individu sebagai anggota masyarakat untuk mengaktifkan kegiatan olahraga di masyarakat.
d. Kegiatan olahraga yang dirancang dan dilaksanakan melalui pendidikan jasmani di sekolah untuk mengembangkan prestasi olahraga peserta didik.
e. Proses pendidikan individu secara menyeluruh yang dilakukan melalui kegiatan olahraga dan bertujuan untuk memperoleh prestasi setinggi-tingginya.

"8. Salah satu perbedaan antara pendidikan jasmani dan pendidikan olahraga dapat ditinjau dari perlakuan yang tidak dipaksakan melainkan disesuaikan dengan kemampuan anak, sedangkan pendidikan olahraga cenderung dipaksakan. Pernyataan tersebut merupakan perbedaan pendidikan jasmani dan pendidikan olahraga ditinjau pada komponen?"

a. materi
b. orientasi
c. intensitas
d. perlakuan
e. lamanya

"9. Aktivitas jasmani dapat mengembangkan keterampilan sosial peserta didik. Berikut kondisi ideal yang harus dimiliki peserta didik untuk mencapai tujuan tersebut…."

a. percaya diri untuk mempelajari hal-hal baru
b. selalu antusias dalam mengikuti pembelajaran
c. motivasi yang tinggi dalam setiap penampilan
d. mudah menyesuaikan diri dengan anggota tim
e. mendengarkan dan berbicara secara bergantian

"10. Manfaat pendidikan jasmani di SD sebagai pemenuhan kebutuhan akan gerak anak. Sebagai guru, upaya yang dapat dilakukan adalah…."

a. mendesain pembelajaran dalam bentuk permainan sebagai penyaluran hasrat untuk bergerak
b. pembelajaran didesain sebagai upaya pemenuhan kebutuhan gerak dasar peserta didik
c. mendesain pembelajaran melalui aktivitas jasmani agar kebutuhan gerak peserta didik terpenuhi
d. mendesain pembelajaran melalui pengenalan lingkungan agar terpenuhi kebutuhan gerak
e. pembelajaran didesain dengan mengendalikan emosi pemenuhan kebutuhan gerak dasar

Untuk soal dan kunci jawabannya silahkan UNDUH DISINI.

GABUNG DI GRUP FACEBOOK Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK (KLIK GABUNG)

GABUNG DI GRUP TELEGRAM Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK (KLIK GABUNG)

Demikianlah informasi yang dapapt guru-id bagikan, semoga bermanfaat dan menjadi referensi bermanfaat bagi peserta Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK yang sedang mengikuti pelatihan.

sumber: https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-pppk/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel