Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2021 Tentang PPDB

Halo sobat guru-id, Berikut ini merupakan kutipan enam poin penting pada "Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2021" yang berisi informasi tentang penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2021/2022.

gambar surat edaran mendikbud no 3 tahun 2021

Sehubungan dengan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2O2l 12022, dirninta perhatian Saudara sebagai berikut:

1. menyusun petunjuk teknis PPDB yang ditetapkan dalam bentuk Peraturan Kepala Daerah, dengan berpedoman pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2027 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan

2. menyebarluaskan ketentuan petunjuk teknis PPDB yang diatur dalam Peraturan Kepala Daerah sebagaimana dimaksud pada angka 1 kepada seluruh sekolah dan masyarakat paling iambat 2 (dua) minggu sebelum pengumuman pendaftaran PPDB;

3. menetapkan Peraturan Kepala Daerah sebagaimana dimaksud pada angka

1 setelah mendapat surat fasilitasi dari:

a. Kementerian Dalam Negeri untuk Peraturan Gubernur; dan

b. Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat untuk Peraturan Bupati/Walikota.

4. wajib menyampaikan Peraturan Kepala Daerah sebagaimana dimaksud pada angka 1 kepada:

a. Menteri Daiam Negeri untuk Peraturan Gubernur

b. Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat untuk Peraturan Bupati/Walikota; dan

c. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang membidangi penjaminan mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah'

5. menetapkan zonasi dengan melibatkan:

a. dinas kependudukan dan pencatatan sipil setempat; dan

b. musyawarah atau kelompok kerja kepala sekolah,

6 dapat melibatkan satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat dalam pelaksanaan PPDB setelah berkoordinasi dengan badan penyelenggara dan diprioritaskan bagi satuan pendidikan yang menerima dana bantuan operasional sekolah dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah dan/atau bentuk bantuan dana alokasi khusus lainnya; memastikan seleksi calon peserta didik baru kelas 1 (satu) sekolah dasar tidak melakukan tes membaca, menulis, dan berhitung; dan memastikan sekolah di wilayah kerja Saudara tidak melakukan tindakan jual beli kursi/ titipan peserta didik/pungutan liar/tindakan lain yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Demikian Surat Edaran Menteri ini disampaikan untuk menjadi perhatian dan diiaksanakan sebagaimana mestinya.

Untuk file lengkap tentang "Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2021 Tentang PPDB" dapat di unduh melalui tautan dibawah.



Akhir kata, demikianlah informasi yang dapat guru-id bagikan, semoga bermanfaat untuk bapak dan ibu guru sedang mencari informasi berikut.

0 Response to "Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2021 Tentang PPDB"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Jika ada informasi yang tidak jelas, iklan yang tidak pantas atau ingin ditanyakan, segera hubungi saya melalui laman kontak, insya allah akan ditanggapi secepatnya.

Penulis berharap, semoga informasi yang ditampilkan bisa menambah wawasan para pembaca

Iklan Tengah Artikel 2

Berita yang dinformasikan melalui halaman ini diharapkan memberikan manfaat lebih kepada seluruh pengunjung.

Jika ada informasi yang tidak jelas, iklan yang tidak pantas atau ingin ditanyakan, segera hubungi saya melalui laman kontak, insya allah akan ditanggapi secepatnya.

Iklan Bawah Artikel