Fungsi ctrl A sampai Z Pada Ms Word yang Jarang Diketahui

Pada postingan ini guru-id kembali berbagi informasi mengenai ilmu komputer. Kali ini yang akan dibagikan tentang fungsi tombol kombinasi CTRL A sampai Z pada program microsoft office word.

gambar fungsi ctrl A sampai ctrl Z pada word

Untuk lebih jelasnya langsung saja guru-id bagikan rahasia fungsi tombol kombinasi CTRL A Sampai Z yang mungkin saja bisa menambah pengetahuan pengunjung.

CTRL + A

Sobat edukasi, jika anda menekan tombol CTRL A , maka fungsinya adalah untuk memilih Semua (Select all). mulai dari teks, gambar, garis, tabel dan semua konten yang ada di dalam lembar kerja word.

Note : Praktiknya ada pada video amatir diakhir artikel.

CTRL + B

Sobat edukasi, jika anda menekan tombol CTRL B , maka fungsinya adalah untuk menebalkan teks yang anda pilih. Caranya pilih teks yang akan di tebalkan hurufnya kemudian klik tombol "ctrl + B".

CTRL + C

Sobat edukasi, jika anda menekan tombol CTRL C , maka fungsinya adalah untuk menyalin teks yang anda pilih. Caranya pilih teks yang akan di salin kemudian klik tombol "ctrl + c".

CTRL + D

Sobat edukasi, jika anda menekan tombol CTRL D , maka fungsinya adalah untuk menampilkan jendela jenis huruf, gaya tulisan, warna teks dan sebagainya. Caranya tandaiteks yang akan di edit kemudian klik tombol "ctrl + d".

CTRL + E

Sobat edukasi, jika anda menekan tombol CTRL E , maka fungsinya adalah untuk menjadikan teks rata tengah. Caranya tandai teks yang akan di dibuat rata tengah kemudian klik tombol "ctrl + E".

CTRL + F

Sobat edukasi, jika anda menekan tombol CTRL F , maka fungsinya adalah untuk mencari teks atau kata yang diinginkan. Caranya klik tombol "ctrl + F", lalu pada navigasi yang muncul ketikkan teks atau kata yang ingin dicari di dalam sebuah paragraf

CTRL + G

Sobat edukasi, jika anda menekan tombol CTRL G , maka fungsinya adalah untuk menuju cepat ke halaman yang diinginkan. . Caranya klik tombol "ctrl + G", lalu pada jendela "find and replace" pada go to what, masukkan nomor halaman dan klik tombol Next, maka akan lembar kerja akan langsung membuka halaman yang diminta

CTRL + H

Sobat edukasi, jika anda menekan tombol CTRL H , maka fungsinya adalah Mereplace kata atau tulisan. . Caranya klik tombol "ctrl + H", lalu pada jendela "find and replace" tepatnya pada find what, masukkan kata yang akan diganti, kemudian pada replace what masukkan pengganti kata tersebut. Lalu klik replace all.

CTRL + i

Sobat edukasi, jika anda menekan tombol CTRL i , maka fungsinya adalah untuk mengubah teks atau tulisan menjadi miring.

CTRL + J

Sobat edukasi, jika anda menekan tombol CTRL J , maka fungsinya adalah untuk menjadikan teks rata kiri kanan (justify). Caranya tandai teks yang akan di dibuat rata tengah kemudian klik tombol "ctrl + J".

CTRL + K

Sobat edukasi, jika anda menekan tombol CTRL K , maka fungsinya adalah untuk menambahkan link pada teks yang dipilih. Caranya tandai teks yang akan di dibuat link kemudian klik tombol "ctrl + k". selanjutnya pada jendela insert link, di jendela adress masukan url website yang akan dijadikan link.

CTRL + L

Sobat edukasi, jika anda menekan tombol CTRL L , maka fungsinya adalah untuk menjadikan teks rata kiri kIRI (left). Caranya tandai teks yang akan di dibuat rata kiri kemudian klik tombol "ctrl + L".

CTRL + M

Sobat edukasi, jika anda menekan tombol CTRL M , maka fungsinya adalah untuk membuat left indent. Caranya tandai teks yang akan di dibuat left indent kemudian klik tombol "ctrl + m" maka paragraf akan menggeser ke kanan. jika ingin mengembalikan ke semua, klik tombol CTRL + SHIFT + M

CTRL + N

Sobat edukasi, jika anda menekan tombol CTRL N , maka fungsinya adalah untuk membuat lembar kerja yang baru (kosong).

CTRL + O

Sobat edukasi, jika anda menekan tombol CTRL O , maka fungsinya adalah untuk membuka dokumen atau file yang sudah tersimpan di perangkat Drive komputer.

CTRL + P

Sobat edukasi, jika anda menekan tombol CTRL P , maka fungsinya adalah untuk mencetak dokumen yang dibuat.

CTRL + Q

Sobat edukasi, jika anda menekan tombol CTRL Q , maka fungsinya adalah untuk menghapus spasi dan menghapus nomor urut pada teks atau paragraf yang dipilih.

CTRL + R

Sobat edukasi, jika anda menekan tombol CTRL R , maka fungsinya adalah untuk menjadikan teks rata kiri kanan (right). Caranya tandai teks yang akan di dibuat rata kanan kemudian klik tombol "ctrl + L".

CTRL + S

Sobat edukasi, jika anda menekan tombol CTRL S , maka fungsinya adalah untuk menyimpan lembar kerja. Fungsinya sama dengan Save dan save as

CTRL + T

Sobat edukasi, jika anda menekan tombol CTRL t , maka fungsinya adalah untuk membuat hanging indent. Caranya tandai teks yang akan di dibuat hanging indent kemudian klik tombol "ctrl + t" maka paragraf baris ke dua akan menggeser ke kanan. jika ingin mengembalikan ke semua, klik tombol CTRL + SHIFT + T

CTRL + U

Sobat edukasi, jika anda menekan tombol CTRL U , maka fungsinya adalah untuk menambah garis bawah (under line) pada teks.

CTRL + V

Sobat edukasi, jika anda menekan tombol CTRL V , maka fungsinya adalah menempel (paste) teks yang sebelumnya sudah di salin atau di cut menggunakan CTRL+C atau CTRL+ X.

CTRL + W

Sobat edukasi, jika anda menekan tombol CTRL W , maka fungsinya adalah menutup lembar kerja saat ini.

CTRL + X

Sobat edukasi, jika anda menekan tombol CTRL X, maka fungsinya adalah memindahkan teks (CUT) yang ditandai atau dipilih.

CTRL + Y DAN CTRL Z

Sobat edukasi, jika anda menekan tombol CTRL Y ATAU CTRL Z, maka fungsinya adalah sama sama mengembalikan data yang pernah dibuat (undo dan redo).

Demikianlah informasi yang dapat guru-id bagikan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat dan memberikan wawasan baru. nah untuk lebih jelas lagi silahkan tonton video diatas

0 Response to "Fungsi ctrl A sampai Z Pada Ms Word yang Jarang Diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel